SOSIALISASI PLN MOBILE PT. PLN (Persero) UNIT INDUK DISTRIBUSI BALI DENGAN STRATEGI HUMAS
DOI:
https://doi.org/10.38043/jids.v2i2.1698Keywords:
Humas, Sosialisasi PLN Mobile, 7 Cs-CommunicationAbstract
Sebagai salah satu garda terdepan dalam pendistribusian tenaga listrik di Bali, PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali juga memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan inovasi terbaru yang dibuat PLN yaitu PLN Mobile. Dalam hal ini tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali dalam mensosialisasikan PLN Mobile dan juga apa saja hambatan yang terjadi dalam mensosialisasikannya. Metode penelitian yang gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya secara observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mengaitkan strategi yang telah digunakan oleh Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali dalam mensosialisasikan PLN Mobile dengan strategi Humas menurut Broom Et.al yang dikenal dengan istilah “7-Cs Communication” yang terdiri dari credibility (kredibilitas), contex (konteks), content (isi),clarity ( kejelasan), continuity and consistency ( kontinuitas dan konsistensi), channels (saluran) dan capability of the audience (kapabilitas khalayak).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali mampu menerapkan strategi yang telah di buat sesuai dengan strategi Humas yang menjadi acuan peneliti sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai melalui implementasi strategi tersebut. Walaupun dalam sosialisasinya masih mengalami hambatan salah satunya adalah pada saat penerima pesan dimana masyarakat masih gagap teknologi (gaptek) yang akhirnya sulit untuk menerima PLN Mobile.
Kata Kunci: Humas, Sosialisasi PLN Mobile, 7 Cs-Communication
Downloads
References
Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi Pertama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Effendy,Onong Uchjana. 2009 .Human Relation & Public Relation. Bandung: CV. Mandar Maju, Bandung
Kriyantono, Rahmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.
Lattimore dkk. 2010. Public Relations: Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.
Oemi Atiyah. 2007. Profesionalisme Kehumasan. Jurnal Komunikasi, Vol.10, No. 1 Th.2007.
Prastowo, Andi. 2010. Menguasai Teknik-teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Raco, J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif (Jenis Karakteristik dan Keunggulannya). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & G. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna, V. 2014. Metodologi Penelitian, Lengkap Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.