PERCEIVED PRICE, PRODUCT DESIGN DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK WARDAH DI MARKETPLACE SHOPEE MALL
Abstract
Perceived Price, Product Design Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Pada Produk Wardah Di Marketplace Shopee Mall. Penelitian ini mengacu pada perceived price, product design dan online customer review yang berpengaruh pada purchase intention produk wardah di marketplace shopee mall. Tujuan pada penelitian ini bermaksud untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh perceived price, product design dan online customer review terhadap purchase intention pada produk wardah di marketplace shopee mall. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Pada hasil penelitian ini menunjukkan variabel perceived price terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, variabel product design terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, variabel online customer review terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasil dalam penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh perceived price, product design dan online customer review terhadap purchase intention secara bersama-sama (simultan). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik perceived price, product design dan online customer review maka akan meningkatkan purchase intention produk wardah di marketplace shopee mall. Dari hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa besarnya nilai koefisien determinasi sebesar 0,682, hal ini berarti 68,2% dari purchase intention dipengaruhi oleh perceived price, product design dan online customer review dan sisanya 31,8% disebabkan oleh varibel lainnya.
Kata Kunci :perceived price, product design, online customer review, purchase intention
Downloads
References
Andrian, 2019. (2019). The Digital Marketing and Product Variety towards Purchasing Interest in Online Store Shopee (Case Study to Students of Class of 2016 Management Department Faculty of Economic University of Bhayangkara Jakarta Raya). 3(1), 14–24.
Ardianti, A. N., & Dr. Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.
Afifah, N., & Yulida. (n.d.). Pengaruh Product Knowledge, Online Customer Review dan Perceived Enjoyment Terhadap Niat Beli Smartphone Dengan Price Discount Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee). (1).
Basrah Saidani. (2013). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA FUTSAL ADIDAS DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. 4(2), 201–217.
Dewi, wayan weda asmara, Tamitiadini, D., & Gondokusumo, B. (2016). Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth Pada Aplikasi Mobile Zomato. 2(2), 280–288.
Fallis, A. . (2013). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Fransiska, K. (2018). ANALISIS PENGARUH HARGA, DESAIN DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN (Studi Kasus pada Konsumen R.A JEANS di Media Sosial Instagram). 1–94.
Hadi, A. (2018). PENGARUH E-WOM DAN BRAND TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi Kasus Pada Konsumen Go-jek di Yogyakarta). 1(11), 54–62.
Hutami, A. N. (2016). PENGARUH PERSEPSI MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN PERSEPSI IKLAN TV TERHADAP MINAT BELI KOPI SIAP MINUM. 1–58.
Ilmaya, F. (2011). HARGA DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DI EKA BATIK SEMARANG. 17–66.
Isfahila, A., Fatimah, F., Ekonomi, F., & Muhammadiyah, U. (2018). PENGARUH HARGA, DESAIN, SERTA KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN THE. 8(2), 211–227.
Kanitra, A. R., & Kusumawati, A. (2018). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP TRUST DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015 / 2016 dan 2016 / 2017 Tahun Akademik 2017 / 2018 Pembeli Produk Oppo Sm. 61(1), 64–73.
Listyawati, I. H. (2016). PERAN PENTING PROMOSI DAN DESAIN PRODUK DALAM MEMBANGUN MINAT BELI KONSUMEN. III(1), 62–70.
Luqyana, I. (2019). PENGARUH LABEL HALAL DAN ONLINE CONSUMEN REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAFI. 1–68.
Mukarromah, D. S., Rofiah, C., Mukarromah, D. S., & Rofiah, C. (2019). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata. 2(1), 27–36.
Pustaka, K., Pemikiran, K., & Hipotesis, D. a N. (2004). Bab II Kajian Pustaka , Kerangka Pemikiran Dan Hipotesis. (i), 14–43.
Reven, D., & Augusty Tae Ferdinand. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–13.
Sari, D. M. F. P., & Dwiya, K. G. S. (2018). Strategi Digital Marketing , Word of Mouth (Wom), Service Quality Terhadap Keputusan Pemakaian Jasa Go-Jek. 3(2), 188–198.
Sari, meida R., & Lestari, R. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN KERETAAPI KELAS EKSEKUTIF ARGO PARAHYANGAN Meida. Jurnal Ilmu Manajemen, 15(1), 30–44.
Syahnaz, N. B. F., & Wahyono. (2016). Faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen di toko online. 389–399.
Yulianto, E., & Febriani, M. (2018). PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW OLEH BEAUTY VLOGGER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014 / 2015 Dan 2015 / 2016 Yang Membeli Dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick ). 58(1), 1–9.