Analisis Kapasitas Box Girder Dengan Metode Sectional Approach
Keywords:
Box Girder, Capacity, Sectional Approach, Transverse MomentAbstract
Box girder merupakan salah satu elemen struktur yang banyak diterapkan dalam pembangunan jembatan bentang panjang. Pada kasus Jembatan Musi V, box girder mengalami kondisi istimewa dimana momen transversal yang terjadi cukup besar akibat asumsi boundary rolled, sehingga struktur berperilaku seperti kantilever. Untuk mengevaluasi kapasitas struktur dalam menahan momen transversal dan longitudinal, maka box dianalisis dengan pendekatan metode sectional approach. Analisis memperhitungkan pengaruh momen longitudinal dan transversal serta mempertimbangkan kontribusi tulangan dan tendon dalam menentukan kapasitas box girder. Dalam pemodelannya, analisis dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu linier dan nonlinier yang digambarkan berdasarkan materialnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan konfigurasi tulangan dan tendon yang sesuai dengan rencana maka dapat diketahui bahwa box girder mampu menahan momen transversal, dan momen longitudinal yang terjadi pada jembatan. Selaian itu, dengan menggunakan metode sectional approach, dapat memberikan gambaran bahwa efek gaya prategang yang diberikan pada struktur berkontribusi terhadap berkurangnya kapasitas aksial tekan namun dapat meningkatkan kapasitas aksial tarik pada box jembatan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reinforcement Review in Civil Engineering Studies and Management

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.