REALITAS KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) PROVINSI BALI

Authors

  • Yustina Agninoy Jarut Undiknas Denpasar
  • Wayan Widhiastini Undiknas Denpasar
  • Wayan Joniarta Undiknas Denpasar
  • Wayan Suderana Undiknas Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v2i2.1707

Keywords:

Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kinerja

Abstract

KPU Provinsi Bali sebagai lembaga yang bersifat vertikal, senantiasa berusaha membangun budaya organisasi agar kinerja pegawainya dapat berkembang dengan baik. Sebagai lembaga yang bersifat vertikal dimana seluruh program dan anggarannya sangat tergantung dari KPU-RI sebagai atasannya. Pada titik inilah KPU Provinsi Bali seringkali menghadapi masalah dalam rangka membangun budaya organisasi yang bisa sangat berpengaruh terhadap kinerja pegawainya. Adapun  tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Realitas Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan  Kinerja Pegawai Pada Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif, Sumber data yang digunakan dari penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pemilihan informan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang mana informan yang dalam penelitian ini adalah Komisioner, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Pegawai KPU Provinsi Bali. Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik pemeriksaan keabsahan data adalah triangulasi (sumber dan metode). Dalam hasil penelitian diperoleh penelitian ini dianalisis dari teori kepemimpinan, teori budaya organisasi  dan teori kinerja yaitu dilihat dari nilai-nilai yang dimiliki pimpinan, fungsi budaya organisasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kepemimpinan, budaya organisasi dan kinerja pegawai KPU Provinsi Bali sudah optimal dan saran dari penelitian ini yaitu  diharapkan KPU Provinsi Bali lebih meningkatkna lagi kepemimpinan dan budaya organisasi yang sudah ada di KPU Provinsi Bali agar Kinerja Pegawai semakin meningkat.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kinerja 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Furqon, Chairul. 2012. Budaya Organisasi. (Online). Available http://file.upi.edu/Direktori/F PEB/PRODI._MANAJEME N_FPEB/ 197207152003121-CHAIRUL_FURQON/Artike lOrganizational_Culture.pdfb le.

Irham Fhami. 2016. Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Ismail Nawawi Uha. 2010. Budaya Organisasi Kepemimpinan & Kinerja. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Soares, Tessa Rita. 2016. Strategi Humas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Dalam Membangun Citra Organisasi. Skripsi. Denpasar: Program Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Nasional.

Sutrisno. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Website KPU Provinsi Bali, https://bali.kpu.go.id/

Website KPU RI, https://www.kpu.go.id/

Widodo, Tri. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Terhadap Kinerja. (online). Available

https://search.yahoo.com/sear ch?ei=utf-8&fr=tightropetb&p=pengaru h+lingkungan+kerja+budaya +organisasi+tri+wi dodo&type=107421_0109

Published

2018-08-01

How to Cite

1.
Jarut YA, Widhiastini W, Joniarta W, Suderana W. REALITAS KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) PROVINSI BALI. JIDS [Internet]. 2018Aug.1 [cited 2024Jul.21];2(2):70-8. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/1707

Issue

Section

Articles