PENGARUH SERVICE QUALITY DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH PT. PEGADAIAN (PERSERO) UPC KOTA SUNGAI PENUH

Authors

  • Elex Sarmigi Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Eva Sumanti Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Azhar Azhar Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3501

Keywords:

Service Quality, Relationship Marketing, Minat Menjadi Nasabah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah service quality dan relationship marketing memiliki pengaruh yang nyata terhadap minat masyarakat menjadi nasabah. Penelitian ini dilakukan pada nasabah PT. Pegadaian UPC Kota Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan populasi berjumlah 1.116 orang dan jumlah sampel 92 orang.  Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan nyata dari service quality dan relationship marketing terhadap minat masyarakat menjadi nasabah PT. Pegadaian UPC Kota Sungai Penuh baik secara parsial maupun simultan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, T. (2011). Pengaruh dimensi variabel relationship marketing terhadap kepercayaan konsumen dan minat pembeli ulang pada ritel indomaret di kecamatan rambipuji. Skripsi (Jember: Fak: Ekonomi Universitas Jember).

Akbar, I. (2018). Pengaruh Relationship Marketing Dan Relationship Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Indonesian Journal Of Strategic Management, 1(1).

Andespa, R., & Rahim, R. (2020). engaruh Dimensi Nilai Pelanggan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Lkms. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 5(2), 170-177.

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).

Cahyani, N., & Ardana, K. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Gaya Kepemimpinan dan Insentif Finansial Terhadap Kinerja Pegawai Non Medis Pada Rumah Sakit Balimed Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(4), 423-435.

Dwifadhilah, A., & Hakim, L. N. (2021). Pengaruh Relationship Marketing Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Album K-Pop Treasure (Studi Kasus Pada Komunitas Penggemar Album Treasure Di Jakarta). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 1(5).

Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Religiusitas Dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 473-486.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lewis, & Boom. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ndubisi, N. O. (2003). Service Quality: Understanding Customer Perception And Reaction, and its impact on Business. International Journal of Business, 5(2), 207-219.

Pertiwi, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Kembali Produk Pestisida Pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesian (Persero) Cabang Pekanbaru. JOM FISIP, 6(2).

Riduwan. (2013). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Siyoto, D. S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: Andi.

Tugiso, I., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Onlineshop “NUMIRA” Semarang). Journal Of Management, 2(2).

Widyaningtyas, R. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas serta Dampaknya pada Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Kereta Api Harina. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

1.
Sarmigi E, Sumanti E, Azhar A. PENGARUH SERVICE QUALITY DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH PT. PEGADAIAN (PERSERO) UPC KOTA SUNGAI PENUH. j.imb [Internet]. 2022Jun.25 [cited 2024Nov.22];7(1):20-9. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3501

Issue

Section

Articles