TANGGUNG JAWAB HUKUM PERUSAHAAN JASA PENGANGKUTAN BARANG DALAM TERJADINYA WANPRESTASI (Studi Kasus PT.Adhya Avia Prima Cabang Bali)

Authors

  • I Ketut Alit Wiranata PT. Adhya Avia Prima Bali

DOI:

https://doi.org/10.38043/jah.v2i2.2561

Keywords:

Tanggung Jawab Hukum, Pengangkutan, Wanprestasi.

Abstract

Pengangkutan barang atau paket barang di Indonesia  meliputi darat, lautdan udara. Dengan adanya Jasa pengangkutan barang membuat konsumen dapat berbebelanja dimanapun dan kapanpun. Hal tersebut membuat konsumen merasa di untungkan, namun disisi lain, berbelanja menggunakan jasa pengangkutan barang, dapat menimbulkan dampak negatif  bagi konsumen seperti terjadinya wanprestasi, dimana barang dapat rusak, hilang dan terlambat dalam pengirimannya. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana tanggung jawab perusahaan jasa pengangkutan barang dalam terjadinya wanprestasi serta penyelesaian atas terjadinya wanprestasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tanggung jawab hukum perusahaan jasa pengangkutan barang dalam terjadinya wanprestasi serta penyelesaian terjadinya wanprestasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian hukum yuridis-empiris dan hasil dari penelitian ini yaitu tanggung jawab hukum PT. Adhya Avia Prima dalam terjadinya wanprestasi serta upaya penyelesaian terjadinya wanprestasi. Bahan hukum yang digunakan penulis yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan penulis adalah dokumentasi dan wawancara. Untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini, penulis menggunakan tinjauan umum aspek hukum dalam pengiriman barang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Achmad, 2013, Menjelajah Kajian Empiris Terhadap Hukum , Kencana, Jakarta.

Miru, Ahmadi, 2007, Hukum Kontrak dan Perancangan Kontrak, Rajawali Pers, Jakarta.

___________, 2011, Prinsip-Prinsip Perlindungan Hukum bagi Konsumen di Indonesia, Cetakan Pertama, ed I, Rajawali Pers, Jakarta, hlm 2.

Muhammad, Abdulkadir, 2004, Hukum dan Penelitian Hukum, Cet.1 PT. Citra Aditya Bakti,Bandung.

____________________,2008, Hukum Pengangkutan Niaga, Cetakan Ke IV, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Staatsblaad Nomor 23 Tahun 1847)

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 96, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 5025).

Published

2020-09-23

How to Cite

1.
Wiranata IKA. TANGGUNG JAWAB HUKUM PERUSAHAAN JASA PENGANGKUTAN BARANG DALAM TERJADINYA WANPRESTASI (Studi Kasus PT.Adhya Avia Prima Cabang Bali). JAH [Internet]. 2020Sep.23 [cited 2024Jul.22];2(2):262-7. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/JAH/article/view/2561

Issue

Section

ARTIKEL