MEDIASI SIKAP MAHASISWA PADA STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKULIAH DI STIE DHARMA PUTRA
DOI:
https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3799Keywords:
Iklan, Promosi, Hubungan Masyarakat, Sikap, Keputusan BerkuliahAbstract
Perkembangan dunia pendidikan semakin pesat dengan persaingan yang ketat bagi perguruan tinggi swasta untuk memberikan pelayanan akademik secara optimal. Mayoritas mahasiswa yang berkuliah di STIE Dharma Putra berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan yang berdomisili di Pekanbaru. Sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk menggiring perilaku mahasiswa agar dapat berkuliah di kampus yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka harapkan. Berbagai bauran pemasaran dilakukan oleh STIE Dharma Putra untuk menarik minat calon mahasiswa baru dan meningkatkan jumlah mahasiswa yang berkuliah di STIE Dharma. Tujuan penelitian untuk menguji strategi bauran promosi yang terdiri dari manifest iklan, promosi, penjualan, dan hubungan masyarakat terhadap keputusan mahasiswa berkuliah pada pendidikan tinggi melalui sikap mahasiswa. Urgensi penelitian terletak pada perbaikan strategi pemasaran internal yang akan diterapkan oleh kampus untuk meningkatkan jumlah mahasiswa berkuliah di STIE Dharma Putra, Pekanbaru. Penelitian menggunakan pendekatan eks-post facto. Teknik analisis mengunakan analisis jalur dengan aplikasi SPSS. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang disusun berdasarkan variabel independent, mediasi, dan dependen yang terkait dengan memanfaatkan google form. Sebanyak 55 mahasiswa aktif yang berpartisipasi pada riset ini. Temuan riset mengungkapkan strategi bauran pemasaran berupa iklan tidak memiliki pengaruh terhadap sikap mahasiswa dan keputusan berkuliah. Akan tetapi, promosi yang dilakukan pihak kampus memiliki pengaruh terhadap sikap mahasiswa dan keputusan berkuliah. Kemudian hubungan masyarakat mampu memberikan pengaruh terhadap sikap mahasiswa namun tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkuliah. Temuan selanjutnya mengungkapkan peran mediasi sikap mahasiswa efektif untuk memperkuat pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari iklan, promosi dan hubungan masyarakat terhadap keputusan berkuliah di STIE Dharma Putra. Secara implikatif, riset ini memberikan wawasan yang melengkapi riset sebelumnya, yaitu promosi yang dilakukan begitu efektif untuk menarik mahasiswa agar berkuliah di STIE Dharma Putra. Sementara itu, dibutuhkan perhatian yang serius dari pihak manajerial kampus untuk mengoptimalkan hubungan mereka pada masyarakat. Perbaikan strategi bauran pemasaran pada aspek iklan dan hubungan masyarakat menjadi fokus perhatian utama bagi pihak kampus agar berdampak positif pada keputusan mahasiswa untuk berkuliah di STIE Dharma Putra.
Downloads
References
Alma, B. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan ke-7. Bandung: Alfabeta
Bagubau, E., & Patrikha, F. D. (2022). Analisis Keputusan Mahasiswa Papua Memilih Berkuliah di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1537–1544.
Fitantina, Yudha Mahram DS, & Annanta M. Alief. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Muhammadiyah Palembang (Ump). Motivasi Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 45–53.
Gitosudarmo, I. 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPF
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.
Hukama, A. (2019). Analisis Bauran Pemasaran dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Non Kedokteran Universitas XYZ. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 46–58.
Khusnaeni, N. L., Yulianto, E., & Sunarti. (2017). Pengaruh Iklan terhadap Sikap Konsumen serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang Pengguna Kartu Seluler Telkomsel 4G LTE Versi “ Nixia Gamer.” Jurnal Administrasi Bisnis, 47(2), 49–56.
Kotler, P. (2017). Marketing for competitiveness. Bentang Pustaka.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.
Kotler, P., Keller, K. L., Koshy, A., & Jha, M. (2009). Creation customer value satisfaction and loyalty. Marketing Management, 13, 120–125.
Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670/576
Musfar, T. F., & SE, M. M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Nasib, & Sabbaruddin Chaniago. (2019). Pengaruh Bauran Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Kuliah pada Politeknik Unggul L3M. Jurnal Ilmiah Profesional Indonesia, 2(1), 38–50.
Nurani, Marlena, & Rachmanto, F. T. (2021). Bauran Promosi Dalam Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Tulungangung. Jurnal Benefit, 8(1), 25–40.
Pekanbaru, D. P. K. (2020). Jumlah Lulusan PTN dan PTS di Pekanbaru. Pelita Pendidikan.
Putri, D. R., Khusnuliawati, H., Psikologi, P. S., Sosial, F., Surakarta, U. S., Studi, P., Informatika, T., Sains, F., & Sahid, U. (2022). Pengaruh Iklan dan Promosi terhadap Sikap Tingkah Laku Mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. Jurnal Assosiativ, 1(1), 11–16.
Qolbi, U. (2014). Pengaruh Iklan Terhadap Sikap Konsumen (Survei Pada Pengunjung Yang Pernah Bermain Game Pro Evolution Soccer Di Flux Capital of Entertainment Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 10(1), 1–8.
Rahmawati, N. I. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIE Muhammadiyah Jakarrta. Ikra-Ith Ekonomika, 2(1), 77–84.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L. L. 2004. Consumer Behaviour, Fifth Editions. New Jersey: Prentice Hall Inc.Siringoringo, H. (2004). Peran bauran pemasaran terhadap perilaku Pembelian konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(03).
Siswanto, B. (2021). Pengantar manajemen. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suhardi, Y., & Pragiwani, M. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta. 26(02), 230–245.
Stanton., William, J. 1991. Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Swastha, B., & Handoko, T.H. 2000. Manajemen Pemasaran (Analisis Perilaku Konsumen), Edisi ke 2. Yogyakarta: Liberty.
Tambunan, L. theresia. (2019). Faktor Dominan Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Prilaku Kosumen Dalam Keputusan Pembelian Suatu Produk. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 35–45. https://doi.org/10.31849/jieb.v16i1.2261
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran.
Tupa, D. T., Bunga, M., & Makatita, R. F. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana Kupang Nusa Tenggara Timur. Journal Of Management, 9(2), 235–250.
Wahyono, S. A., & Susilawati. (2016). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Kepercayaan dan Dampaknya terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah (Studi Kasus Politeknik LPKIA Kota Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 82–100.
Widayanti, R. (2012). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kunjungan Wisatawan Domestik (Studi Kasus di Taman Rekreasi Sengkaling Malang). Jurnal Dinamika Dotcom, 3(1), 1–17.
Yuliastina, R., & Andiriyanto, A. (2020). Analisis Strategi Corporate Image Terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Mendaftar di PTS (Studi Pada Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Wiraraja). PUBLIC CORNER, 14(2), 1–12. https://doi.org/10.24929/fisip.v14i2.888
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hermansyah, Nizamil Fadly, Yudho Wibowo, Fitri Yani Panggabean, Siti Chairani Lubis, Muammar Rinaldi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.