Implementasi Kebijakan Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) di Kabupaten Brebes

Authors

  • Ikhsan Fauzi Gunawan Putra Universitas Islam Sultan Agung
  • Rachmat Mudiyono Universitas Islam Sultan Agung
  • Imam Wahyudi Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.38043/telsinas.v7i1.4984

Keywords:

Andalalin, Implentasi Kebijakan, Hambatan dan Solusi Strategis

Abstract

Pembangunan perumahan yang pesat pada Kabupaten Brebes menjadi latar belakang dalam diperlukannya studi Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) untuk mengetahui besaran dampak lalu lintas yang ditimbulkan oleh pembangunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Implementasi Kebijakan Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku khususnya untuk perumahan di Kabupaten Brebes; Menilai hambatan apa sajakah yang dihadapi pada implementasi kebijakan; dan Memberikan solusi strategis yang diprioritaskan dalam menghadapai hambatan utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed methods yang menggunakan desain tipe explanatory yang termasuk dalam model sequential (urutan). Penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Brebes sudah melaksanakan tiap butir komponen peraturan dalam Implementasi Kebijakan ANDALALIN untuk perumahan namun terdapat beberapa kekurangan yang bersifat administratif dan dibutuhkan tindak lanjut. Tujuh aspek yang digunakan dalam mengevaluasi hambatan dalam implementasi kebijakan ini adalah Aspek Sosialisaai atau Forum, Aspek Standar Operasional Prosedur (SOP), Aspek Kewenangan Status Jalan, Aspek Website Andalalin, Aspek Sumber Daya Manusia (SDM), Aspek Monitoring dan Evaluasi, dan Aspek Sanksi. Dari hasil analisis yang dilakukan, hambatan dengan nilai prioritas tertinggi ada pada aspek Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu tingkat keterlibatan pihak terkait dalam menjalankan kebijakan ANDALALIN dimana solusi strategis yang diperlukan adalah penyelenggaraan pelatihan dan sosialisasi mengenai SOP secara teratur guna memastikan pemahaman dan penerapan yang konsisten.

References

S. Fatimah, Pengantar transportasi. Myria Publisher, 2019.

H. A. Karim et al., Manajemen transportasi. Cendikia Mulia Mandiri, 2023.

A. S. Anom, A. Purba, and G. F. Nama, “Analisis Kebutuhan Layanan Transportasi Publik di Kota Bandar Lampung,” in Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP), 2022.

Y. E. Ardana and others, “Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Beroperasinya Hotel Swiss Belinn Kota Singkawang,” JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, vol. 8, no. 1.

F. F. Salsabila, “Traffic Impact Analysis Result The Construction of PT. Amman Mineral Nusa Tenggara Exclusive Airport Using the PTV Vissim Software,” STUDENT JOURNAL GELAGAR, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2023.

O. Z. Tamin, “Menuju terciptanya sistem transportasi berkelanjutan di kota-kota besar di indonesia,” Jurnal Transportasi, vol. 7, no. 2, 2007.

A. S. Widodo, “Analisis Dampak Lalu–Lintas (Andalalin) pada Pusat Perbelanjaan yang Telah Beroperasi Ditinjau dari Tarikan Perjalanan (Studi Kasus Pada Pacific Mall Tegal),” program Pascasarjana Universitas Diponegoro, 2007.

“Peraturan Bupati Brebes Nomor 27 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas”.

M. Perhubungan, “Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas,” Menteri Perhubungan. Jakarta, 2015.

G. S. Angkoso, N. Hidayati, and Y. A. Saputro, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (Mkji) 1997 Pada Ruas Jalan Jepara–Kudus Km 11 Sampai Km 15,” J. Civ. Eng. Study, vol. 1, no. 38, pp. 19–25, 2021.

M. Aldiansyah, “Analysis Impact of Traffic (Andalalin) Kawasan Mall Transmart of Tajur Road Bogor,” Astonjadro, vol. 11, no. 2, pp. 263–274, 2022.

H. Prasetyo, T. Pramono, F. A. Prissando, and others, “Pelaksanaan Analisis Dampak Lalu Lintas Di Kabupaten Trenggalek (Studi Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Trenggalek No 18 Tahun 2013 Tentang Analisis Dampak Lalu Lintas Dan Prasarana Perlengkapan Jalan),” Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, vol. 6, no. 1, pp. 188–202, 2022.

F. Prasetyo, “Kewenangan dalam Penerapan Pengaturan Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin),” JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), vol. 4, no. 2, pp. 207–218, 2016.

N. A. Burhani and B. H. Susilo, “Identifikasi Faktor Dan Kriteria Dalam Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan Terhadap Pembangunan Kawasan (Studi Kasus Kawasan Industri Cikembar Kabupaten Sukabumi).,” Journal of Syntax Literate, vol. 7, no. 6, 2022.

D. E. Agustinova, “Memahami metode penelitian kualitatif.” Yogyakarta: Calpulis, 2015.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

1.
Putra IFG, Mudiyono R, Wahyudi I. Implementasi Kebijakan Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) di Kabupaten Brebes . TELSINAS [Internet]. 2024Apr.25 [cited 2024Jul.3];7(1):41-5. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/4984

Issue

Section

Articles