Guidelines

1. Judul tidak boleh lebih dari 14 kata; harus jelas, singkat, dan informatif. Singkatan harus dihindari.

2. Abstrak, Ketik abstrak Indonesia dan Bahasa Inggris. tidak boleh lebih dari 250 kata, dalam satu alinea tanpa acuan (referensi) tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Uraian abstrak berisi:latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode pelaksanaan, simpulan, teknik analisis, hasil kegiatan, dan implikasi penelitian. Diketik dengan font Arial Narrow huruf 11, spasi tunggal, dan dicetak miring.

3. Pendahuluan, Pendahuluan diketik dengan huruf besar [font Arial Narrow 14 bold] berisi latar belakang permasalahan, urgensi dan rasionalisasi kegiatan, tinjauan pustaka, rencana pemecahan masalah, tujuan kegiatan, dan pengembangan hipotesis (jika ada). Komposisi pendahuluan (10 – 15) % dari total halaman artikel. Catatan untuk penulis: Panjang artikel antara 4000-6000 kata (termasuk kepustakaan, catatan-catatan, dan tabel). Setiap artikel akan diuji keplagiatan/jiplak. Artikel diketik dengan format Microsoft Office Word. Dengan menggunakan font Arial Narrow ukuran 11, spasi tunggal di kertas A4. Penulis dapat mengirimkan dan mendaftarkan artikel melalui online OJS Jurnal di laman websit http://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta.

4. Metode, Metode penelitian menjelaskan tentang: metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian. Metode diuraikan dengan jelas dan terperinci.  Metode penelitian dengan komposisi 8 – 10 % dari total halaman artikel.

5. Hasil dan Pembahasan, Menjelaskan tentang hasil atau luaran pengabdian bisa berupa peningkatan pengetahuan, keterampilan atau berupa produk. Hasil juga mengemukakan tingkat ketercapaian target kegiatan. Jika berupa benda perlu ada penjelasan spresifikasi produk, keunggulan dan kelemahannya. Penulisan luaran perlu dilengkapi foto, tabel, grafik, bagan, gambar dsb. Pembahasan disampaikan secara berurutan sesuai dengan urutan tujuan yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.  Pembahasan disertai argumentasi yang logis dengan mengaitkan hasil PkM dengan teori, hasil PkM yang lain dan atau hasil penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan dengan komposisi 50 – 60% dari total halaman artikel.

6. Simpulan dan Saran, Ditulis secara ringkas tetapi menggambarkan substansi hasil pengabdian dan saran atau rekomendasi untuk kegiatan pengabdian berikutnya. Simpulan dengan komposisi 5 – 10% dari total halaman artikel.

7. Daftar Pustaka, Daftar pustaka minimal 10 ditulis berdasarkan model APA 7th (American Psychological Association. Menggunakan Reference manager Mendeley untuk memudahkan dalam editing dan review. Sumber-sumber yang dirujuk dan minimal 80% berupa pustaka terbitan 5 tahun terakhir jurnal nasional/internasional dan penulis wajib melakukan sitasi minimal 2 artikel dari Jurnal Universitas Pendidikan Nasional sesuai dengan judul artikel terkait.

Artikel Template LINK
Panduan Submission LINK