TRANSFORMASI MANAJEMEN PECALANG

Authors

  • i made chandra mandira Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas)

Abstract

Pecalang adalah sebuah organisasi masyarakat adat Bali yang memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga keamanan adat dan keagamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana transformasi manajemen pecalang dalam menghadapi kemajuan zaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk observasi, wawancara secara mendalam kepada pihak-pihak yang terkait. Transformasi atau perubahan manajemen pecalang dalam mengemas jatidiri guna mengikuti perkembangan zaman khususnya era mileneal tidak hanya dari faktor eksternal melainkan internal dalam diri pecalang diperlukan agar lebih disegani oleh semua pihak. Dengan ditetapkannya Peraturan Daerah No.4 Tahun 2019 tentang Desa Adat menjadikan pecalang memiliki legitimasi hukum khususnya desa adat, sehingga keberadaan pecalang tetap eksis dengan mengikuti kemajuan zaman dan tetap kesejahteraannya-pun tetap diperhatikan. Tugas pecalang sejatinya meluas dengan kemajuan zaman yang ada, tidak hanya menjaga keamanan adat dan keagamaan melainkan diperbantukan oleh polisi dan TNI sebagai intelijen atau pusat informasi awal, sehingga insentif dalam melakukan tugas diperlukan diluar tunjangan yang lain dalam arti materi guna menaikkan semangat pecalang dalam bertugas.

 

Kata kunci: Pecalang, Transformasi, Manajemen

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

i made chandra mandira, Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas)

I Made Chandra Mandira, SE.,M.Han

0803089201

Dosen Manajemen Undiknas

References

Buku Putih Pertahanan Indonesia 2015

Buzan, B. & Waever, O. (2003). Regions and power, the structure of international security. New York: Cambridge University Press.

Chandra, Mandira I Made. (2018). Tantangan Pecalang Menghadapi Ancaman Nonmiliter di Desa Adat Sukawati dalam Mendukung Sistem Pertahanan Semesta. ISSN 2654-9700, Manajemen Pertahanan Vol.4 No. 2, Desember 2018

Cohen, B. J. (1992). Sosiologi suatu pengantar. Rineka cipta. Jakarta.

Collins, A. (2003). Security and southeast asia: domestic, regional and global issues. Singapore: ISEAS.

Istanti, Kun Zachrun. (2010). “Transformasi dan Integrasi dalam Kesustraan Nusantra: Perbandingan Teks Amir Hamzah Melayu dan Jawa” dalam Humaniora: Jurnal Budaya, Sastra, & Bahasa, Vol. 22, hlm. 241-249 (Oktober 2010).

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Peraturan Daerah Provinsi Bali No. 3 Tahun 2001 tentang Desa

Pakraman, pada Bab X Pasal 17

Peraturan Daerah Provinsi Bali No.4 Tahun 2019 tentang Desa Adat

Suparwirtha, I. G. M. (2002). Tugas dan fungsi pecalang serta kaitannya dengan kepolisian. Universitas Indonesia library.

Downloads

Published

2020-05-05

How to Cite

1.
mandira i made chandra. TRANSFORMASI MANAJEMEN PECALANG. j.imb [Internet]. 2020May5 [cited 2024Jun.24];4(2):35-60. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2315

Issue

Section

Articles