MINAT INDIVIDU TERHADAP PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEE PAYLATER BERBASIS MODIFIED TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL
DOI:
https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3950Keywords:
E-Wallet, Technology Acceptance Model (TAM), Attitude, Intention to UseAbstract
Minat Individu Terhadap Penggunaan E-Wallet Shopeepay Later Berbasis Modified Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan e-wallet shopee paylater dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada 1989. Faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan E-Wallet Shopee Paylater dalam penelitian ini adalah Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Attitude, dan Intention to Use. Penelitian ini dilakukan di Bandar Lampung dengan menggunakan metode survei. Peneliti telah memperoleh respon sebanyak 120 orang pengguna yang menggunakan E-Wallet Shopee Paylater. Analisis dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan program Smart-PLS. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk sikap berpengaruh terhadap minat individu untuk menggunakan E-Wallet Shopee Paylater. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan E-Wallet Shopee Paylater dipengaruhi oleh sikap, serta variabel sikap dipengaruhi oleh Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak induk perusahaan Shopee (Seagroup) dan analisis E-Wallet Shopee Paylater agar memperhatikan kembali faktor-faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan E-Wallet Shopee Paylater.
Downloads
References
Hardhika, R. E., & Huda, M. A. (2021). Pengalaman Pengguna Paylater Mahasiswa di Surabaya. Commercium, 4, 19–32.
Abrilia, N.D., & Sudarwanto, T. (2020) Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) ,8 (3).
Adyas, D., & Ainurahmah, R. (2019) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Indomaret di Rest Area Km 35 Sentul Kabupaten Bogor. Economicus, 10 (2), 135-144.
Abusan, Risani A. D. 2014. Determinan Tindakan Individu Dalam Penggunaan Pembelian Secara Online. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis.
Al-Somali, S.A, Gholami, R., and Clegg, B. 2008. An investigation into th acceptance of online banking in Saudi Arabia. Technovation, vol. 29, pp.130 141.
Davis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. Volume 13, Nomor 3, hlm. 319 340.
Davis FD, Bagozzi RP. 1992. Extrinsic and intrinsic motivation to use computers In the workplace. Journal of Applied Social Psychology. pp. 1111–1132.
Goenardi, S. B., 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli pada tiket online kereta apa di Surabaya
Hartono. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Hartono, J.M. 2007. Sistem Informasi keperilakuan. Yogyakarta : Erlangga
Hartono, J.M. dan Willy A. 2009. Konsep dan Aplikasi PLS untuk penelitian empiris.
Yogyakarta: BPFE.
Hall, james A. 2009. Sistem informasi akuntansi. Buku 1, Edisi kelima. Jakarta : Andi Yogyakarta.
Hilman, C., Sitinjak, T., 2010 , Analisis Faktor-Faktor yag mempengaruhi sikap dan minat berbelanja melalui berbelanja melalui online pada mahasiswa IBII. Institut Bisnis dan Informatika Jakarta
Hm, Jogiyanto. 2011.Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling Berbasis Varian Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta : UPP STIM YKPN
Igbaria, M., A. Chakrabarti. 1990. Computer anxiety and attitudes towards microcomputer use. Behaviour Inform. Tech. 9(3) 229–241.
Mahendra, Thatit. 2014. Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking: Pendekatan Modified Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis.
Muflikha, E.2011.pengaruh sikap, persepsi kegunaan, norma subyektif, kepercayaan terhadap minat keperilakuan penggunaan sistem e-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis
Mulyadi. 1993. Sistem Akuntansi, edisi k-3. STIE YKPN, Yogyakarta
Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Edisi Kelima. Yogyakarta : Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Panggalih, Guriting Restu. 2013. Minat Individu Terhadap Penggunaan Internet Banking: Pendekatan Modified Theory Of Planned Behavior. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis
Ramadhani, R. 2008. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking di Semarang : Dengan Menggunakan Pendekatan TAM. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Ramayah dan Ignatius, 2005. “Impact of Perceived usefulness, Perceived ease of use and Perceived Enjoyment on Intention to shop online.” Universiti Sains Malaysia.
Rendragaha, Aditya. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E- Commerce dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance (TAM). Skripsi. Surabaya : Sekolah Tinggin Ilmu Ekomomi Perbanas.
Sarasmitha, Citra. 2014. Penggunaan Internet Sebagai Media Sumber Literatur oleh Mahasiswa Program Magister: Pendekatan Model TAM (Technology Acceptance Model) yang Dimodifikasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis.
Sari, Wulan Meita. 2014. Sikap Penggunaan Mobile Commerce: Modifikasi Teori Technology Acceptance Model. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis.
Sekaran, Uma. 2006. Research Methods for Business : A Skill Building Approach. PT.Jakarta : Elex Media Komputindo.
Tjini Ayu, S.2013.pengaruh kepercayaan,persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kenyamanan terhadap miat penggunaan sistem internet banking. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis.
Venkatesh, Moris, M.G., Davis, G.B., and Davis F.D. 2003. User Acceptance of InformationTechnology: Toward a Unified View. MIS Querterly, Vol.27, No.3, September.
Wibowo, A. 2007. Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur.
Yolanda, A.2014.Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahaan, Persepsi Kenyamanan, dan Norma Subjektif Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce (E-commerce). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anggalia Wibasuri, Mieke Rahayu, Ni Wayan Cahaya Adi, I Made Yuda Suryawan Yuda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.