STRATEGI DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH (WOM), SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA GO-JEK

Authors

  • Desak Made Febri Purnama Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar
  • Ketut Gede Sri Dwiya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar

Abstract

Strategi Digital Marketing, Word of Mouth (WOM), Service Quality terhadap Kepetusan Pemakian Jasa GO-JEK. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh digital marketing, word of mouth (wom), service quality terhadap keputusan pemakaian jasa GO-JEK di wilayah Denpasar. Dengan memperhatikan keputusan pemakian dari konsumen, seberapa canggih teknologi ataupun tawaran teknologi dari perusahaan namun tanpa diselaraskan dengan kebiasaan dari konsumen, gaya hidup dari konsumen serta tuntutan dari kebutuhan yang diharapkan konsumen tentu saja akan berbanding terbalik dengan harapan perusahaan, sehingga menjadi penting dapat menyedikan layanan jasa yang memberikan dorongan calon konsumen memilih serta konsumen tetap menggunakan secara berkelanjutan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna jasa GO-JEK di Denpasar. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS for Windows Versi 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh langsung terhadap keputusan pemakaian sebesar 0,369. Word of mouth berpengaruh langsung terhadap keputusan pemakaian sebesar 0,315. Service quality berpengaruh langsung terhadap keputusan pemakaian sebesar 0,261. Digital marketing , word of mouth , service quality berpengaruh langsung terhadap keputusan pemakaian yang artinya semakin baik digital marketing , semakin baik word of mouth ,semakin baik service quality maka akan meningkatkan keputusan pemakaian jasa GO-JEK.

Kata kunci: digital marketing, word of mouth, service quality, keputusan pemakaian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. 2004. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: CV Alfabeta.Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:PT. Asdi Mahasatya.

Babin, Barry J; L,Yong-Kie; Kim,Eun-Fu; dan Griffin, Mitch. 2005. “Modeling consumer Satisfaction and Word-Of-Mouth : Resturant Patronage Korea.”Journal of service Marketing Vol.19, pp133-139

Caviello, Setiawan. 2016. Analisis Perencanaan Media Digital Campaign IM3 Play Ramadhan Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggann Pada Tahun 2014. Skripsi Universitas Mercubuana. Jakarta.

Chandra, Robby. 2000. Mengenal Konsumen di Dunia Digitall, Proses Belanja Konsumen Melalui Internet.Jurnal Manajemen Prasetya Mulya . Volume V.

Duan, W., Gu, B. dan Whinston, A.B. 2008. “The dynamics of online wordof-mouth and product sales – an empirical investigation of the movie industry”.Journal of Retailing. Vol. 84, 233-42.

Durianto, Darmadi dkk. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar. Yogyakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: MEDPRESS.

Hsiao, K.L., Lin, J.C.C., Wang, X.Y., Lu, H.P. dan Yu, H. 2010. “Antecedents and consequences of trust in online product recommendations”.Online Information Review.Vol. 34, 935-53.

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., dan Garry Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Nasution. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Parasuraman. 2008. Delivering Quality Services Balancing Customer Perceptions and Expections. New York: The Free Press.

Park, D. dan Kim, S. 2008.“The effects of consumer knowledge on message processing of electronic word-of-mouth via online consumer reviews”.Electronic Commerce Research and Applications. Vol. 7, 399-410.

Rahyuda, Ketut. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bali : Udayana University Press

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sumardy., Merlin., dan Melina. 2011. Rest in Peace Advertising : Killed By The Power of Word of Mouth. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, F., dan Gregorius Candra. 2007. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Rahardjo. 2012. Analisis Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen:Studi Pada PT. Jaya Abadi, Jl. Mataram No. 603 Di Semarang . Skripsi Universitas Diponegoro .Semarang

Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., and Dwayne, D. 2019.Services Marketing – IntegratingCustomer Focus Across The Firm: 5th Edition.New York: McGraw Hill.

Media Internet : Accessed Nov 6. 2017. http://www.womma.com ”word of mouth marketing”.

Downloads

Published

2019-06-12

How to Cite

1.
Sari DMFP, Dwiya KGS. STRATEGI DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH (WOM), SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA GO-JEK. j.imb [Internet]. 2019Jun.12 [cited 2024Nov.21];3(2):188-9. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2136

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)