PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN BRAND IMAGE PMI KOTA MEDAN: STUDI KASUS INSTAGRAM @pmimedan

Authors

  • Rahmad Andika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hasan Sazali Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v8i1.5314

Keywords:

Brand Image; Palang Merah Indonesia; Isu Kemanusiaan; Instagram

Abstract

Brand image menjadi bagian penting untuk era digital ini, salah satunya seperti organisasi kemanusiaan Palang Merah Indonesia Kota Medan yang membangun brand image dalam isu kemanusiaan lewat instagram @pmimedan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui cara akun instagram @pmimedan  menjaga brand image lewat isu kemanusiaan. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif  dengan pengumpulan data dokumentasi dan observasi dari akun @pmimedan. Hasil  penelitiannya adalah PMI Kota Medan membangun dan menjaga brand imagenya dengan konsistensi akan postingan yang bukan  menarik untuk dilihat saja akan tetapi adanya empat unsur  penting dari fungsi komunikasi massa yaitu menginformasi, mendidik, menghibur dan mengpengaruhi.Postingan yang didalamnya terdapat informasi mengenai isu kemanusiaan yang merupakan cirri khas dari organisasi kemanusiaan turut andil dalam membangun brand image dari PMI Kota Medan. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi organisasi kemanusiaan lainnya untuk memaksimalkan penggunaan media sosial untuk menjaga dan memperkuat brand image seta mendukung tujuaan kemanusiaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyanti, Y. et al. 2022. Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian, Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(2), pp. 100108. Available at: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/2700 (Accessed: 9 July 2024).

Avicenna, F. & Budisuwita, T.Z. 2022. Personal Branding Travel Blogger Melalui Media Sosial Instagram:(Analisis Isi Pesan pada akun@ her_journeys), Jurnal Netnografi Komunikasi, 1(1).

Boy, A.F. & Setiawan, D. 2019. Penerapan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) dalam Pengambilan Keputusan Calon Pendonor Darah pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Tanjung Morawa, Jurnal Santikom (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 18(2), pp. 202218. doi:10.53513/JIS.V18I2.160.

Dewi, L.G.P.S., Edyanto, N. & Siagian, H. 2020. The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia, SHS Web of Conferences, 76, p. 01023. doi:10.1051/SHSCONF/20207601023.

Helianthusonfri, J. 2020. Instagram Marketing Untuk Pemula, books.google.com. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=DxbeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Helianthusonfri,+J.+(2020).+Instagram+Marketing+Untuk+Pemula.+Elex+Media+%09Komputindo&ots=TfYOfayiXj&sig=XhiEFEH1j0KfeFab7rert3dUDs8&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false (Accessed: 9 July 2024).

Jenny Wulan, S. 2022. Integrated Marketing CommunicationAksi Cepat Tanggap (ACT) Dalam Meningkatkan Minat Donatur Pada Program Kapal Kemanusiaan Palestina dan Tanggap Darurat Bencana (Studi DeskriptifKualitatif Pada Aksi Cepat Tanggap (ACT) Di Bandar Lampung), digilib.unila.ac.id [Preprint].

Khairatunnisa, K. & Sari, F. 2021. Sistem Informasi Donor Darah Pada Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia Kota Dumai Berbasis Website, Jurnal Unitek, 14(1), pp. 3037. doi:10.52072/unitek.v14i1.173.

Lestari, E.W. 2019. Sistem Informasi Pendaftaran Anggota Baru Pada Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, Jurnal Khatulistiwa Informatika, 21(2), pp. 173178. doi:10.31294/p.v20i2.

Muliasari, N., Sahrir, V.A. & Hartaman, N. 2022. Disaster Communication Campaign Via Instagram and Twitter Palang Merah Indonesia, Jurnal Audiens, 3(3), pp. 141148. doi:10.18196/JAS.V3I3.14010.

Naimah, N. 2020. Efektifitas Media Sosial Facebook Sebagai Sarana Publikasi Pmi Kabupaten Banjar, Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1). doi:10.31602/JM.V2I1.3414.

Putri, A.K., Astagini, N. & Ramli, M.R. 2023. Strategi Produksi Televisi Palang Merah Indonesia Tentang Edukasi Kesehatan Pada Masa Pandemi COVID-19 melalui Media Sosial Youtube, Jurnal Studi Jurnalistik, 5(1), pp. 4049. doi:10.15408/JSJ.V5I1.31707.

Rizkiawati & Rusni, A. 2023. Menggali Dampak Kualitas Pelayanan, Media Sosial dan Promosi terhadap Tingkat Kepuasan Pendonor Darah Sukarela di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Sumbawa, Journal of Nusantara Economic Science, 1(4), pp. 208215. Available at: https://www.nafatimahpustaka.org/jnes/article/view/157 (Accessed: 9 July 2024).

Rosdiana Sianipar, M. et al. 2023. Persepsi Masyarakat kota Medan Mengenai PMI yang Telah Berusia 77 Tahun, El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), pp. 330337. doi:10.47467/ELMUJTAMA.V3I2.2474.

Sari, F. 2021. Palang Merah Indonesia (PMI) Serdang Bedagai Menyalurkan Bantuan di Masa Pandemi Covid 19, Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 78. doi:10.51849/JP3KM.V1I1.3.

Sarwendah, L. & Wangi, M. 2023. Pemanfaatan Media Sosial Instagram PMI Kota Surakarta Dalam Meningkatkan Citra Organisasi, Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 01, pp. 17.

Sazali, H. & Sukriah, A. 2021. Pemanfaatan media sosial (instagram) oleh humas smau ct foundation sebagai media informasi dan publikasi dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan, Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(2), pp. 147160. doi:10.35967/JKMS.V10I2.7471.

Siregar, A. & Rasyid, A. 2024. Pemanfaatan Media Sosial dalam Membangun Brand Image Lembaga Dakwah Kampus Al-Izzah UINSU, Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), pp. 728739. doi:10.47467/RESLAJ.V6I1.4853.

Sumantri, E. et al. 2022. Youtube sebagai Media Publikasi Berbasis Penyiaran Digital di Palang Merah Indonesia Jakarta Selatan, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), pp. 91909198. doi:10.31004/JPTAM.V6I2.3863.

Suryani, S. & Rosalina, S.S. 2019. Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada Startup Business Unicorn Indonesia, Journal of Business Studies, 4(1), pp. 4153. Available at: https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/view/1726 (Accessed: 9 July 2024).

Syahputra, R.W., Febriani, A. & Melyanti, R. 2020. Sistem informasi donor darah berbasis android pada unit transfusi darah palang merah indonesia (utd pmi) kota pekanbaru, Jurnal Ilmu Komputer, 9(1), pp. 1119. doi:10.33060/JIK/2020/VOL9.ISS1.146.

Umairi, H., Sazali, H. & Rasyid, A. 2023. Brand Image Medan Kota Pendidikan Layak Anak, Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, 1(4), pp. 746752. doi:10.47233/JISHS.V1I4.1047.

Yul, F. 2019. Pengendalian Persediaan Darah Dengan Metode Continuous Review System Pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru | Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan. Available at: https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/photon/article/view/1119 (Accessed: 9 July 2024).

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

1.
Andika R, Sazali H. PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN BRAND IMAGE PMI KOTA MEDAN: STUDI KASUS INSTAGRAM @pmimedan. JIDS [Internet]. 2024Feb.25 [cited 2024Jul.27];8(1):115-26. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/5314

Issue

Section

Articles