INSTAGRAM DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT TONTONAN “GEJAYAN MEMANGGIL”

Rino Andreas

Abstract


Aksi Gejayan merupakan demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa pada 23 September 2019 di Yogyakarta. Mahasiswa melakukan demostrasi sebagai respons terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai merugikan masyarakat dan mengancam semangat demokrasi di Indonesia. Media sosial Instagram kemudian dibanjiri dengan postingan foto-foto terkait aksi demonstrasi dengan tagar #GejayanMemanggil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika yang menganalisis tanda dalam level denotasi dan konotasi, serta menggunakan teori masyarakat tontonan, konsep yang dipopulerkan oleh Guy Debord dalam melihat postingan foto-foto aksi Gejayan. Hasilnya, “Gejayan Spectacle” dilihat sebagai fenomena peserta aksi demonstrasi Gejayan yang aktif merepresentasikan dirinya. Mereka juga membangun citra diri sebagai objek yang dilihat dengan membedakan diri terhadap pengguna lain (distingsi). Disinilah peran ‘citra’ dimainkan sedemikian rupa, konsep ‘tontonan’ yang menyatukan masyarakat, menjelaskan bahwa dalam masyarakat tontonan terdapat keragaman penampilan yang berbeda-beda sebagai produk konstruksi sosial. Tontonan jumlah like/love dan komentar juga menjadi hal menarik ketika pengguna merasa diperhatikan dan dilihat, sehingga muncul kebanggaan. Lebih jauh, Gejayan Spectacle tidak hanya citra yang sengaja ditampilkan, melainkan memiliki nilai-nilai subversif. Foto peserta aksi di Instragam menjadi bentuk perlawanan simbolik dalam ruang cyber terhadap “status quo”                                                                             

Kata Kunci: Gejayan, Instagram, Tontonan, Guy Debord



Keywords


Gejayan, Instagram, Tontonan, Guy Debord

Full Text:

PDF

References


Barker, Chris. (2009).Cultural Studies, Teori dan Praktik. Penterjemah: Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Belasunda, R., & Sabana, S. (2016). Film Indie “Tanda Tanya (?)”, Representasi Perlawanan, Pembebasan, dan Nilai Budaya. Panggung, 26(1).

Boyer, L., Brunner, B. R., Charles, T., & Coleman, P. (2006). Managing impressions in a virtual environment: Is ethnic diversity a self-presentation strategy for colleges and universities? Journal of Computer-Mediated Communication, 12(1), 136-154.

Baudrillard, J. (2004). Simulacra and simulations (p. 121). na.

Debord, G. (1992). The society of the spectacle. 1967. Paris: Les Éditions Gallimard.

Heryanto, A. (2015). Identitas dan kenikmatan. Kepustakaan Populer Gramedia.

Lyford, A., & Payne, C. (2005). Photojournalism, mass media and the politics of spectacle. Visual Resources, 21(2), 119-129.

Hanugraheningtias, A. (2015). Relasi Etika, Bisnis Media, dan Masyarakat Tontonan yang Diciptakanya (Analisis Tayangan Pernikahan Raffi Ahmad-Nagita Slavina). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 90-100.

https://www.inews.id/daerah/yogya/aksi-gejayan-memanggil-ratusan-mahasiswa-di-yogyakarta-mulai-tinggalkan-kampus (Diakses pada 20 Oktober 2019)

https://nasional.tempo.co/read/1251504/cerita-mahasiswa-tinggalkan-urusan-kampus-untuk-gejayan-memanggil/full&view=ok (Diakses pada 20 Oktober 2019)

https://tirto.id/jalan-gejayan-yogyakarta-pernah-jadi-sejarah-demo-mahasiswa-1998-eizA (Diakses pada 20 Oktober 2019)

Muslich, M. (2008). Kekuasaan Media Massa Mengonstruksi Realitas. Jurnal Bahasa dan Seni, 36(2), 150-159.

Ngangi, C. R. (2011). Konstruksi sosial dalam realitas sosial. Agri-Sosioekonomi, 7(2), 1-4.

Putri, E. (2016). Foto Diri, Representasi Identitas Dan Masyarakat Tontonan Di Media Sosial Instagram. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 3(1), 80-97.

Putri, S. A. R. (2016). Media dalam Perspektif Masyarakat Tontonan “Jokowi Spectacle”. Jurnal The Messenger, 7(1), 1-8.

Taufik, T. (2018). Penumbangan Rezim melalui Gerakan Masyarakat Dunia Maya (Media Sosial) di Timur Tengah. Indonesian Journal of International Relations, 2(2), 20-29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Journal Statistic