SOSIALISASI PLN MOBILE PT. PLN (Persero) UNIT INDUK DISTRIBUSI BALI DENGAN STRATEGI HUMAS

Authors

  • Ristiani Kharisma Budi Undiknas Denpasar
  • Nuning Indah Pratiwi Undiknas Denpasar
  • Putri Ekaresty Undiknas Denpasar
  • Sri Wisudawati Undiknas Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v2i2.1698

Keywords:

Humas, Sosialisasi PLN Mobile, 7 Cs-Communication

Abstract

Sebagai salah satu garda terdepan dalam pendistribusian tenaga listrik di Bali, PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali juga memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan inovasi terbaru yang dibuat PLN yaitu PLN Mobile. Dalam hal ini tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali dalam mensosialisasikan PLN Mobile dan juga apa saja hambatan yang terjadi dalam mensosialisasikannya. Metode penelitian yang gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya secara observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.

Dalam penelitian ini peneliti mencoba mengaitkan strategi yang telah digunakan oleh Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali dalam mensosialisasikan PLN Mobile dengan strategi Humas menurut Broom Et.al yang dikenal dengan istilah “7-Cs Communication” yang terdiri dari credibility (kredibilitas), contex (konteks), content (isi),clarity ( kejelasan), continuity and consistency ( kontinuitas dan konsistensi), channels (saluran) dan capability of the audience (kapabilitas khalayak).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali mampu menerapkan strategi yang telah di buat sesuai dengan strategi Humas yang menjadi acuan peneliti sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai melalui implementasi strategi tersebut. Walaupun dalam sosialisasinya masih mengalami hambatan salah satunya adalah pada saat penerima pesan dimana masyarakat masih gagap teknologi (gaptek) yang akhirnya sulit untuk menerima PLN Mobile. 

Kata KunciHumas, Sosialisasi PLN Mobile, 7 Cs-Communication

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi Pertama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Effendy,Onong Uchjana. 2009 .Human Relation & Public Relation. Bandung: CV. Mandar Maju, Bandung

Kriyantono, Rahmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Lattimore dkk. 2010. Public Relations: Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.

Oemi Atiyah. 2007. Profesionalisme Kehumasan. Jurnal Komunikasi, Vol.10, No. 1 Th.2007.

Prastowo, Andi. 2010. Menguasai Teknik-teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Raco, J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif (Jenis Karakteristik dan Keunggulannya). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & G. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna, V. 2014. Metodologi Penelitian, Lengkap Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Published

2019-01-15

How to Cite

1.
Budi RK, Pratiwi NI, Ekaresty P, Wisudawati S. SOSIALISASI PLN MOBILE PT. PLN (Persero) UNIT INDUK DISTRIBUSI BALI DENGAN STRATEGI HUMAS. JIDS [Internet]. 2019Jan.15 [cited 2024Dec.22];2(2):24-42. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/1698

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)