Analisa Karakteristik Kecelakaan dan Faktor Penyebab Kecelakaan Akibat Jalan di Provinsi Jambi

Main Article Content

Wahyu Aktorina
Winda Fitria
Kenny Ghalib

Abstract

Pertumbuhan penduduk menyebabkan kebutuhan masyarakat terhadap transportasi untuk memenuhi mobilitas sehari-hari. Hal ini menyebabkan kepemilikan kendaraan bermotor turut mengalami peningkatan. Selain menunjang mobilisasi, meningkatnya kepemilikan kendaraan bermotor juga memberikan dampak negatif, salah satunya adalah terjadinya kecelakaan.  Penelitian ini   menganalisis karakteristik kecelakaan yang terjadi di Provinsi Jambi, variabel yang digunakan adalah faktor penyebab terjadinya kecelakaan, waktu terjadinya kecelakaan, fungsi jalan tempat terjadinya kecelakaan, dan kawasan terjadinya kecelakaan.  Analisis dilakukan menggunakan analisis statistik korelasi, alat yang digunakan adalah fungsi correlation pada Microsoft Excel. Hasil analisis menunjukkan bahwa factor penyebab terjadinya kecelakaan yang memiliki tingkat korelasi paling tinggi adalah faktor pengemudi dengan  nilai 0,969. Waktu terjadinya kecelakaan paling tinggi pada rentang waktu 18.00-00.00 dengan nilai 0,975. Fungsi jalan yang menjadi tempat terjadinya kecelakaan dengan korelasi paling tinggi adalah  jalan kolektor dengan nilai 0,800, sedangkan untuk kawasan yang sering menjadi tempat terjadinya kecelakaan adalah kawasan pemukiman dengan nilai korelasi  0,995. Penelitian dilanjutkan dengan analisis sub-faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan akibat jalan, analisis ini dilakukan karena faktor jalan merupakan satu-satunya faktor yang dapat dikontrol secara massif. Hasil analisis menunjukkan bahwa sub-faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan akibat jalan adalah tidak adanya marka dengan nilai korelasi 0,945.

Article Details

How to Cite
1.
Aktorina W, Fitria W, Ghalib K. Analisa Karakteristik Kecelakaan dan Faktor Penyebab Kecelakaan Akibat Jalan di Provinsi Jambi. telsinas [Internet]. 2023Apr.25 [cited 2025Sep.13];6(1):11-9. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/4221
Section
Articles

References

D. Purnama, W. Aktorina, H. Indarto, and K. H. Basuki, “Desain Fly Over Pada Perlintasan Sebidang Jalan,” Jurnal Karya Teknik Sipil, vol. 6, 2017.

N. I. Chalid, “DAMPAK PENINGKATAN KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN DI KOTA PALOPO,” PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.51557/pt_jiit.v3i1.174.

R. A. Wibowo and A. A. Kurniawan, “Analisis Korelasi Dalam Penentuan Arah Antar Faktor Pada Pelayanan Angkutan Umum Di Kota Magelang,” Journal of Electrical Engineering, Computer and Information Technology, vol. 1, no. 2, 2020.

A. Muhson, “Teknik Analisis Kuantitatif,” Makalah Teknik Analisis II, 2006.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,” jurnal Bandung: Alfabeta, no. 300, 2008.

Wicaksono dkk, “Analisis Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus - Jalan Raya Ungaran - Bawen),” Igarss 2014, vol. 3, no. 1, 2014, doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.

N. Nuroji, B. H. Setiadji, and W. Aktorina, “Comparison of Precast and Conventional Concrete Rigid Pavements Using Analytical Hierarchy Process (AHP),” MEDIA KOMUNIKASI TEKNIK SIPIL, vol. 26, no. 2, 2021, doi: 10.14710/mkts.v26i2.31792.