BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PRODUK SMARTPHONE

Authors

  • Desak Made Febri Purnama Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar

Abstract

Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Customer Loyalty Produk Smartphone. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat terutama smartphone. Permintaan akan teknologi dalam genggaman berimplikasi pada meningkatnya permintaan akan berbagai jenis alat komunikasi salah satunya yaitu smartphone. iPhone adalah salah satu merek smartphone yang keberadaannya turut mendominasi pasar smartphone. Ini dibuktikan dari eksistensi iPhone yang tetap bertahan walaupun banyak merek smartphone lain bermunculan dan menjadi pesaing yang kuat. Loyalitas pelanggan yang dijaga dan dipertahankan dengan baik merupakan faktor penting bagi iPhone agar tetap mampu bersaing sampai saat ini. Mencipatakn kondisi pembelian berulang di pasar sehingga membentuk pemikiran awal minat beli konsumen dipasar dalam mencari produk handphone adalah harapan dari terciptanya brand image dan brand awereness . Loyalitas pelanggan menjadi salah satu tujuan utama yang diupayakan dalam pemasaran modern.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan brand awareness terhadap customer loyalty. Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna iPhone sebanyak 60 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa brand image dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan sebesar 73,3% terhadap customer loyalty produk smartphone iPhone di Kota Denpasar dan sisanya sebesar 26,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini

Kata kunci: brand image, brand awareness, customer loyalty


Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Toni Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi. 2011. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek, Cetakan XX, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fastidianti, Kania. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention: Studi Pada Zara Pondok Indah Mall 2.

Gaffar, Vanessa. 2007. Customer Relationship Management and Marketing Public Relations. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (4thed.). Semarang: Badan Penerbit-Undip.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

International Data Corpuration. 2017. https://www.idc.com/promo/smartphone-market-share/vendor. 2017. Diakses pada 16 November 2017.

Kertajaya, Hermawan. 2010. Brand Operation. Jakarta : Esensi Erlangga Group.

Knapp, Duanee. 2002. The Brand Mindset. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. and Armstrong, G. 2003. Principles of Marketing. (10th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Indeks-Prentice Hall.

Kotler, Phillip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga.

Kotler, Keller. 2012. Marketing Management, Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2015. Principle of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Lawu, Bakti. 2015. Pengaruh Elemen Brand Knowledge dan Brand Equity Terhadap Repurchase Intention, Vol. 14, No. 2.

Lestia dan Santika. 2017. Pengaruh Brand Image, Brand Association, Dan Brand Awareness Terhadap Repurchase Intention Produk Smartphone Merek Asus, Vol. 6, No. 8.

Mohammad, Tambrin. 2010. Pengaruh Brand Image Terhadap Pelanggan Kartu Simpati Tehadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Trunojo Madura. Jurnal Studi Manajemen. Vol. 4, No. 1.

Mowen, J.C., dan Michael, M. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 1, Jakarta: Erlangga

Neumeier, Marty. 2003. The Brand Gap. USA : AIGA

Nugroho, Bhuono. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Nurmayanti, Rosi. 2014. Pengaruh Customer Value, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty (Pelanggan Asuransi Syariah di Kota Bengkulu).

Pramudyo, Anung. 2012. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta), Vol. 1, No. 1.

Rachma, Indi Sabrina. 2017. Pengaruh Marketing Public Relation, Kualitas Layanan dan Kesadaran Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Pos Indonesia di Indonesia.

Rahyuda, Ketut. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bali : Udayana University Press

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power Of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Rangkuti, Freddy. 2004. The Power Of Brands. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, Singgih. 2000. Latihan SPSS Statistik Parmetik. Jakarta: Gramedia.

Santoso, Singgih. 2005. Statistik Parametrik dengan SPSS. Jakarta. Elex Komputindo.

Saputri, Eka Marheni, Tutut Ratna Pranata. 2014. Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone. Jurnal Sosioteknologi, Vol. 13, No. 3.

Schiffman, L.G., L.L. Kanuk. 2006. Consumer Behavior. 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Sciffman, Leon G., Leslie L. Kanuk. 2010. Consumer Behavior (10 th Edition).

New Jersey: Pearson Education.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku KonsumenSantoso, Singgih. 2001. SPSS Versi 10 : Mengolah Data Statistik Secara

: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media

Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Kencana.

Simamora, Bilson, 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Penerbit CV. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tunggal, Amin Widjaja, 2008. Dasar Dasar Customer Relationship Management. Harvarindo, Jakarta.

Tomida, Merinda. 2016. Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5, No. 7.

Top Brand Award. 2017. http://www.topbrand-awrd.com/-survey/survey-result/top_brand_index_2017_fase_1. Diakses pada 16 November 2017

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andy Offset

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management dan Strategy. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wijaya, Agung Johan, Zeplin Jiwa Husada. 2016. Analisis Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Relationship Quality (Studi Kasus Pada PT Mikatasa Agung di Surabaya).

Williams, B.K. and Sawyer, S.C. 2011. “Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications. (9th edition)”.New York: McGraw-Hill.

Downloads

Published

2019-05-29

How to Cite

1.
Sari DMFP. BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PRODUK SMARTPHONE. j.imb [Internet]. 2019May29 [cited 2024Dec.22];3(1):14-2. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2107

Issue

Section

Articles