EKSPLORASI NIAT PERILAKU WISATAWAN DENGAN PENGUJIAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (STUDI KASUS PADA ONLINE TRAVEL AGENT)
Abstract
Selama ini kita melihat sudah banyak peneliti yang meneliti mengenai Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) terhadap niat perilaku yang berhubungan dengan e-commerce. Akan tetapi yang meneliti mengenai penggabungan kedua model tersebut dengan niat perilaku wisatawan dalam menggunakan sebuah teknologi itu belum ada. Pada penelitian penelitian saat ini berfokus pada niat perilaku wisatawan yang berkunjung ke Bali dengan menggunakan Online Travel Agent (OTA) dan dilihat juga dari perspektif gender. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan metode purposive sampling untuk teknik pengambilan sampelnya dengan kriteria wisatawan yang berasal dari luar Bali dan menggunakan jasa Online Travel Agent (OTA) untuk berkunjung ke Bali. Teknik analysis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modelling (SEM) yang menggunakan software Smart PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap terhadap perilaku tidak berpengaruh terhadap niat perlaku, gender dalam sikap terhadap perilaku berpengaruh negatif terhadap niat perilaku,normasubjektifberpengaruhpositifdansignifikanterhadapniatperilaku, gender dalam norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku, kontrol perilaku persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku, gender dalam kontrol perilaku persepsian tidak berpengaruh terhadap niat perilaku, kegunaan persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap terhadap perilaku, gender dalam kegunaan persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap terhadap perilaku, kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap terhadap perilaku, gender dalam persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap sikap terhadapperilaku.
Kata Kunci : Technology Acceptance Model (TAM), Theory of Planned Behavior (TPB), Online Travel Agent (OTA), Niat Perilaku, Gender
Downloads
References
Ajzen, I. 1988. Attitudes, Personality, and Behavior. Milton-Keynes, England: Open University Press & Chicago, IL: Dorsey Press
Ajzen, I., 1991, The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes
Ajzen, I., & Fishbein, M., 1975, Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, 129-385, Addison-Wesley, Reading, MA.
Ajzen, I., 2005, Attitudes, Personality and Behavior, 2nd Edition, McGraw-Hill Professional Publishing, Berkshire, GBR.
Abdoelmaged, Mohamed Gamal, 2009. Predicting e-procurement adoption in a developing country : An empirical integration of technology acceptance model and theory of planned behavior. Ajmad University of Science and Technology, United Arab EMIRATES
Ardhiani, Lisa Noor, 2015, Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Penggunaan Quipperschool.Com Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Dan Theory Of Planned Behavior (Tpb) Di Sma Negeri 7 Yogyakarta, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Amber S. Emanuel, Scout N.Mc.Cully, Kristen M.Gallagher, John A.Updegraff.2012. Theory of Planned Behavior explains gender differences in fruit and vegetable consumption. Departement of Psychology.Kent State University. Kent.USA
Australian Tourism Data Wirehouse. 2013.Tutorial 39a On Line Travel Agents 101.Australia: Australian Tourism Data Warehouse.
Davis, F. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly (13:3), pp. 319- 339.
Feldman, Robert S. 1995. Social Psychology. New Jersey : A Simaon & Schuster Company. Englewood Cliffs.
Janal,D.S.2005. Online Marketinghandbook : how to sell, advertise, publicize and promote your products and services on the internet and commercial online system. NewYork : Van Nostrand Reinhold
Kreitner, Robert and Angelo Kinicki, 2001. Organizational Behavior. Fifth Edition.
Irwin McGraw-Hill.
Leong Lai-Ying, Keng-Boon Ooi, Alain Yee-Loong Chong, Binshan Lin. 2013. Modelling The Stimulators of the Behavioral Intention to use mobile entertainment : does gender really matter? Computers in Human Behavior
Muslim Amin, Sajad Rezaei, and Firouseh Shajari Tavana. 2015. Gender differences and consumer repurchase intention : the impact of trust propensity, usefulness and ease of use for implication of innovative online retail. Int.j.Innovation and Learning, Vol.17
Ramadqan, Mohamad Insan dan Dewi Sri Andika Rusmana, 2017. Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. Universitas Tujuh Belas Agustus 1945, Surabaya.
Ruizsalba Jose, Maria Valespin, Victor Martin, Miguel Molina. 2014. The moderating role of gender entrepreneurial intentions : A TPB perspective. The Claude Littner Bussiness School. University of West London.
Saha, G, C., & Theingi., 2009, Service Quality, Satisfaction, and Behavioral Intentions: A Study of low cost Airline Carriers in Thailand. The TQM Journal
Wijaya, Stevanus Wisnu. 2016. Media Sosial bagi Desa Wisata: Sebuah Kajian Konseptual. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta