STRATEGI OPTIMALISASI KULINER LOKAL DALAM MENDUKUNG PARIWISATA BERKELANJUTAN DI JAKARTA

Authors

  • Veronica Universitas Bunda Mulia
  • Callysta Wibawa Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v9i1.5988

Keywords:

Jakarta, Kuliner Lokal, Pariwisata Berkelanjutan, Promosi, Keberlanjutan

Abstract

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata kuliner unggulan yang mencerminkan keberagaman budaya lokal. Namun, daya saingnya masih terhambat oleh kurangnya promosi yang efektif, keterbatasan infrastruktur, praktik keberlanjutan yang belum optimal, serta kualitas layanan yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi optimalisasi kuliner lokal guna mendukung pengembangan wisata kuliner berkelanjutan di Jakarta. Metode yang digunakan meliputi wawancara semi-terstruktur dengan pelaku industri kuliner, observasi langsung di lokasi kuliner terkenal, serta studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kuliner Jakarta kaya akan cita rasa dan nilai budaya, masih terdapat kendala utama berupa promosi yang kurang efektif dan implementasi praktik keberlanjutan yang terbatas. Selain itu, kualitas layanan yang bervariasi dan infrastruktur yang kurang memadai turut memengaruhi pengalaman wisatawan. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan adanya kolaborasi antara industri, pemerintah, dan masyarakat dalam memperkuat keberlanjutan kuliner lokal. Langkah yang dapat dilakukan meliputi pemberian insentif kebijakan, edukasi tentang keberlanjutan, peningkatan infrastruktur, serta pemanfaatan teknologi untuk mendukung pengembangan program wisata kuliner berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifa, Y., Nabilla, A. S., & Pratiwi, W. D. (2024). Peran Salapan Cinyusu dalam Pelestarian Budaya Pangan Nabati Sunda dan Dampaknya terhadap Gastro-Tourism Salapan Cinyusu s Role in Preserving Sundanese Food Culture and Its Impact on Gastro-Tourism. 13, 400421.

Almunawaroh, A., & Djamhur, I. G. (2024). Pengaruh Konten Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Berkunjung Ke Museum Nasional Indonesia. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3(April), 243251. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.227

Ardiansyah, I., Iskandar, H., & Krisnadi, A. R. (2024). Sustainability analysis using multi-dimensional scaling approach in Cilember Tourism Village, Bogor Regency. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1366(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/1366/1/012007

Ardiansyah, Imam, Dewantara, Y. F., Krisnadi, A. R., Facrureza, D., & Susanto, P. (2023). Pelatihan Pengetahuan Dasar Dalam Pengelolaan Homestay Di Desa Wisata Tanjungjaya Kabupaten Pandeglang. Jurnal APTEKMAS, 6(1), 3948. http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp39-48

Aria, M. F., & Hidayanti, W. (2024). Analisis Potensi Pariwisata Kuliner di Kota Bandung. 3.

Arimbawa, S., Suriani, N. M., & Damiati. (2022). Pengembangan Penyajian Tradisi Megibung Sebagai Wisata Kuliner Di Desa Budakeling Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem Bali. Jurnal Kuliner, 2(2), 110. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JK/article/view/32923%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JK/article/download/32923/22925

Cahyaningsih, D. S., Suhartono, T., & Widayati, S. (2021). Menggali Potensi Ekonomi Kreatif sebagai Sarana Pendukung Desa Wisata. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2), 210220. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i2.5078

Chandra, T., Rakhmanto, A., Syamsudin, B., Marsongko, E. P., & Suhendar, T. (2023). Studi Analisis Pemasaran Wisata Kuliner Kota Yogyakarta. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(1), 55. https://doi.org/10.37253/altasia.v5i1.7260

Ciptari, P. D. K., Wibawa, I. G. J. S., & Suardana, I. K. P. (2022). Pengelolaan Destinasi Wisata Kuliner dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Di Desa Suranadi. Journal of Finance and Business Digital, 1(3), 203218. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i3.1335

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 6571. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Dharmiasih, W., Sayoga, A., Pradipta, A., Arbi, Y., Christensen, C. S., DeeBrine, P., Hardjasaputra, C., & Sapardan, W. (2012). Strategi pariwisata berkelanjutan. Strategi Pariwisata Berkelanjutan, 32.

Dierckx de Casterl, B., De Vliegher, K., Gastmans, C., & Mertens, E. (2021). Complex Qualitative Data Analysis: Lessons Learned From the Experiences With the Qualitative Analysis Guide of Leuven. Qualitative Health Research, 31(6), 10831093. https://doi.org/10.1177/1049732320966981

Djunaid, I. S., Sofiani, S., Ardiansyah, I., Sofiani, S., Fachrureza, D., Soeprapto, V., & Paulina, P. (2022). Sosialisasi.Pembentukan Binaan Desa.Cihideung Udik Menjadi Desa.Wisata. Jurnal Abdimas Terapan, 1(2), 2932. https://doi.org/10.56190/jat.v1i2.6

Eakin, J. M., & Gladstone, B. (2020). Value-adding Analysis: Doing More With Qualitative Data. International Journal of Qualitative Methods, 19, 113. https://doi.org/10.1177/1609406920949333

Erlyana, Y., & Steven, S. (2020). Analisis Branding Pada Newsletter Garisbawah Sebagai Bagian Peningkatan Citra Program Studi Dkv Universitas Bunda Mulia. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 5(2), 177194. https://doi.org/10.25105/jdd.v5i2.7954

Febriany, K. (2023). Pengetahuan Kewirausahaan di Bidang Pariwisata Tourism Entrepreneurial Knowledge. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 7(2), 149152. http://journal.ubm.ac.id/

Fitriyani, N. (2025). Peran Wisata Kuliner Dalam Pertumbuhan Ekonomi Di Destinasi Pariwisata Demak. 3(1), 484493.

Hakim, I. N., & Hamidah, S. (2022). Peran Kuliner Tradisional dalam Mendukung Pemajuan Kebudayaan di Destinasi Pariwisata Prioritas Yogyakarta. Mozaik Humaniora, 21(2), 193208. https://doi.org/10.20473/mozaik.v21i2.29444

Ida Bagus Ketut Soma Antara. (2022). Eksistensi Dalam Globalisasi: Peran Wisata Kuliner Dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Di Sanur. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 2(1), 1120. https://doi.org/10.51713/jotis.v2i1.64

Ika Nur Afni. (2022). Stakeholder Mapping dalam Pelaksanaan Community Tourism Collaboratvie Governance (CTCG) di Desa Maron Wonosobo. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(2), 123136. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v19i2.853

Jaya, U. P., Suranata, I. G. K., Omna, P., & Chandra, T. (2024). PARIWISATA DI DESA TENGGALINGGAH ( DEVELOPMENT OF TRADITIONAL CULINARY AS A TOURISM ATTRACTION IN TENGGALINGGAH VILLAGE ). 05, 86100. https://doi.org/10.36417/jpp.v5i2.761

kemenperin.go.id. (2024). Kontribusi Meningkat, Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat. https://kemenperin.go.id/artikel/24627/Kontribusi-Meningkat,-Investasi-dan-Ekspor-Industri-Mamin-Semakin-Lezat

Kusumaningrum, H., Tyas, D. W., & Kusumawati, P. (2022). Angkringan Kopi Joss Sebagai Daya Tarik Wisata Gastronomi Kota Yogyakarta Dan Kondisinya Akibat Pandemi Covid-19. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 13(1), 817. https://doi.org/10.31294/khi.v13i1.11317

Legonkulon, K., & Subang, K. (2024). Analisis Potensi Pengembangan Ekowisata Pantai Pondok Bali Desa. 3.

Locke, K., Feldman, M., & Golden-Biddle, K. (2022). Coding Practices and Iterativity: Beyond Templates for Analyzing Qualitative Data. Organizational Research Methods, 25(2), 262284. https://doi.org/10.1177/1094428120948600

Margaretha, R. (2024). Strategi Capacity Building dalam Pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 4(1), 248256. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i1.3588

Mau, D. P., Mau, Y. P., Wibowo, O. H., Kurniansah, R., & Arta, I. W. (2024). Pelestarian Wisata Kuliner Lokal dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Surabaya Preservation of Local Culinary Tourism in Improving the Economy of Local. 06(2), 123134. https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2024.06.2.3

Mularsari, A., & Djandri, M. Z. (2024). Potensi Wisata Kuliner Halal di Kebayoran Baru Dalam Meningkatkan Pengembangan Pariwisata di Jakarta. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9), 1569515713. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i9.14747

N. W. W., Gde Indra Bhaskara, & Nararya Narottama. (2024). Perumusan Strategi Pemasaran Berkelanjutan the Blooms Garden Untuk Mendukung Kolaborasi Destinasi Pariwisata. Jurnal Belantara, 7(1), 96110. https://doi.org/10.29303/jbl.v7i1.967

Pertiwi, M. P., Isnaini, M., & Girsang, L. R. M. (2022). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Brand Addiction. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 253266. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3609

Prianta, P. A., & Sulistyawati, A. (2023). Cita Rasa Kuliner Generasi Z Bali Untuk Menyukseskan Program Pariwisata Budaya Berkelanjutan. INSPIRE: Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event, 1(2), 113131.

Sarudin, R. (2023). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Kampung Saungkuriang Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 220228. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57709

Soeprapto, V. S., & Yohana, E. (2021). Eksplorasi Wisata Kuliner - Studi Kasus Di Bali. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 4(1), 46. https://doi.org/10.30813/fame.v4i1.2750

Veronica, Andari Tirtadidjaja, & J. A. M. (2025). Innovation in Waste Management Methods for Sustainable Tourism (A Case Study at Pullman Hotel Lombok). RIWAYAT: EDUCATIONAL JOURNAL OF HISTORY AND HUMANITIES, 8(1), 11. https://doi.org/10.24815/jr.v8i1.44136

Veronica, V. (2024). Strategi Promosi Tari Tortor sebagai Daya Tarik Wisata Budaya Berkelanjutan (Studi Kasus di Provinsi DKI Jakarta). Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 834846. https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2511

Viona, V., Yohanes, K., Mega, L. S., Kurniawati, W., Farady Marta, R., & Isnaini, D. M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, I(2), 4665. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA

Widodo, H. P., Ap, S., & Si, M. (2023). SKRIPSI OLEH: Efantri Peku Dapa PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KIDUL KABUPATEN MALANG Dosen Pembimbing Utama Dosen Pembimbing Pendamping 1 . 1 Latar Belakang Salah satu industri yang berpotensi kuat untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi saat ini adalah p.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

1.
Veronica, Wibawa C. STRATEGI OPTIMALISASI KULINER LOKAL DALAM MENDUKUNG PARIWISATA BERKELANJUTAN DI JAKARTA. JIDS [Internet]. 2025Feb.20 [cited 2025Mar.6];9(1):29-43. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/5988

Issue

Section

Articles