BRAND SWITCHING SMARTHPHONE (XIOMI DAN OPPO) PADA ERAFONE MEGASTORE DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Desak Made Febri Purnama Sari Universitas Pendidikan Nasional
  • Dewa Ayu Pt Yusirika Tirani Dewi

Abstract

Brand Switching Smarthphone (XIOMI dan Oppo) pada Erafone Megastore di Kota Denpasar.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promotion, personal selling, dan price terhadap brand switching smarthphone (xiomi dan oppo) pada erafone megastore di kota denpasar. Populasi penelitian ini konsumen yang berkunjung pada Erafone Megastore di Kota Denpasar, dengan sampel 80 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alat ukur skala likert. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data data kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis uji  validitas, uji  reliabilitas,  uji asumsi  klasik,  dan  uji  analisis  regresi  linier  berganda  dengan menggunakan aplikasi SPSS version 22.0. Hasil penelitian ini menyatakan promotion, personal selling, dan price berpengaruh   positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap brand switching smarthphone (xiomi dan oppo). Hal ini berarti 59,9% variasi variable brand switching dapat dijelaskan oleh variasi dari ketiga variable independent promotion,personal selling dan price. sedangkan sisanya (100%-59,9% = 40,1%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model yaitu seperti variable citra merek, pelayanan, dan kualitas produk.

 

 

Kata Kunci: Promotion, Personal Selling, Price Dan Brand Switching

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Y. (2016). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian

Laptop Merek Acer. Ekonomi, (024), 4.

Anisa, N. A., & Harti. (2015). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Beralih Merek (Brand Switching) Ke Kartu Perdana Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Fakultas Ekonomi. Retrieved from http://e-journal.

Candra, J. (2014). Pengaruh Faktor Promosi, Kualitas Produk, Dan Ketidakpuasan

Terhadap Perpindahan Merek. Ilmu Manajemen, 2.

Cendriyansyah, Y., & Mustikasari, A. (2017). Problem Recognitionselling Terhad Pengaruh personal ap Keputusan Pembelian ( Studi kasus pada PerumPerumnas perumhan Bumi Parahiyangan Kencana Soreang Bandung) Inform Search. E-Proceeding of Applied Science, 3(2), 1–10.

Harga, P., Dan, P., Layanan, K., Card, S. I. M., Di, G. S. M., & Sekaran, K. (2011).

Terhadap brand switching pada pelanggan kecamatan gunungpati semarang.

Haji, A. (2014). Pengaruh Atribut Produk, Promosi, Harga, Dan Customer Trust Terhadap Brand Switching Konsumen Produk Kartu Perdana Axis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji).

–14.

Kasus, S., & Depok, K. (2018). Pengaruh ketidakpuasan konsumen, mencari variasi, harga, dan promosi terhadap perpindahan merek asus zenfone ke merek lain.

Kotler. (2016). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian. E- Proceeding of Applied Science, (X).

Kusuma, B. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ponsel merek samsung. 7(3).

Manajemen, J. I., Made, D., & Purnama, F. (2018). Brand Image Dan Brand

Awareness Terhadap Customer Loyalty. 3(1), 14–24.

Prasetyo, A. A., & Ridwanudin, O. (2017). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Berkunjung Di Jendela Alam. THE Journal : Tourism and HospitalityEssentialsJournal,6(2),1077.https://doi.org/10.17509/thej.v6i2.558

Rizan, M., & Anjasrestu, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Majalah Info Bekasi ( Studi Kasus Pt . Sibk ). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesi, 4(1), 74–96.

Terhadap, P., Merek, P., Kartu, S., Di, S., Totalwin, S., & Jatmiko, M. R. (2013).

Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Atribut Produk Terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Seluler Di Stie Totalwin Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 12(2), 157–167.

Syachran, F. (2018). Pengaruh iklan dan personal selling terhadap brand image indosat di kota makassar ( studi pada pengguna kartu indosat di kota makassar ).

Uswatun, A., & Kuswati, R. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ( Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang Melakukan Perpindahan Merek dari Blackberry ke non Blackberry ). Aulia Uswatun Khasanah1 Dan Rini Kuswati2 Universitas, (Sancall), 5–11.

Wibowo, S. F., Kurnaen, T., & P, A. K. R. (2014). Pengaruh atribut produk dan variety seeking terhadap keputusan perpindahan merek handphone nokia ke smartphone samsung ( Survei pada outlet Okeshop ITC Roxy Mas , Jakarta Pusat ). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 5(1), 21–41.

Downloads

Published

2020-05-05

How to Cite

1.
Sari DMFP, Dewi DAPYT. BRAND SWITCHING SMARTHPHONE (XIOMI DAN OPPO) PADA ERAFONE MEGASTORE DI KOTA DENPASAR. j.imb [Internet]. 2020May5 [cited 2024Apr.28];4(2):89-96. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2333

Issue

Section

Articles