PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, PRICE, DIGITAL MARKETING, BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA UMKM EKONOMI KREATIF SUBSEKTOR FASHION DI TASIKMALAYA)
DOI:
https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3825Keywords:
Celebrity Endorsement, Price, Digital Marketing, Brand Image dan Keputusan PembelianAbstract
Tasikmalaya merupakan salah satu derah bumi pasundan yang berada di provinsi Jawa Barat yang dikenal dengan fashion tradisional yaitu border dan kelom geulis. Dalam menentukan keputusan pembelian UMKM diperlukan pendekatan celebrity endorsement, price, digital marketing, brand image. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui serta menganalisis celebrity endorsement, price, digital marketing, brand image dan keputusan pembelian pada UMKM bidang ekonomi kreatif subsektor fashion di Tasikmalaya secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik survei dalam pencarian data. Populasi dari penelitian ini yaitu konsumen dari produk UMKM bidang ekonomi kreatif subsektor fashion yang populasinya tidak diketahui dengan sampel didapat secara purposive sampling yaitu sebesar 100 pelanggan. Teknik dalam analisa data yaitu Path Analysis menggunakan SPSS. Data yang didapatkan dari penelitian ini dikumpulkan dari pendistribusian kuesioner yang diuji validitas dan realibilitas. Hasil penelitian menerangkan bahwa variabel celebrity endorsement, price, digital marketing, brand image baik secara bersama-sama maupun secara parsial berdampak secara signifikan kepada keputusan pembelian.
Downloads
References
A. Shimp, T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan Dan Promosi., 53(9).
Anggraini, E. I., Hidayat, K., & Sunarti. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli yang juga Menggunakan Kosmetik Wardah di Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 73(1).
Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p20
Bramantya, Y. B., & Jatra, M. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia. E-Jurnal Manajemen, Unud, 5(3).
Chaffey, D. (2009). E-business and E-commerce Management: Strategy. In Implementation and Practice. Prentice Hall Essex, England.
Deliyanti Oentoro. (2016). Pengaruh Pemasaran, Citra Merek dan Harga Terhadap Perilaku Konsumen. Pengaruh Pemasaran, Citra Merek Dan Harga Terhadap Perilaku Konsumen, i.
Diez-Martin, F., Blanco-Gonzalez, A., & Prado-Roman, C. (2019). Research challenges in digital marketing: Sustainability. Sustainability (Switzerland), 11(10). https://doi.org/10.3390/su11102839
Faroh, W. N. (2017). Analisa Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Ilmiah Prodi Manajemen, 4(2).
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi,Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi kelima. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147
Harto, B., Rozak, A., & Rukmana, A. Y. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. … Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1).
Inayati, R., & Azizah, T. N. (2020). Celebgram Endorsement: Does it Affect the Consumption Behavior of College Students? https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.154
Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 8(1). https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54
Khattak, A. (2022). Hegemony of Digital Platforms, Innovation Culture, and E-Commerce Marketing Capabilities: The Innovation Performance Perspective. Sustainability (Switzerland), 14(1). https://doi.org/10.3390/su14010463
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing management (13th ed.). In Prentice Hall.
Kotler, Philip. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.
Mandira, S. A. J. (2022). Strategi Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan. Management & Accounting Expose, 5(1), 11–22. https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.633
Nugraha, E. (2020). Implementasi Program Tahfizh Qur’an Di PAUD Inklusif Dengan Model HOTS. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
Olmedo, A., Milner-Gulland, E. J., Challender, D. W. S., Cugnière, L., Dao, H. T. T., Nguyen, L. B., Nuno, A., Potier, E., Ribadeneira, M., Thomas-Walters, L., Wan, A. K. Y., Wang, Y., & Veríssimo, D. (2020). A scoping review of celebrity endorsement in environmental campaigns and evidence for its effectiveness. In Conservation Science and Practice (Vol. 2, Issue 10). https://doi.org/10.1111/csp2.261
Osei-Frimpong, K., Donkor, G., & Owusu-Frimpong, N. (2019). The Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention: An Emerging Market Perspective. Journal of Marketing Theory and Practice, 27(1). https://doi.org/10.1080/10696679.2018.1534070
Pradiatiningtyas, D., & Dewa, C. B. (2020). Analisa Potensi Pengambangan Pemasaran Digital Kain Tenun Lurik Produksi ATBM Klaten Menggunakan Factor Analysis. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(2).
Prihartono, R. M. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1).
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Puspitasari, D., & Marlena, N. (2021). Beauty Vlogger Sebagai Moderasi Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3).
Rahayu, S., Rohman, A., & Harto, P. (2021). Herding Behavior Model in Investment Decision on Emerging Markets: Experimental in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1). https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.053
Ramadhan, A., Naswandi, C. N., & Herman, C. M. (2020). Fenomena Endorsement Di Instagram Story Pada Kalangan Selebgram. Kareba Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2).
Sam, P., & Rajagiri, T. A. P. (2019). Impact of Celebrity Endorsement on Brand Image a Study on Cosmetic Industry. International Journal in Management and Social Science, 6.
Saura, J. R. (2021). Using Data Sciences in Digital Marketing: Framework, methods, and performance metrics. Journal of Innovation and Knowledge, 6(2). https://doi.org/10.1016/j.jik.2020.08.001
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&DSugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). In Metodelogi Penelitian.). In Metodelogi Penelitian.
Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. In Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muchammad Suryahadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.