Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo

Authors

  • Dibyo Susilo Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Welhelmina Lebrinsi Na’at Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.38043/telsinas.v5i2.4336

Keywords:

KRL, Layanan, Pengguna

Abstract

KRL Commuter Line merupakan sarana transportasi umum yang banyak diminati masyarakat. Karena sangat diminati oleh masyarakat, dibutuhkan kajian untuk melihat tingkat kepuasan dan layanan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tingkat kepentingan pengguna, mengetahui kinerja KRL, mengetahui kepuasan pengguna dan mengetahui strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan untuk menentukan kepuasan pengguna KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo. Data diolah menggunakan statistik yaitu uji validitas, uji reliabilitas, metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Instrumen penelitian ini merupakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada 100 pengguna KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo dengan berbagai  latarbelakang, diantaranya usia, jenis kelamin, pendidikan, jarak stasiun dengan rumah responden. Hasil penelitian untuk memperoleh kepuasan pengguna KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo pada uji validitas dan reliabilitas bersifat valid dan reliabel. Pada metode Importance Performance Analysis (IPA) diperoleh tingkat kesesuaian dengan persentase sebesar 95,31% dan pada diagram kartesius tidak terdapat atribut pada kuadran prioritas utama. Pada metode Customer Satisfaction Indeks (CSI) diperole hasil persentase sebesar 86,97%, Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengguna KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo sangat puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Kereta Commuter Indonesia terkhususnya pihak KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo.

References

Ahmadi, TA. 2019. “Evaluasi Layanan Transportasi Publik Kereta. Rel Listrik Commuter Line di Jabodetabek”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Anggraini, L. D., & Deoranto, P. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index. Jurnal Teknologi dan Manajemen AgroIndustri 4: 74-81.

Asfiraton, AEKJ. (2013). Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kinerja PT.Kereta Api Indonesia (Persero) (KRL Commuter Line Jakarta Kota – Bogor). Proceeding Pesat (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil) , 350-357

Fachrian, F. A., & Ode, S. (2018). Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Kereta Commuter Indonesia di Wilayah Jabodetabek. Journal of Government, 1- 21.

Fattah Zulkifli dan Syahputra (2016). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan di KRL Commuter Line Jabodetabek Gerbong Khusus Wanita (Studi pada PT KAI Commuter Line Jabodetabek Rute Bogor – Jakarta Kota)

Deviani. V, dan R. A. Rizko. 2016. Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Potential Gain in Customer Value. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 2, No.2. Riau..

Ika Setyaningsih, R. (2010). Presepsi Dan Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Api Prameks. Simposium Nasional Rapi Ix 2010, 176-184.

James, J. (1977). Importance Performance Analysis. Jurnal Of Marketing, 77-79.

Jayanti, N. Y. (2013). Kualitas Pelayanan KRL Commuter Line Rute JakartaBogor Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.

Nurmalasari, & Dinhar, A,” Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Commuter Line Parung Panjang,” Jurnal Cakrawala, vol. 18, no. 2, 2018, pp. 131-139.

Setianingrum, H. W. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Kereta Api Commuter Line Jabodetabek pada Stasiun Bogor. Cakrawala, 51-58.

Sherly Oktafia Damayanti, Imma Widyawati Agustin, Septiana Hariyani. (2022). Evaluasi Kinerja Pelayanan Commuter Line Rute Surabaya-Pasuruan. Malang: Universitas Brawijaya.

Suryanto, D. A., & Violin, I. (2006). Analisa Pelayanan Kereta Komuter Jabodetabek Dengan Metode Importance Performance Analysis. Depok: Universitas Gunadarma.

Zefri, Mutiara Jundillah Maharani. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan KRL Commuter Line di Stasiun Bekasi. Jakarta (ID). Fakultas Teknik. Universitas Krisnadwipayana.

Zulfiqhi, M. F. (2013). Penilaian Penumpang Kereta Listrik Commuter Line mengenai Kualitas Pelayanan Pola Operasi Single Operation. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

1.
Susilo D, Na’at WL. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo. TELSINAS [Internet]. 2022Aug.25 [cited 2024Dec.22];5(2):165-76. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/4336

Issue

Section

Articles