FRAGMENTASI SEMIOTIK MEDIA CETAK LOKAL BERBASIS LOCAL WISDOM NEWS DI BALI (2018)

Authors

  • Made Yeni Sudaryati Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Devi Kalfika Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1738

Keywords:

Media Cetak, Semiotika, Local Wisdom News

Abstract

Berdasarkan data yang dirilis Nielsen Media Research, persentase pembaca koran meningkat dari 13,4% pada awal 2011 menjadi 13,7% pada akhir tahun 2011. Hal ini mengindikasikan bahwa fragmentasi semiotik pada media cetak sepertinya tidak hanya dimaksudkan untuk menarik minat pembaca, tetapi juga menyampaikan identitas atau ciri khas dari sebuah media cetak.Fenomeni ini menjadi sebuah obyek yang menarik untuk diteliti dan dikembangkan dalam bidang ilmu komunikasi. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa unsur semiotik yang terdapat pada media cetak lokal, serta mengetahui karakteristik dan cara media cetak lokal dalam mengadopsi dan mengolah informasi fenomena sosial yang berbasis local wisdom. Secara definitif local wisdom memiliki pengertian yang sama dengan kearifan lokal yang memiliki kecenderungan kelekatan pada budaya dan nilai-nilai kemasyarakatan, khususnya pada masyarakat lokal. Metode penelitian yang relevan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis framing dengan pendekatan teknik penelitian diskriftif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan pendekatan primer melalui wawancara dengan narasumber, observasi lapangan, analisis dokumen dan arsip, serta melakukan aktivitas focus grup discussion pada beberapa kalangan tertentu sebagai konsumen media cetak di Bali. Melalui metode ini diharapkan dapat mengungkap unsur semiotik pada konten media cetak lokal, karakteristik media cetak lokal berbasis local wisdom, dan cara media cetak mengubah fenomena sosial menjadi konten berbasis local wisdom news. Kesimpulan, Bahwa rata-rata media cetak lokal di Bali menggunakan unsur semiotik berupa bahasa atau kata-kata dalam konten judul dan sub judul beritanya. Sedangkan penggunaan unsur semiotik berupa simbol hanya terdapat empat media lokal yang menggunakan ikon kartun sebagai karakter yang memperkuat ciri khas medianya. Ditemukan bahwa unsur semiotik dalam berita mampu mendongkrak nilai berita khususnya pada media lokal Bali yang kental kaitannya dengan unsure budaya, tradisi, kesenian, dan spiritualitas. Ketertarikan pembaca pada media cetak lokal masih dipengaruhi dengan unsure simbolisme dan karakter yang dimunculkan. Diketahui bahwa media cetak lokal di Bali masih memiliki nilai berita yang berbasis local wisdom news pada pengembangan karakteristik medianya melalui rubrik atau kolom-kolom yang khusus diperuntukkan pada berita-berita lokal atau kedaerahan. Diketahui bahwa dalam mengadopsi dan mengolah fenomena menjadi berita yang berbasis local wisdom news, media lokal Bali lebih banyak menggunakan media dalam bentuk straight new dan feature. Hal ini memungkinkan untuk dapat menarik minat pembaca karena dapat menjelaskan secara rinci dan praktis.

Kata Kunci: Media Cetak, Semiotika, Local Wisdom News

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, Burhan H.M. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Grup.

Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Eriyanto. 2002. Analisis Framing: Konstruksi Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS.

Analisis Isi :Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta. Prenada Media Group.

Fiske, John. 2007. Cultural anda Communication Studies: Suatu Pengantar Paling Komprehensif. Terj.Yosal Iriantara dan Idi Subandy Ibrahim. Cetakan Keempat. Yogyakarta: Jalasutra.

Gobyah, I Ketut. 2003. Berpijak Pada Kearifan Lokal.

Ilmu Komunikasi I Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 2012. Perkembangan Teknologi Komunikasi. Malang: Brawijaya.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Cetakan Ketujuh. Depok: Rajagrafindo Persada

Sobur, Alex. 2006. Analisis Teks Media Pengantar Analisis Wacana Analisis Semiotik, dan Analisis Framing.Cetakan Keempat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Semiotika Komunikasi. Cetakan Kelima. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tinarbuko, Sabo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra

Internet:

Balipost.co.id

Published

2019-02-01

How to Cite

1.
Sudaryati MY, Kalfika KD. FRAGMENTASI SEMIOTIK MEDIA CETAK LOKAL BERBASIS LOCAL WISDOM NEWS DI BALI (2018). JIDS [Internet]. 2019Feb.1 [cited 2024Apr.20];3(1):126-40. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/1738

Issue

Section

Articles