Analisis Dampak Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Kebun Raya Bogor

Authors

  • Rima Pratiwi Batubara Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor
  • Amelia Mega Fitri Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v8i1.4193

Keywords:

Kebun Raya Bogor, Fasilitas, Kepuasan Berkunjung

Abstract

Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata unggulan di Kota Bogor yang memiliki daya tarik tersendiri dan juga dilengkapi dengan fasilitas untuk pengunjung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung di Kebun Raya Bogor. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dan mengunakan analisis data statistik deskriptif dengan maksud menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilakukan melalui pengumpulan data dari lapangan guna memprediksi dan menjelaskan hubungan atau pengaruh dari suatu variabel ke variabel lainnya. Data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang pernah berkunjung ke Kebun Raya Bogor menggunakan sampel non probability dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji coba instrumen yaitu uji validitas, realibilitas, uji normalitas, regresi sederhana, uji hipotesis uji korelasi dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari hasil uji hipotesis (Uji T) yang dilakukan oleh Peneliti menghasilkan Thitung 16.149 > Ttabel 1,98447. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung. Sehingga semakin meningkat nya kualitas Fasilitas maka semakin berpengaruh terhadap Kepuasan Pengunjung di Kebun Raya Bogor. Terdapat pengaruh Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Kebun Raya Bogor dengan nilai koefisiensi korelasi sangat kuat dan signifikan antara Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung. Nilai koefisien determinasi tersebut sebesar 72,7%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 5(2), 180–194.

Ali, A. S., Wahyudi, B., Karnelis, & Basriwijaya, K. M. (2022). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Wisata Hutan Mangrove Kota Langsa. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(5), 2207–2215.

Anjani, A. N., & Ariastita, P. G. (2021). Evaluasi Penerapan Konsep Universal Design di Stasiun Surabaya Gubeng. Jurnal Teknis, 10(2), 169–174.

Batubara, R. P. (2020). Strategi Pengembangan Oukup Sebagai Ekowisata Kesehatan Kabupaten Karo. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(2), 121–132.

Batubara, R. P., & Putri, D. A. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jurnal Industri Pariwisata, 4(2), 94–101.

Farhan, M. S., & Chair, I. M. (2021). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Objek Wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Fuad, Z., Ramdlani, S., & Soekirno, A. (2017). Pengembangan Fasilitas Wisata Di Kawasan Pantai Pancer Door Kabupaten Pacitan. Jurnal Mahasiswa Departemen Arsitektur, 5(1).

Korry, P. D. (2020). Eksplorasi Niat Perilaku Wisatawan Dengan Pengujian Model Technology Acceptance Model Dan Theory of Planned Behavior. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 137–148.

Mendrofa, Y., & Zalukhu, Y. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Museum Pusaka Nias Kota Gunungsitoli. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 9(2), 647–656.

Sari, I. M., Sukiswo, & Rihana, T. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Objek Wisata Konservasi Gajah Kabupaten Aceh Jaya.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

UU No. 10 Tahun 2009.

Widiantari, N. P. T., Masyhudi, L., Ulfa, I., Idrus, S., & Martayadi, U. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Destinasi Wisata Aik Nyet Desa Buwun Sejati. Journal of Responsible Tourism, 2(2), 379–392.

Wulandari, A., Cakranegara, P. A., Widjajanti, W. W., & Vergara, A. Y. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Kabupaten Pesisir Selatan. Fair Value?: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 5339–5344.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

1.
Batubara RP, Fitri AM. Analisis Dampak Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Kebun Raya Bogor. j.imb [Internet]. 2023Jun.25 [cited 2024Dec.27];8(1):24-31. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/4193

Issue

Section

Articles