ANALISIS METODE PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN PADA STMIK STIKOM INDONESIA

Authors

  • Wayan Eny Mariani STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v5i1.2495

Abstract

Penanaman konsep kewirausahaan salah satunya dapat dilakukan melalui pendidikan kepada generasi muda. Pendidikan tinggi merupakan jenjang terakhir dari pendidikan formal. Pendidikan tinggi turut berperan dalam menciptakan sumber daya manusia yang lebih berkualitas. STMIK STIKOM Indonesia merupakan sekolah tinggi berbasis teknologi informasi yang menyelenggarakan mata kuliah kewirausahaan untuk menanamkan konsep kewirausahaan pada mahasiswanya. Semakin baik penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan akan mampu memperbesar minat mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia untuk berwirausaha setelah menyelesaikan pendidikan tingginya. Maka diperlukan suatu analisis mengenai efektivitas penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan di STMIK STIKOM Indonesia yang nantinya akan dapat berperan dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di mana penelitian dilakukan pada kondisi natural dari objek yang diteliti. Metode pembelajaran yang telah berjalan dianalisis dengan metode logic model untuk dapat mengetahui efektivitas pelaksanaan perkuliahan kewirausahaan di STMIK STIKOM Indonesia. Tahap pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari pembuatan logic model perkuliahan kewirausahaan yang sedang berjalan, evaluasi kesesuaian proses dengan outcome yang diharapkan, dan pemilihan metode pembelajaran. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan metode pembelajaran mata kuliah kewirausahaan yang telah berjalan telah menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia dan metode pembelajaran mata kuliah kewirausahaan yang telah berjalan belum memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktikkan berbisnis di dunia nyata.

References

Aprilianty, Eka. 2012. Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, Nomor 3, November 2012: 311-324.

Fahmi, Irham. 2014. Kewirausahaan Teori Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Fayolle, A., & Liñán, F., 2013. The Future of Research on Entrepreneurial Intentions. Journal of Business Research 67(5),663–666.

Frechtling, Joy. A. 2007. Logic Modeling Program Evaluation. (1st ed). Jossey – Bass. United State of Amerika. John Wiley & Sons. Inc.

Karimi, S., Biemans, H. J. A., Lans, T., Mulder, M. & Chizari, M., 2014. The Impact of Entrepreneurship Education: A Study of Iranian Students’ Entrepreneurial Intentions and Opportunity Identification. Journal of Small Business Management.

Kasmir. 2011. Kewirausahaan, Edisi revisi 6. Jakarta: Rajawali Persada.

Kellog, WK. (2004). Logic Model Development Guide. Michigan : Battle Creek

Mumtaz, B.A.K, Munirah, S., & Halimahton, K. 2012.The Relationship between educational support and entrepreneurial intentions in Malaysian Higher Learning Institution, Procedia - Social and Behavioral Sciences,69, 24: 2164-2173.

Moriano, J. A., Gorgievski, M., Laguna, M., Stephan, U., & Zarafshani, K., 2012. A cross-cultural approach to understanding entrepreneurial intention. Journal of Career Development, 39(2), 162-185

Neck, H. M., & Greene, P. G. (2011). Entrepreneurship education:Known worlds and new frontiers. Journal of Small BusinessManagement, 49, 55–70.

Saludung, Jokebet. 2011. Pengembangan dan Penerapan Logic Model pada Program Pembelajaran Penguatan Vocational Life Skills Berbasis Wirausaha. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 18, Nomor 1, April 2011:1-10.

Sanders, J.R. & Sullins, C.D. 2006. Evaluating School Programs: An educator’s. (3rd ed.). California: A SAGE Publications.Sanders & Sullins (2006).

Suherman, Eman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Turker, D., & Selcuk, S.S. 2009. Which factors affect entrepreneurial intention of university students?. Journal of European Industrial Training. 33(2),142 – 159.

Urbano,D., & Aparicio, S. 2015. Entrepreneurship capital types and economic growth: International evidence, Technological Forecasting and Social Change.

Welsh, Dianne H.B., Tullar, William L., Nemati, Hamid. 2016. Entrepreneurship education: Process, Method, or both?. Journal of Innovation & Knowledge 1, March 2016:125-132.

Downloads

Published

2020-07-14

Issue

Section

Articles