ANALISIS FILM COCO DALAM TEORI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Authors

  • Alisha Husaina Undiknas Denpasar
  • Putri Ekaresty Haes Undiknas Denpasar
  • Nuning Indah Pratiwi Undiknas Denpasar
  • Putu Ratna Juwita Undiknas Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v2i2.1706

Keywords:

Film, Festival El Dias Los Muertos, Semiotika

Abstract

Film merupakan sekumpulan peristiwa yang terjadi pada kehidupan manusia yang unik dan dituangkan kedalam layar. Tanda yang dihasilkan manusia dijadikan sebuah visual yang dapat dilihat dari berbagai perspektif dan memberikan sebuah pesan tersendiri bagi setiap individu. Studi perfilman boleh dikatakan bidang studi yang relatif baru dan tidak sebanding dengan proses evolusi teknologinya. Semiotika merupakan suatu studi ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda dalam suatu konteks skenario, gambar, teks, dan adegan di film menjadi sesuatu yang dapat dimaknai. Memaknai berarti bahwa obyek-obyek tidak hanya membawa informasi, dalam hal ini obyek-obyek itu hendak berkomunikasi, tetapi juga mengkonstitusi sistem terstruktur dari tanda yang digunakan dalam film tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Festival El Dias Los Muertos pada Film Coco dengan Teori Semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan Semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes yang mencakup makna denotasi, konotasi dan juga Mitos. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Festival El Dias Los Muertos pada film Coco makna mitos membuktikan bahwa animasi ini memiliki pesan edukasi yang unik dan baru karena diangkat dari sebuah budaya Meksiko yang dikemas ringan untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Kata Kunci:Film, Festival El Dias Los Muertos, Semiotika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baran, Stanley J. 2012. Pengantar Komunikasi Massa Melek Media & Budaya. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Berger, Arthur Asa. 2010. Pengantar Semiotika: Tanda-Tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra.

Schnurer, Keira Philipp. 2013. Dia De Los Muertos. University of Mexico: Latin American & Iberian Institute (LAII).

Sobur,Alex. 2017. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suranto. 2010. Komunikasi Sosial Budaya.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jeric, Shofa Mayonia. 2014. Komunikasi Antarbudaya (Analisis Semiotik Dalam Film Eat,Pray,Love). Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri.

Vera,Nawiroh. 2014. Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Jeff Peterson.2018.18 things you might not know about Mexico’s Day of the Dead celebrations.online.Available https://www.deseretnews.com/article/900002727/22-things-you-might-not-know-about-mexicos-day-of-the-dead-celebrations.html.

Juan Carlos Guerrero.2017.Marigolds, papel picado and alebrijes: The visual language of the new Disney-Pixar film 'Coco’.online.available. https://abc13.com/entertainment/the-colorful-symbols-of-pixars-coco/2524370/.

Kristin Romey.2017.This Hairless Mexican Dog Has a Storied, Ancient Past.online.Available. https://news.nationalgeographic.com/2017/11/hairless-dog-mexico-xolo-xoloitzcuintli-Aztec/.

Published

2018-08-01

How to Cite

1.
Husaina A, Haes PE, Pratiwi NI, Juwita PR. ANALISIS FILM COCO DALAM TEORI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. JIDS [Internet]. 2018Aug.1 [cited 2024Apr.23];2(2):53-69. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/1706

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>