BRAND SWITCHING SMARTHPHONE (XIOMI DAN OPPO) PADA ERAFONE MEGASTORE DI KOTA DENPASAR
Abstract
Brand Switching Smarthphone (XIOMI dan Oppo) pada Erafone Megastore di Kota Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promotion, personal selling, dan price terhadap brand switching smarthphone (xiomi dan oppo) pada erafone megastore di kota denpasar. Populasi penelitian ini konsumen yang berkunjung pada Erafone Megastore di Kota Denpasar, dengan sampel 80 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alat ukur skala likert. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data data kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS version 22.0. Hasil penelitian ini menyatakan promotion, personal selling, dan price berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap brand switching smarthphone (xiomi dan oppo). Hal ini berarti 59,9% variasi variable brand switching dapat dijelaskan oleh variasi dari ketiga variable independent promotion,personal selling dan price. sedangkan sisanya (100%-59,9% = 40,1%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model yaitu seperti variable citra merek, pelayanan, dan kualitas produk.
Kata Kunci: Promotion, Personal Selling, Price Dan Brand Switching
Downloads
References
Ahmad, Y. (2016). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian
Laptop Merek Acer. Ekonomi, (024), 4.
Anisa, N. A., & Harti. (2015). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Beralih Merek (Brand Switching) Ke Kartu Perdana Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Fakultas Ekonomi. Retrieved from http://e-journal.
Candra, J. (2014). Pengaruh Faktor Promosi, Kualitas Produk, Dan Ketidakpuasan
Terhadap Perpindahan Merek. Ilmu Manajemen, 2.
Cendriyansyah, Y., & Mustikasari, A. (2017). Problem Recognitionselling Terhad Pengaruh personal ap Keputusan Pembelian ( Studi kasus pada PerumPerumnas perumhan Bumi Parahiyangan Kencana Soreang Bandung) Inform Search. E-Proceeding of Applied Science, 3(2), 1–10.
Harga, P., Dan, P., Layanan, K., Card, S. I. M., Di, G. S. M., & Sekaran, K. (2011).
Terhadap brand switching pada pelanggan kecamatan gunungpati semarang.
Haji, A. (2014). Pengaruh Atribut Produk, Promosi, Harga, Dan Customer Trust Terhadap Brand Switching Konsumen Produk Kartu Perdana Axis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji).
–14.
Kasus, S., & Depok, K. (2018). Pengaruh ketidakpuasan konsumen, mencari variasi, harga, dan promosi terhadap perpindahan merek asus zenfone ke merek lain.
Kotler. (2016). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian. E- Proceeding of Applied Science, (X).
Kusuma, B. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ponsel merek samsung. 7(3).
Manajemen, J. I., Made, D., & Purnama, F. (2018). Brand Image Dan Brand
Awareness Terhadap Customer Loyalty. 3(1), 14–24.
Prasetyo, A. A., & Ridwanudin, O. (2017). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Berkunjung Di Jendela Alam. THE Journal : Tourism and HospitalityEssentialsJournal,6(2),1077.https://doi.org/10.17509/thej.v6i2.558
Rizan, M., & Anjasrestu, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Majalah Info Bekasi ( Studi Kasus Pt . Sibk ). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesi, 4(1), 74–96.
Terhadap, P., Merek, P., Kartu, S., Di, S., Totalwin, S., & Jatmiko, M. R. (2013).
Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Atribut Produk Terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Seluler Di Stie Totalwin Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 12(2), 157–167.
Syachran, F. (2018). Pengaruh iklan dan personal selling terhadap brand image indosat di kota makassar ( studi pada pengguna kartu indosat di kota makassar ).
Uswatun, A., & Kuswati, R. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ( Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang Melakukan Perpindahan Merek dari Blackberry ke non Blackberry ). Aulia Uswatun Khasanah1 Dan Rini Kuswati2 Universitas, (Sancall), 5–11.
Wibowo, S. F., Kurnaen, T., & P, A. K. R. (2014). Pengaruh atribut produk dan variety seeking terhadap keputusan perpindahan merek handphone nokia ke smartphone samsung ( Survei pada outlet Okeshop ITC Roxy Mas , Jakarta Pusat ). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 5(1), 21–41.