Analisis Kualitas Interaksi Pengunjung Dengan Website Bali Vulcano Jeep: Pendekatan Kuesioner UX

Authors

  • Ni Wayan Jeri Kusuma Dewi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • I Gede Made Yudi Antara Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38043/telsinas.v6i1.4471

Keywords:

Bali Vulcano Jeep, User Experience, UEQ, Evaluasi

Abstract

Bali volcano Jeep atau sering disingkat dengan BVJ merupakan perusahaan penyedia Biro perjalanan untuk menjelajahi area lava hitam sekitar gunung Batur dengan jeep. Untuk menunjang kualitas pelayanan dari kegiatan usaha ini, BVJ mempunyai sebuah sistem informasi pemesanan, namun selama pembuatannya belum pernah dilaksanakan evaluasi untuk mengetahui aspek usability mengenai kepuasan pengguna dalam menggunakan website Pemesanan pada Bali Vulcano Jeep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui kepuasan pengguna dalam menggunakan Sistem Informasi pada BVJ adapun metode yang digunakan untuk mengetahui pengalaman pengguna yaitu metode User Experiences Quesioner (UEQ). UEQ merupakan tools untuk pengolaha data survey terkait pengalaman pengguna secara subjektif, terdapat enam aspek yang dinilai dalam UEQ ini yaitu: Daya tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, Kebaruan, dari keenam aspek tersebut terdiri dari 26 pertanyaan UEQ, yang terdiri dari pertanyaan positif dan negative yang ditampilkan secara acak. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 39 orang, dimana responden baru pertama kali menggunakan aplikasi ini. Dari hasil penelitian diperoleh untuk aspek daya tarik memiliki nilai kepercayaan 0,269, aspek Kejelasan 0,251, Efisiensi 0,292, Ketepatan 0,259, Stimulasi 0,2882 sedangkan Kebaruan 0,275. Kemudian dari hasil Benchmark Efisiensi, ketepatan, Stimulasi dan Kebaruan dari Sistem Informasi BVJ dengan hasil kategori Good, yang artinya 10% produk dalam dataset lebih baik dan 75% produk lainnya lebih buruk. Sedangkan untuk aspek Daya Tarik masuk kedalam kategori Excellent, hal ini berarti Sistem Informasi BVJ termasuk dalam kisaran 10% hasil terbaik. Dari hasil tersebut maka responden sudah meraka puas dalam menggunakan Sistem Informasi Pemesanan pada BVJ. Namun karena terbatasnya waktu, peneliti hanya melakukan penelitian untuk mengetahui kepuasan pengguna dalam Mengunakan Sistem Informasi Pemesanana pada BVJ. Bagi Peneliti selanjutnya, disaranakan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan teknik lain, sehingga akan memeproleh hasil evaluasi yang beranekaragam dan dapat diketahui secara luas, sehingga nantinya hasilnya bisa dibandingkan.

References

Yoeti, O. A. 2001 Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Pancane, L., IWD. Suriana, 2018“Pengunaan VNC ( Kontrol Jaringan Virtual) Pada Fids (Sistem Informasi Penerbangan) Di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai - Bali,” TELSINAS, vol. 1, no. 2 September 2018. e-ISSN 2621-5276.

Pendit, N. S. 2003. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.

Haq, M. T. 2009 Biro Perjalanan Wisata. Kampus Program Diploma Negara Manajemen Administrasi Transportasi Udara. Yogtakarta: AMA TRANS.

Sutjiadi, R. dkk. 2022. “PerancanganSistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Pada Institut Informatika Indonesia Menggunakan Metode Incremental,” TELSINAS, vol. 2, p. 153 Volume 5, No. 2 September 2022, e-ISSN 2621-5276 (online).

Widoyoko. E. P. 2018. Penilaian Hasil Belajar di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

International Organization For Standardization (ISO)., 2009. ISO 9241-210: Ergonomics Of Human System Interaction - Human Centered Design For Interactive Systems, ISO 9241-2.

Pamitha, I. I. 2008. “Evaluasi Sistem Informasi Kemajuan Akademik Berbasis Web Dengan Teknik Heuristic Evaluation Dan Userexperience Questionnaire (UEQ),” Universitas Pendidikan Ganesha.

Wijaya, I. dkk. 2021. “Analisis Dan Evaluasi Pengalaman Pengguna Patik Bali Dengan Metode User Experience Questionnaire (Ueq),” vol. Vol. 8, No, p. hlm. 217-226.

Kumano, Y. 2001. Authentic Assessment and Portfolio Assessment- Its Theory and Practice. Japan: Shizuoka University.

Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Nugroho, E. 2009.Desain Situs Reader Friendly. Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

Rubin, C. J. 2008. “Of, Handbook Testing, Usability,” Second Edi., ssue 2, Canada: Wiley Publishing.

Schrepp, J. M., Hinderks, A., & Thomaschewski. 2014. “Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S).,” Int. J. Interact. Multimed. Artif. Intell., vol. 4 103. 10.9781/ijimai.2017.09.001

Gray, A.M. and Wardle, H. 2013 “Observing gambling behaviour using think-aloud and video technology A methodological review,” atl. Cent. Soc. Res., no. February 2012, 2013

Istiana, P. “Evaluas Usability Situs Web Perpustakaan,” 2011. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/275536491_Evaluasi_Usability_Situs_Web_Perpustakaan. [Accessed: 11-Jun-2023].

Faulkner, L. 2003. “Beyond the five-user assumption: Benefits of increased sample sizes in usability testing,” Behav. Res. Methods, Instruments, Comput., vol. 35, no. 3, pp. 379–383, 2003.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

1.
Dewi NWJK, Antara IGMY. Analisis Kualitas Interaksi Pengunjung Dengan Website Bali Vulcano Jeep: Pendekatan Kuesioner UX. TELSINAS [Internet]. 2023Apr.25 [cited 2024Dec.22];6(1):88-93. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/4471

Issue

Section

Articles