PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Alifatul Laili Fajriah Universitas Islam Kadiri
  • Ahmad Idris Universitas Islam Kadiri
  • Umi Nadhiroh Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3218

Keywords:

Sales Growth, Firm Growth, Firm Size, Firm Value.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pertumbuhan penjualan, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Perusahaan dengan pertumbuhan penjualan, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan yang tinggi belum tentu mencerminkan nilai perusahaan juga tinggi. Nilai perusahaan yang tinggi merupakan keinginan semua pihak internal maupun eksternal, sebab dengan begitu kemakmuran pemegang saham juga akan tinggi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari perusahaan sektor makanan dan minuman yang diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawi, Almas Rizqy Ghassani. 2018. “Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening.” Universitas Islam Indonesia.

Brigham, Eugene F, and J F Houston. 1995. “Fundamentals of Financial Management.” New York: Fort Worth: The Dryden Press.

Dewi, Ayu Sri Mahatma, and Ary Wirajaya. 2013. “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan.” E-Jurnal Akuntansi 4 (2): 358–72.

Dhani, Isabella Permata, and A A Gde Satia Utama. 2017. “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga 2 (1): 135–48.

Fau, N.R. 2015. “Pengaruh Struktur Modal Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.”

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. 10th ed. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Insan, Anti Febi, and Ita Purnama. 2021. “Pengaruh Current Ratio Dan Quick Ratio Terhadap Perubahan Laba Pada PT. Akasha Wira Internasional Tbk.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 6 (1): 68–78. https://doi.org/10.38043/jimb.v6i1.3070.

Jatmiko, Dadang Prasetyo. 2017. Pengantar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Kesuma, A. 2009. “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Esatate Yang Go Public Di BEI Periode 2004-2007.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 11 (1): 38–45.

Machfoedz, Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Munawir, Slamet. 2002. Analisa Informasi Keuangan. Edisi Keempat, Yogyakarta: Liberty.

Pantow, Mawar Sharon R, Sri Murni, and Irvan Trang. 2015. “Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Di Indeks Lq 45.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 3 (1): 961–71.

Prasetyorini, B.F. 2013. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 1 (1): 183–96.

Salvatore, Dominick. 2005. Ekonomi Manajerial Dalam Perekonomian Global. Salemba Empat: Jakarta.

Sari, P I, and N Abundanti. 2014. “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan. E-Journal Universitas Manajemen Universitas Udayana, 3 (5), 1427-1441.” E-Jurnal Manajemen Unud 3 (5): 1427–41.

Soliha, Euis, and September Taswan. 2002. “Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahan Serta Beberapa Faktor Yang Mempengaruhinya.” Jurnal Bisnis Dan Ekonomi 10 (1): 149–63.

Sujarweni, V Wiratna. 2019. Manajemen Keuangan: Teori, Aplikasi Dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujoko, Sujoko, and Ugy Soebiantoro. 2007. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 9 (1): 41–48.

Susetyowati, Indah, and Nur Handayani. 2020. “Pengaruh Good Corporate Governance, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA) 9 (3): 1–20.

Tamsil, R M, and M A Esra. 2020. “Analisis Pengaruh Asset Growth, Return on Assets, Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 5 (1): 44–59.

Weston, F.J, and T Copeland. 2010. Manajemen Keuangan. 10th ed. Jakarta: Binarupa Aksara.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

1.
Fajriah AL, Idris A, Nadhiroh U. PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. j.imb [Internet]. 2022Jun.25 [cited 2024Dec.22];7(1):1-12. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3218

Issue

Section

Articles