MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT BR. TIMBUL MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN KREATIF DARI BERAGAM BAHAN KAYU DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ni Gusti Ayu Suardani Universitas Pendidikan Nasional
  • I Wayan Dikse Pancane Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa keingintahuan peneliti mengetahui dan memahami upaya masyarakat Br. Timbul dalam meningkatkan ekonomi, dimasa pandemi covid-19 saat ini yang sangat memberikan dampak buruk terhadap perekonomian. Banyak para pekerja yang dirumahkan sehingga tidak adanya penghasilan yang didapatkan oleh para karyawan yang dirumahkan. Sehingga masyarakat Br. Timbul mengembangkan usaha kerajinan tangan kreatif dari beragam bahan kayu untuk meningkatkan pendapatan mereka. Daerah Br. Timbul merupakan salah satu daerah seni kerajinan yang masih menjadi daya tarik hingga saat ini. Kerajinan yang masih dominan di sukai oleh konsumen saat ini adalah kerajinan seni patung. Dengan mengembangkan kerajinan seni patung maka beberapa karyawan yang dirumahkan tersebut dapat membuka peluang usaha sebagai perajin untuk penghasilan tambahan. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pembinaan dan pendampingan untuk memperlancar proses produksi sehingga mampu menghasilkan patung berbasis dari beragam bahan kayu dengan kuantitas serta kualitas tinggi agar dapat membantu peningkatan kesejahteraan usaha serta masyarakat sekitar. Untuk memperoleh data yang diteliti, maka jenis penelitian yang digunakan adalah observasi partisipan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Observasi dilakukan di Br. Timbul, Desa Pupuan, Kecamatan Tegalalang, Gianyar. Hasil penelitian ini nantinya diharapkan mampu memberikan masukan dan bantuan secara moril kepada masyarakat Br. Timbul dalam usaha meningkatkan ekonomi mereka. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi Pemerintah Gianyar untuk memajukan usaha kecil atau rumahan yang berbasis kebudayaan dan kesenian.

Keywords : Society Br. Timbul, Sculpture Crafts, Covid-19.

References

Artikel Dampak Virus Corona Terhadap Dunia. Nuansa, Availabe at (https://www.simulasikredit.com/dampak-pandemi-virus-corona-terhadap-dunia/) Access date: 17 Juni 2020

Contoh Menetapkan Harga Pokok Produksi. Nuansa, Availabe at (http://dasar2akuntansi5005.blogspot.com/2015/07/contoh-menetapkan-harga-pokok produksi.html?m=1) Access date: 7 Juli 2020

Irianto, Aloysius. 2015. Pemanfaatan Media Sosial untuk meningkatkan Market Share UKM. Jurnal TEKNOMATIKA Vol. 8, No. 1.

Nurjanah, Devy Ika. 2020. Pemanfaatan Limbah Kayu dalam Industri Kreatif Patung Kuda di Yogyakarta. Jurnal Studi Kultural (2020) Volume V No.2: 28-33

Nuritanti, Widya. 2019. Peran Media Sosial Dalam Perkembangan Industri Kreatif. Jurnal Penelitian Volume 11, No. 2, Agustus 2019, pp. 101-107.

Pamungkas, Diyah. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Kerajinan Kayu Antik Untuk Memasarkan Produk Di Pasar Domestik Pada CV. Bima Bantuk Yogyakarta. Naskah Publikasi.

Romdonny, Jefry, dkk. 2018. Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. IKRAITH EKONOMIKA Vol. 1 No. 2 Bulan November 2018.

Saraswati, Ni Putu Ayu Sintya, dkk. 2018. Program Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Dan Kuatitas Produksi Patung Berbasis Limbah Di Desa Singapadu, Gianyar, Bali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol. 2, No. 1, November 2018.

Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Suryana, Wawan & Sukayasa, Komang Wahyu. 2008. Kajian Kria Kontemporer Bali (Studi Kasus Kerajinan Patung Pop Art Di Desa Tegalalang). Laporan Penelitian.

Telagawathi, N L, dkk. 2016. Pemberdayaan Industri Kecil Kerajinan Tangan Melalui Pengembangan Kewirausahaan Di Kabupaten Gianyar, Bali. Jurnal Senari ISBN 978-602-6428-04-2: Desnpasar.

Umar, Abdullah. 2016. Peranan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bagi Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Penelitian ISBN: 978-602-72850-1-9.

Downloads

Published

2021-09-21

Issue

Section

Artikel