EFEKTIVITAS PERANAN LEMBAGA BANTUAN HUKUM TERHADAP PENANGANAN PERMASALAHAN PHK TENAGA KERJA DI PROVINSI BALI

Authors

  • Ni Ketut Elly Sutrisni Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.38043/jah.v1i2.412

Abstract

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBHI) LBH Bali mencatat setidaknya sepanjang tahun 2017 terdapat 9 kasus yang diadvokasi dan 3 kasus diantaranya adalah kasus PHK yakni kasus PHK di Sky Garden, Saba Villa dan PT ESC Urban Food Station. Gugatan yang diajukan oleh para penggugat atau pekerja adalah terkait dengan hak-hak pekerja yang belum dipenuhi oleh perusahaan yakni, uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, uang penggantian hak dan upah yang belum dibayar atau upah proses, sehingga diperlukan penelahaan terhadap efektivitas peranan lembaga bantuan hukum terhadap penanganan permasalahan PHK tenaga kerja di Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan melakukan wawancara terhadap informan dan responden. Efektivitas peran YLBHI LBH Bali dan LBH lainnya dalam menjalankan UU bantuan Hukum sangatlah berpengaruh terhadap penanganan masalah ketenagakerjaan di Bali baik secara litigasi maupun non litigasi. mengingat kebutuhan para pekerja/ buruh untuk mengakses keadilan dalam rangka terpenuhinya hak-hak mereka sebagai pekerja/ buruh.

Kata Kunci: Lembaga Bantuan Hukum, Pemutusan Hubungan Kerja, Tenaga Kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrani,Julius, 2013, Bantuan Hukum (Bukan Hak Yang Diberi), YLBHI, Jakarta.

Pujiyo, Ugo, , Hukum Acara Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, Sinar Grafika, Jakarta.

Soekanto,Sarjono, 2008,Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penegakan Hukum, PT . Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Waluyo,Bambang, 2016, Penegakan Hukum DI Indonesia, Sinar Grafika, Jakarta.

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Verboden Voor Honden EnInlandesrs (Catatan 40 Tahun Pasang Surut Keadilan), Institut studi Arus Informasi, Jakarta.

Published

2020-09-30

How to Cite

1.
Sutrisni NKE. EFEKTIVITAS PERANAN LEMBAGA BANTUAN HUKUM TERHADAP PENANGANAN PERMASALAHAN PHK TENAGA KERJA DI PROVINSI BALI. JAH [Internet]. 2020Sep.30 [cited 2024May20];1(2):352-6. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/JAH/article/view/412

Issue

Section

ARTIKEL