EFEKTIVITAS PENERAPAN E-KINERJA DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN KINERJA PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN, DAN PELATIHAN KABUPATEN KUDUS

Authors

  • Dina Khilmi Nabilah Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Atieq Muhammad Qoes Atieq Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3806

Keywords:

Efektivitas, E-Kinerja, Disiplin dan Kinerja Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan

Abstract

Di era globalisasi seperti saat ini, sebagian pemerintahan sudah melakukan proses kerja secara online. Salah satunya dengan dilakukannya reformasi birokrasi yaitu lahirnya kebijakan e-Kinerja di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas Penerapan E-Kinerja dalam Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Pegawai di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Kudus. Kemudian untuk mengetahui faktor penghambat dalam penerapan E-Kinerja, serta untuk mengetahui solusi yang diberikan dalam mengatasi faktor penghambat tersebut dalam meningkatkan disiplin dan kinerja pegawai. Penilaian kinerja merupakan penilaian atas prestasi atau kemampuan kerja pegawai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan target kerja, kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan dan beban kerja Unit atau Satuan Kerja Organisasi sebagai dasar Perhitungan Prestasi Kerja dan Pemberian Intensif Kerja dengan pedoman Permendagri Nomor 4 Tahun 2005. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan penggunaan data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-Kinerja di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Kudus sudah efektif dalam meningkatkan disiplin dan kinerja pegawai yang sesuai dengan apa yang telah diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadila & Harry. (2020). Panduan Pembuatan Aplikasi Monitoring dan Penilaian Kinerja Pengembangan Talent Pada Perusahaan. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Justiawal, M. (2020). ANALISIS TINGKAT KINERJA PEGAWAI BERBASIS APLIKASI E-KINERJA PADA KANTOR DINAS BINA MARGA, CIPTA KARYA, JASA KONSTRUKSI, DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN WAJO. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Bisnis. 2(1). 82-91.

Lembong, R. C. & Madjid, U. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN E-KINERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa. 6(2). 131-139.

Mamik, dan U Syarif. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Zifatama Publisher. Sidoarjo.

Masdar, M. Madani, dan Fatmawati. (2019). Kemampuan Sumber Daya Aparatur Dalam Mendukung Pelaksanaan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Public Policy and Management. 1(2). 58.

Mukhtar, Hapzi A, dan Mardalena. (2016). Efektivitas Pimpinan: Kepemimpinan Transformatif dan Komitmen Organisasi. Deepublish. Yogyakarta.

Nawafil, Rozal. (2022). PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI BERBASIS E-KINERJA OLEH BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA. Diss. IPDN.

Padmaningrum. (2021). Pengembangan Karier dan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara. Samudra Biru. Yogyakarta.

Purba, Hadi S.H., dkk. (2022). Peranan Aplikasi E-Kinerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Medan (Studi Kasus Pada Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemko Medan). Jurnal Publik Reform. 9(1). 26-33.

Rukmana, I., Rahmawati, R., & Salbiah, E. (2020). Efektivitas Penilaian Kinerja Berbasis E-Kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian. Jurnal Governansi, 6(1), 51-56. Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, dan Aplikasi. Deepublish. Yogyakarta.

Siagian, S.P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta. 20-21.

Waliulu, M., & Lukman, S. (2020). EFEKTIVITAS PENERAPAN E-KINERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI MALUKU. VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia, 12(4), 817-826. Widodo, Djoko S. (2020). Manajemen Kinerja Kunci Sukses Evaluasi Kerja. Cipta Media Nusantara (CMN).

W, Jerry, dkk. (2021). Inovasi Digitalisasi Pelayanan Publik, Tata Kelola Pemerintahan, dan Inovasi Bentuk Lainnya Pada Daerah Terinovatif. Bina Praja Press. Jakarta.

“Implemantasi Kebijakan Disiplin PNS sebagai Upaya Peningkatan Kinerja”. BKPP Kabupaten Begkalis, diakses 12 Agustus 2022, https://bkpp.bengkaliskab.go.id/artikel/implementasi-kebijakan-disiplin-pns-sebagai-upaya-peningkatan-kinerja.

Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 1 Tahun 2013 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah Pasal 1.

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

1.
Nabilah DK, Muhammad Qoes Atieq A. EFEKTIVITAS PENERAPAN E-KINERJA DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN KINERJA PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN, DAN PELATIHAN KABUPATEN KUDUS. j.imb [Internet]. 2022Dec.25 [cited 2023Feb.1];7(2):114-2. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3806

Issue

Section

Articles