PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS, DISKON HARGA DAN TAGLINE “GRATIS ONGKIR” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE DI SHOPEE

Authors

  • Andi Rusni Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ahmad Solihin Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841

Keywords:

Motivasi Belanja Hedonis, Diskon, Tagline

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta menganalisis pengaruh motivasi belanja hedonis, diskon dan tagline “gratis ongkir” terhadap keputusan pembelian impuslif (Planned impulsive buying) secara online di Shopee. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi manajemen dan prodi teknik informatika Universitas Teknologi Sumbawa yang berbelanja menggunakan aplikasi Shopee dan berbelanja minimal 3 kali/bulan.Jumlah sample menggunakan rumus paul leedy sehingga berjumlah 100 responden.Teknik analsisi data menggunakan regresi linier berganda debgan alat analisis data pada penelitian ini menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) dan jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini setelah dilakukan analisis data didapatkan bahwa motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif secara online di Shopee, diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif secara online di Shopee dan tagline “gratis ongkir” tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian impulsif secara online di Shopee. Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh Keputusan Pembelian Impulsif pada situs marketplace Shopee dan juga implikasi dari keputusan pembelian dalam manajemen pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, Muhammad, and Purwanto Purwanto. 2020. “Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee ID.” JAMIN?: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis 2 (2): 34. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51.

Ardin, Wulan Nabila, and Onan Marakali Siregar. 2020. “Pengaruh Flash Sale Dan Tagline ‘Gratis Ongkir’ Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online.” Https://Repositori.Usu.Ac.Id/Handle/123456789/29172. Universitas Sumatera Utara.

Astuti, Niken Fitri. 2011. “Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Cafe Milan Bandung: Survey Terhadap Konsumen Cafe Milan Bandung.” Universitas Pendidikan Bandung.

Barokah, Siti, Bunga Asriandhini, and Muhammad Millenian Putera. 2021. “Emotional Shopping Sebagai Variabel Mediasi Gaya Hidup Dan Motivasi Belanja Hedonis Pada Keputusan Pembelian Impulsif Produk 3Second.” Maker: Jurnal Manajemen 7 (2): 156–67. https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.360.

Beddu, Hartina, Jeni Kamase, Ilham Labbase, and Aryati Arfah. 2022. “Pengaruh Citra Toko, Motivasi Hedonis, Bauran Pemasaran, Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Online Melalui Keputusan Implusif Di Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa Sulawesi Selatan.” Jurnal Sosio Sains 8 (1): 16–22.

Chiaravalle, Bill, and Barbara Schenck. 2015. Branding for Dummies. 2nd ed. New Jersey: John Willey & Sons,Inc.

Fadila, Yuha. 2022. “Pengaruh Motivasi Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Dengan Gaya Hidup Berbelanja Sebagai Variabel Mediasi.” Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/98847/.

Izza, Nur Rohmatul, Ayun Maduwinarti, and Awin Mulyati. 2021. “Pengaruh Tagline Dan Brand Ambassador Terhadap Pembelian Implusif Konsumen Neo Coffee.” Dinamika Administrasi Bisnis 7 (2).

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th ed. London: Pearson Education Limited.

Kristiawan, Allen, Ika Gunawan, and Vinsensius Vinsensius. 2018. “Pengaruh Potongan Harga, Bonus Kemasan, Tampilan Dalam Toko Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 6 (1): 30–44. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.181.

Liantifa, Melifia, and Gampo Haryono. 2022. “Discount, Promotion Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Online Shop.” Al-Dzahab 3 (1): 10–20. https://doi.org/10.32939/dhb.v3i1.1033.

Lubis, Arfan Ikhsan. 2017. Akuntansi Keperilakuan: Akuntansi Paradigma. Jakarta: Salemba Empat.

Mamuaya, Nova Christian Immanuel. 2018. “The Effect Of Sales Promotion And Store Atmosphere On Hedonic Shopping Motivation And Impulsive Buying Behavior In Hypermart Manado City.” DeReMa Jurnal Manajemen 13 (1): 83–99.

Mowen, John C, and Michael Minor. 2015. Perilaku Konsumen. 2nd ed. Jakarta: Erlangga.

Ozen, H, and N Engizek. 2014. “Shopping Online Without Thinking: Being Emotional or Rational?” Asia Pasifik Journal of Marketing and Logistics 26 (1): 78–93.

Pradana, Andira Eka, and Gede Suparna. 2016. “Pengaruh Store Environment Dan Impulse Buying Tendency Terhadap Urge To Buy Impulsively Dan Impulse Buying Behaviour.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 5 (7): 4101–31.

Putri, Meissy Triana. 2022. “Pengaruh Flash Sale Dan Tagline ‘Gratis Ongkir’ Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Kota Pekanbaru).” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Rohmatillah, Nurhadiani. 2022. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Impulse Buying Di Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi).” Repository Universitas SIliwangi. Universitas SIliwangi.

Roviqoh, Tengku Syarifah. 2020. “Pengaruh Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis).” Politeknik Negeri Bengkalis. http://eprint.polbeng.ac.id/161.

Roykhanah, Siti. 2018. “Pengaruh Tagline Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya.” Jurnal Manajemen UIN Sunan Ampel. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/26328/Siti Roykanah_B06214019.pdf.

Salim, Ahmad, and Riche Fermayani. 2021. “Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan, Tampilan Dalam Toko Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Departement Store Padang.” Jurnal Menara Ekonomi?: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi 7 (3): 1–14. https://doi.org/10.31869/me.v7i3.2836.

Sandra, Jelita Virliana, and Widiya Dewi Anjaningrum. 2021. “Pengaruh Suasana Toko Dan Diskon Terhadap Pembelian Impulsif Pada Matahari Department Store Pasar Besar Malang.” Jurnal Manajemen Dan Profesional 2 (2): 49–59. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i2.873.

Sari, Della Ruslimah, and Ikhwan Faisal. 2018. “Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan in-Store Display Terhadap Keputusa Impulse Buying Pada Giant Banjar.” Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan 2 (1): 51–60.

Sari, Nia Yusnia, and Sri Hermawati. 2020. “The Effect Of Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation, And Sales Promotion On Impulse Buying Behavior In E-Commerce (Case Study Of Berrybenka Consumer).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 25 (1): 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i1.2343.

Setyorini, Yiyis Dwi. 2020. “Pengaruh Promosi, Kemudahan Akses, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pengguna Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.” Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Shintia, Rindia. 2021. “Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Dan Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2018-2019 Universitas Jambi.” Reposatori Unja. Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/24074/.

Syauqi, Ahmad, Fauzi Arif Lubis, and Atika. 2022. “Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline ‘Gratis Ongkir’ Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).” Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) 2 (4): 734–49.

Utami, Christina Whidya. 2018. Manajemen Ritel. 3rd ed. Jakarta: Salemba Empat.

Wati, Silvia Puspita. 2022. “Pengaruh Tag Line Gratis Ongkir Dan Celebrity Endorsement Terhadap Impulse Buying Pada Pembelian Produk.” Universitas Widya Dharma Klaten.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

1.
Rusni A, Solihin A. PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS, DISKON HARGA DAN TAGLINE “GRATIS ONGKIR” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE DI SHOPEE. j.imb [Internet]. 2022Dec.25 [cited 2024Dec.23];7(2):167-79. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3841

Issue

Section

Articles