TRANSISI POLA KONSUMSI; BUYING HABITS PADA MASA WORK FROM HOME (WFH) KARYAWAN DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Desak Made Febri Purnama Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar
  • Ni Putu Novi Anggraeni Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v6i2.3227

Keywords:

Product Variants, Branding, Store Switching, Trust, Buying Habit

Abstract

Transisi Pola Konsumsi; Buying Habits Pada Masa Work From Home (WFH) Karyawan di Kota Denpasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh varian produk, branding dan store switching terhadap buying habits karyawan di Kota Denpasar. Populasi penelitian adalah karyawan yang sudah pernah belanja online. Sampel berjumlah 100 orang dengan metode insidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dalam perhitungannya menggunakan progam software Smart PLS 3.0. Pada hasil penelitian ini menunjukkan varian produk, branding dan store switching berpengaruh positif dan  signifikan  terhadap buying  habits  karyawan  di Kota Denpasar. Sehingga penulis dapat menyimpulkan bahwa pola konsumsi  buying habits pada masa work from home karyawan di Kota Denpasar saat ini mulai berpindah belanja secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh kepercayaan dan risiko pada minat beli belanja online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155-168.

Asi, R. S. (2010). Pengaruh Emotional Branding Terhadap Kepercayaan Dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Pengambilan Keputusan Pemakaian Jasa Kesehatan Oleh Komunitas Diabetes RS. Telogorejo (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Asi, R. S. (2010). Pengaruh Emotional Branding Terhadap Kepercayaan Dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Pengambilan Keputusan Pemakaian Jasa Kesehatan Oleh Komunitas Diabetes RS. Telogorejo (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.

Cahya, F. M., Wulan, A. D., & Damayanti, R. (2019). ariasi Produk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabani. Jurnal Ilmu Manajemen, 88- 101.

Dewi, R. Y., Yulianeu, Haryono, A., & Gagah, E. (2018). Pengaruh kepercayaan Konsumen, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan pembelian Secara Online Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Universitas Pandanaran.

Diniarum, F. N. A. (2019). Strategi branding PT. Berkah Catering Nusantara (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Dita, S. (2017). PENGARUH HARGA, LOYALITAS MEREK, KEPERCAYAAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK KARTU SELULER (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Widya Dharma Klaten) (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).

Faradisa, I., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffeeshop Semarang (ICOS CAFÉ). Journal of Management, 2(2).

Gesita, A. C. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA GENERASI Z YANG DIMODERATORI OLEH GENDER (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA).

Harahap, D. A. (2017). Perilaku store switching dalam berbelanja online.

Isyana, R. R. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Rebranding (Studi Kasus Rebranding Piring Putih Menjadi Redberries Food and Folks Dalam Meningkatkan Penjualan). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web dan Harga Terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35-43.

Mahasa, R. (2020). Pengaruh Varian Produk dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pupuk pada Pusri Mart Palembang (Doctoral dissertation, 021008 Universitas Tridinanti Palembang).

Muna, N., & Sulaiman, S. (2020). PERANAN KEBIASAAN BERBELANJA YANG MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS ROKOK MARLBORO DI BANDA ACEH). Jurnal Manajemen Inovasi, 11(1), 1-16.

Nusarika, L. A. K., & Purnami, N. M. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen, 4(8).

Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 5, 14-26.

Rahmawaty, P. (2015). Pengaruh Variasi Produk, Harga, dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti BreadTalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 89-98.

Rizki, H. (2017). Dampak Kualitas Layanan dan Varian Produk terhadap kepuasan konsumen Pada Toko Loman Dukun Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1).

Sari, D. M. F. P., & Yulianti, N. M. D. R. (2019). Celebrity Endorsement, Electronic Word of Mouth and Trust Brand on Buying Habits: Georgios Women Fashion Online Shop Products in Instagram. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(1), 82-90.

Sari, F. P., & Fiolita, M. (2019). Pengaruh Price Perception, Variety Seeking, dan Word of Mouth Terhadap Store Switching Dalam Belanja Online Pada Tokopedia di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen.

Shazad. (2015). Online Shopping Behavior. Jurnal Riset Manajemen.

Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen “Z”). Jurnal Administrasi Bisnis, 52(1), 8-15.

Sugiyono. (2011). Populasi, Sampel, Pengujian Normalitas Data. In Statistika Untuk Penelitian.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.

Prawasti, R., DH, A. F., & Kumadji, S. (2014). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN EMOTIONAL BRANDING TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK, KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS MEREK (SURVAI PADA MEMBER KLINIK KECANTIKAN LARRISA AESTHETIC CENTER, MALANG). PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 8(2).

Pelawi, A. V. (2018). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Grosir Sembako UD. Pelawi (Studi pada UD. Pelawi Lau Baleng).

Sari, D. M. F. P., & Pradhana, I. P. D. (2018). Brand name, image, word of mouth towards buying habits and customer loyalty online shop. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 5(2), 216-226.

Setiawan, A. R., & Ilfitriah, A. M. (2012). Pengaruh Variabel Kepuasan, Kepercayaan, dan Komitmen Afektif terhadap Perpindahan Nasabah di Surabaya. Journal of Business and Banking, 2(1), 97-112.

Wardani, H. P., & LATARUVA, E. (2010). Analisis pengaruh ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi produk, harga produk dan iklan produk pesaing terhadap keputusan perpindahan merek dari sabun pembersih wajah biore (Studi pada mantan pengguna sabun pembersih wajah biore di fakultas ekonomi universitas diponegoro Semarang) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Wardani, H. P., & LATARUVA, E. (2010). Analisis pengaruh ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi produk, harga produk dan iklan produk pesaing terhadap keputusan perpindahan merek dari sabun pembersih wajah biore (Studi pada mantan pengguna sabun pembersih wajah biore di fakultas ekonomi universitas diponegoro Semarang) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Wedyastantri, T. O., & SRI, R. T. A. (2017). Pengaruh Persepsi Keamanan, Pengalaman, Keanekaragaman Produk Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pada Situs E-commerce B2C Zalora (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Wijaya, Z. T. (2018). Penyusunan dan Implementasi Strategi Branding Produk Kuliner dalam Membentuk Brand Knowledge Sebagai Oleh-Oleh Khas. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

1.
Sari DMFP, Anggraeni NPN. TRANSISI POLA KONSUMSI; BUYING HABITS PADA MASA WORK FROM HOME (WFH) KARYAWAN DI KOTA DENPASAR. j.imb [Internet]. 2021Dec.13 [cited 2022Jul.3];6(2):111-26. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3227

Issue

Section

Articles