Analisis Timbulan dan Komposisi Sampah Sekolah Dasar (SD) di Kota Mataram

Authors

  • Lalu Auliya Littaqwa Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Taufikul Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Gendewa Tunas Rancak Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Safwanudin Safwanudin Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

DOI:

https://doi.org/10.38043/natapalemahan.v2i2.6628

Keywords:

sekolah dasar, limbah padat, Mataram

Abstract

Sekolah tempat berkumpulnya banyak orang dapat menjadi penghasil sampah yang besar, selain pasar, rumah tangga, industri, dan perkantoran. Di Kota Mataram jumlah Sekolah SD Sederajat berjumlah 177 sekolah. Tidak menutup kemungkinan jumlah timbulan dan komposisi sampah yang akan dihasilkan signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis berapa timbulan sampah yang dihasilkan, menganalisis komposisi sampah apa saja yang ada di lingkungan sekolah, serta untuk mengetahui teknologi pengelolaan sampah Sekolah Dasar (SD) di Kota Mataram. Metode pengambilan data timbulan dan komposisi sampah menggunakan pengukuran langsung di lapangan mengacu SNI 19-3964-1994 tentang metode pengambilan dan pengukuran timbulan dan komposisi sampah. Untuk data kualitatif menggunakan wawancara ke pengelola sekolah. Berdasarkan hasil pengambilan data timbulan dan komposisi sampah SD di Kota Mataram volume rata-rata sampah yang dihasilkan per orang adalah 0,17 liter/orang/hari dengan berat 0,04 kg/orang/hari. Komposisi sampah rata-rata yaitu plastik sebesar 42,71%, di ikuti dengan jenis sampah organik 42,30%, kertas 8,95%, sampah lainya 3,51%, sampah tekstil (kain) 1,49%, sampah logam 0,49%, sampah kaca 0,36% dan untuk jenis sampah terendah yakni, jenis sampah karet sebesar 0,20%. Pengelolaan sampah atau teknologi yang tepat untuk Sekolah Dasar dan Sederajat yang ada di Kota Mataram adalah dengan konsep Reuse, Reduce, dan Recycle sebagai pembelajar bagi siswa.

References

Badan Pusat Statistik Kota (BPS). (2022). Kota Mataram dalam dokumen Kota Mataram dalam angka 2021.

Azmiyati, U., & Rancak, G. T. (2021). Estimation of Domestic Waste Volume as A Sustainable Waste Management Efforts In Mataram City. Jurnal Presipitasi : Media Komunikasi dan Pengembangan Teknik Lingkungan, 18(1), 131-140.

Widiyawati, Rinaldi, & Laura, W. C. H. (2020), Analisisi Timbulan Dan Komposisi Sampah Untuk Potensi Reduksi Sampah Di Kelurahan Selamat. Jurnal Engineering. Vol. 2 No. 2, (Januari 2020), 2461-0526, e-ISSN: 2623-1522

SNI, (1994) Metode pengambilan dan Pengukuran Contoh Timbulan dan Komposisi sampah Perkotaan (SNI 19-3964-1994). Badan Standar Nasional. Jakarta

Ruslinda, Y. & Pasimura, I. (2012). Satuan Timbulan dan Komposisi Sampah Institusi Kota Padang. Jurnal Teknik Lingkungan UNAND 9 (2) : 106-115 (Juli 2012), ISSN 1829-6084

Suthar, S. & Singh, P. (2015). Household solid waste generation and composition in different family size and socio-economic groups: A case study. Sustain. Cities Soc. 2015, 14, 5663. [CrossRef]

Trang, P.T.T.; Dong, H.Q.; Toan, D.Q.; Hanh, N.T.X.; Thu, N.T. (2017). The Effects of Socio-economic Factors on Household Solid Waste Generation and Composition: A Case Study in Thu Dau Mot, Vietnam. Energy Procedia 2017, 107, 253258. [CrossRef]

S. Kasavan, N. I. M. Ali, & N. A. Masarudin, (2020). Quantication of solid waste in school canteens - a case study from a Hulu Selangor Municipality, Selangor,Selangor. Planning Malaysia, vol. 18, no. 11, 2020.

Widawati, E., Tanudjaja, H., Iskandar, I & Budiono, C., (2014). Kajian Potensi Pengolahan Sampah (Studi Kasus : Kampung Banjarsari). Jurnal Metris. Vol. 15, 2014, 119-126, e-ISSN: 1411-3287.

Silaban, B. br, Tiwery, D. N., Haumahu, S., Sohilait, W. S., Kalay, A. Y., Tanamal, E., Konu, I. I. (2025). EDUKASI TENTANG SAMPAH PADA SISWA-SISWI SMP NEGERI 11 AMBON. Jurnal Abdi Insani, 12(2), 787795.

Michalos, A.C.; Creech, H.; Swayze, N.; Kahlke, P.M.; Buckler, C.; Rempel, K. (2012). Measuring knowledge, attitudes and behaviours concerning sustainable development among tenth grade students in Manitoba. Soc. Indic. Res. 2012, 106, 213238. [CrossRef]

Liao, C., & Li, H. (2019). Environmental Education, Knowledge, and High School Students Intention toward Separation of Solid Waste on Campus. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(9), 1659. https://doi.org/10.3390/ijerph16091659

Arisona, R.D., (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3 No 1 (januari-juni 2018).

Vicente-Molina, M.A.; Fernndez-Sinz, A.; Izagirre-Olaizola, J. (2013). Environmental knowledge and other Variables affecting pro-environmental behaviour: Comparison of university students from emerging and advanced countries. J. Clean. Prod. 2013, 61, 130138. [CrossRef]

Littaqwa, LAA, & Rancak, TR. (2024) "Identifikasi dan analisis strategi pengelolaan sampah laut di pesisir tanjung karang kota mataram", Akuatika Indonesia, vol. 9, no. 1, p. 14, 2024.

Downloads

Published

2025-08-17

How to Cite

Littaqwa, L. A., Hadi, T. ., Rancak, G. T. ., & Safwanudin, S. (2025). Analisis Timbulan dan Komposisi Sampah Sekolah Dasar (SD) di Kota Mataram. Nata Palemahan: Journal of Environmental Engineering Innovations, 2(2), 56-63. https://doi.org/10.38043/natapalemahan.v2i2.6628