ADAPTASI MODEL BISNIS UNIQLO DENGAN MENGADOPSI CANVAS BUSINESS MODEL DAN 360? BUSINESS MODEL
Abstract
Adaptasi Model Bisnis Uniqlo Dengan Mengadopsi Canvas Business Model Dan 360? Business Model. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan model bisnis yang digunakan oleh salah satu perusahaan retail multinasional yang bergerak pada bidang fashion, yaitu UNIQLO. Secara gambaran besar model bisnis yang digunakan oleh UNIQLO mencakup pada tiga bidang utama, yaitu desain, produksi, dan penjualan. Melalui pendekatan dua model bisnis lainnya, penelitian ini membedah komponen-komponen dalam model bisnis UNIQLO sebagai sebuah gambaran dari sudut pandang lainnya. Beberapa penelitian terdahulu tentang model bisnis mengartikan model bisnis sebagai konsep secara ekonomi untuk menghasilkan keuntungan yang didasarkan pada kombinasi antara proses bisnis dan teknologi yang digunakan, namun pada akhirnya hal tersebut belum mampu mewakili sudut pandang yang lebih kompleks dalam perusahaan. Model bisnis seharusnya juga mampu menangkap sisi lain dari perusahaan, selain tentang pendapatan hasil dari produksi dan biaya-biaya, juga tentang bagaimana menciptakan nilai untuk ditawarkan kepada konsumen dan nilai bagi perusahaan itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk memberi pertimbangan bagi perusahaan dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang dinamis. Model pertama yang diadopsi adalah canvas business model. Melalui canvas business model maka dapat diketahui secara lebih jelas siklus bisnis yang telah digunakan oleh UNIQLO. Lebih lanjut, model bisnis kedua yang digunakan adalah 360? business model. Model ini digunakan untuk membantu melihat proses aktivitas bisnis, mulai dari penciptaan nilai di hulu proses bisnis sampai dengan bagaimana nilai dalam perusahaan mampu menjadi sebuah keunggulan yang dapat disampaikan di hilir dari sebuah proses bisnis.
Kata kunci: Model bisnis, canvas business model, 360? business model, UNIQLO.
Downloads
References
Demil, B. & Lecocq, X. 2010. Business Model Evolution. In Search of Dynamic Consistency. Long Range Planning 43 (2-3): 227-246
Hunger, D. L. & Wheelen, T. L. 2008. Concepts: Strategic Management and Business Policy. New Jersey: Prentice Hall.
Jensen, H. & Sund, K. J. 2018. “The Journey of Business Model Innovation In Media Agencies: Towards A Three-Stage Process Model”. Journal of Media Business Studies, 1-17
Osterwalder, A., Pigneur, Y., & Smith, A. 2010. Business Model Generation – A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons Inc.
Rayna, T. & Striukova, L. 2016. 360◦ “Business Model Innovation: Toward an Integrated View of Business Model Innovation”. Research-Technology Management, 59:3, 21-28
Rytkönen, E., & Nenonen, S. 2014. The Business Model Canvas in University Campus Management. Intelligent Buildings International, 6:3, 138-154.
Spieth, P., Schneckenberg, D., & Ricart, J. E. 2014. Business Model Innovation – State of the Art and Future Challenges for the Field. R&D Management 44 (3): 237-247
Stefan, S., & Richard, B. 2014. “Analysis of Business Models. Journal of Competitiveness”, Vol 6, Issue 4, pp. 19-40
Teece, J. D. 2010. Business Models, Business Strategy and Innovation. Long Range Planning, 43 (2), 172-194
Wirtz, B. W., Pistoia, A., Ulrich, S., & Gottel, V. 2016. “Business Models: Origin, Development and Future Research Perspectives”. Long Range Planning 49 (1): 34-54
Zott, C., Amit, R., & Massa, L. 2011. “The Business Model: Recent Developments and Future Research”. Journal of Management 37 (4): 1019-1042
https://www.fastretailing.com/eng/group/strategy/UNIQLObusiness.html diakses pada 26 Maret 2018