PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP POLITISASI CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19)
DOI:
https://doi.org/10.38043/jids.v4i2.2459Keywords:
Politisasi, Pendidikan Politik, Literasi PolitikAbstract
Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) membawa dampak yang luar biasa, salah satunya dalam dunia politik. Terjadi berbagai tanggapan negatif di dunia maya yang menghubungkan wabah ini dengan politik yang sebenarnya tidak ada hubungannya. Dilihat dari kacamata pendidikan, permasalahan ini membawa efek yang tidak baik. Hampir setiap saat, peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan dijejali dengan berita tersebut melalui media sosial. Komentar-komentar kasar menghiasi kolom komentar media sosial sehingga mengganggu psikologi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui pandangan mahasiswa, khususnya mahasiswa keguruan dalam menanggapi politisasi Covid-19 dilihat dari sisi mahasiswa. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Mataram. Sumber data yaitu mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Mataram. Teknik pengambilan data melalui wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap- tahap penelitian yaitu pra lapangan, lapangan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Etika berbagai oknum politisi yang masih rendah dengan mengesampingkan empati dan simpati kepada para korban Covid-19 dengan memanfaatkan wabah tersebut untuk kepentingan pribadi. (2) Literasi politik mahasiswa yang masih rendah sehingga mudah terpengaruh oleh propaganda yang dilakukan oknum politisi. (2) Diperlukan pendidikan politik bagi mahasiswa agar pengetahuan politik mahasiswa mumpuni sehingga tidak terpengaruh oleh berita yang belum tentu kebenarannya
Downloads
References
Bakhtiyar. (2018). Dinamika Literasi Politik Menjelang Tahun 2019: Urgensitas Memahami Perilaku Pemilih Milenial. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 2(2), 65–72.
Bashori, K. (2018). Pendidikan Politik di Era Disrupsi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), 287– 310. https://doi.org/10.32533/02207.2018
Diana, R., Masruri, S., & Surwandono, S. (2018). Etika Politik dalam Perspektif al-Mawardi. Tsaqafah, 14(2), 363. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v14i2.2433
Dudih, S. (2008). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan dan Mahasiswa. Jakarta: Guepedia Publisher.
Dwihantoro, P. (2013). Etika Dan Kejujuran Dalam Berpolitik. 4(2), 13–21.
Faisal, B. A. (2017). Literasi Politik Dan Kampanye Pemilu. FIKOM UP Press.
Ihsan, A. B. (2009). Etika Dan Logika Berpolitik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jiwandono, I. S. (2020a). Dinamika Sosial Sikap Narcisstic Aksi Demonstrasi Mahasiswa Dalam Prospek Demokrasi Indonesia. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, VIII(1), 34–40.
Jiwandono, I. S. (2020b). Pemanfaatan Dan Penggalian Nilai-Nilai Filosofis Wayang Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Mahasiswa Prodi PGSD. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 74–81.
Kartika, D. I. M., & Si, M. (2015). Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Etika Politik Di Indonesia.
Maulana, M. A. K. (2019). Tagar 2019 Ganti Presiden Menurut Teori Simulacra Jean Baudrillard. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-37. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Recoeur, P. (2013). The Moral, The Ethical, And The Political. United Kingdom
Sahid Gatara, A. A., & Nurjaman, K. (2017). Literasi Politik Masyarakat Pesisir Dan Manajemen Partai Politik. JISPO, 7(2), 137–157.
Surbakti, R. (1999). Memahami Ilmu Politik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutisna, A. (2017). Peningkatan Literasi Politik Pemilih Pemula Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
Trinarso, A. P. (2013). Pendidikan Dan Etika Berpolitik. Arete, 2(2). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004