PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v5i1.2432

Abstract

Di tengah persaingan kedai kopi yang semakin intens ditandai dengan pertumbuhan jumlah kedai kopi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, upaya ekstra perlu dilakukan untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemahaman yang lebih baik terhadap aspek tersebut dapat menjadi rujukan dalam menyusun strategi pemasaran untuk meningkatkan pembelian kembali oleh konsumen. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mendorong keputusan pembelian kembali. Penelitian ini melakukan studi kasus di Start Up Coffee Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung ke Start Up Coffee. Teknis analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa promosi dan kualitas layanan mampu secara signifikan mendorong minat beli kembali. Untuk mendorong pembelian kembali, promosi perlu diintensifkan dengan memberikan diskon yang menarik, memberikan member card dengan berbagai reward menarik, menawarkan produk dengan harga kompetitif, menawarkan promosi silang dengan produk lain, serta menawarkan berbagai undian dengan hadiah menarik. Minat beli kembali juga dipengaruhi oleh kualitas layanan yang dapat ditingkatkan dengan cara memastikan penampilan karyawan rapi, memberikan layanan yang professional, memberikan layanan yang cepat dan tanggap, karyawan memahami dengan baik tentang berbagai produk yang ditawarkan, serta karyawan mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan.

Author Biographies

Albina Anim, Universitas Warmadewa

Economic Faculty, Warmadewa University

 

Ni Luh Putu Indiani, Warmadewa University

Economic Faculty, Warmadewa University

 

References

Adila, S.N, & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh minat beli pada konsumen Restoran KFC cabang khatib Sulaiman Padang. OSF Preprints.

Azizah, A., & Prasetio, A. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan di Instagram, Lokasi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada Kanz Coffee & Eatery). Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 3 No. 2.

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi melalui Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar. E-Proceeding of Management, Vol. 4 No. 1.

Hair, Jr J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis a global perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Indiani, N.L.P., Yasa, I.P.N.S., & Sitiari, N.W. (2016). Peran kualitas layanan dan kualitas produk dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah. JAGADHITA: Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 3 No. 2, pp. 85-95.

Katrin, I.L., Masharyono, D.S. (2018). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Javana Bistro Bandung. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 3, No.1, pp. 246-254.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Dasar-dasar pemasaran Edisi ke-7. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi millennium. Jakarta: Prehallindo.

Listia, B. (2017). Pengaruh Kualiatas Layanan dan Atmosfer gerai terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Restauran Rindu Kampoeng, kota Busan, Korea Selatan. Jurnal Manajemen: Universitas Komputer Indonesia.

Mursyid, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas dan Pengambilan Keputusan terhadap Kepuasan Konsumen pada Real Cafe di Makassar. Jurnal Manajemen Pemasaran: Universitas Negeri Makasar.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.

Novfriday, F., & Eviana, N. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Bebek Kaleyo cabang tebet Jakarta. Panorama Nusantara, Vol. 11 No.1, pp. 1-16.

Prastika, R. D., & Sugiono. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap keputusan pembelian Pada Leopard Café way Jepara Lampung Timur. Jurnal DINAMIKA, Vol. 3 No. 1, pp. 36-47.

Sholihat, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian di Krema Koffie. JOM FISIP, Vol. 5 No 1, pp. 1-15.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Krisdianti, D.L., & Sunarti. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Pizza Hut Malang Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 70 No.1, pp. 36-44.

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zeithaml, Valarie, A., Parasuraman, A., & Berry, L. (1990). Delivering Quality: Balancing Perceptions and Expectations. The Free Press, A Division of Macmillan Inc.

Zuhriyah, D.A. (2019). Industri Kedai Kopi Ditaksir Tumbuh 20 persen Tahun Ini. Diakses pada: https://ekonomi.bisnis.com/read/20190822/12/1139918/industri-kedai-kopi- ditaksir-tumbuh-20-tahun-ini

Downloads

Published

2020-07-14

Issue

Section

Articles