STRATEGI KOMUNIKASI DOSEN DALAM BAHASA INGGRIS DI INTERNATIONAL OFFICE DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN NASIONAL DENPASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa strategi komunikasi yang digunakan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris di International Office Undiknas Denpasar; (2) mendeskripsikan usaha dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris; dan (3) mendeskripsikan persepsi dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tentang berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam bisnis. Subyek adalah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Data diperoleh dengan menggunakan non-participant observation dan in-depth interview. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif dan kualitatif. Hasil analisis yang telah didapatkan adalah sebagai berikut: (1) terdapat dua macam strategi komunikasi yang telah digunakan, yaitu: modification device dan L2 – based, dan yang sering muncul adalah modification devise, dimana ini menjaga komunikasi agar berjalan lancar; (2) terdapat lima usaha untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yaitu: belajar bahasa Inggris dengan dosen bahasa Inggris, menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, belajar lebih intensif, berlatih terus menerus, belajar bahasa Inggris dengan berbagi atau bertanya kepada dosen bahasa Inggris; dan (3) dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis setuju bahwa bahasa Inggris itu penting dalam bisnis untuk beberapa alasan, terutama: untuk melancarkan komunikasi apabila nanti berhadapan dengan klien atau rekan yang berasal dari luar negeri, untuk lebih mudah melakukan surat menyurat dalam bisnis, dan untuk bisa memahami perkembangan bisnis saat membaca artikel bisnis berbahasa Inggris. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah kurangnya waktu penelitian dan pengambilan sampel data yang masih minim sehingga diharapkan peneliti selanjutnya bisa menggunakan sampel dan kajian yang lebih banyak.