Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Pekerja Proyek Pembangunan Poliklinik Eksekutif dan Rehab RSUD Sanjiwani Gianyar

Authors

  • I Nyoman Septian Adi Universitas Udayana
  • Nengah Riana Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Ariawan Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Budiarnaya Universitas Pendidikan Nasional
  • I Gusti Ngurah Alit Ari Prayoga Universitas Pendidikan Nasional

Keywords:

Keselamatan dan kesehatan kerja, kinerja pekerja, proyek konstruksi

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sebagai salah satu aspek perlindungan tenaga kerja memiliki peran yang besar dalam upaya meningkatkan produktivitas perusahaan. Bidang jasa konstruksi merupakan salah satu dari sekian banyak bidang usaha yang tergolong sangat rentan terhadap kecelakaan. Faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja dalam suatu proyek konstruksi antara lain, faktor perilaku pekerja konstruksi yang cenderung kurang mengindahkan ketentuan standar keselamatan kerja, pemilihan metode kerja yang kurang tepat, perubahan tempat kerja, peralatan yang digunakan dan faktor kurang disiplinnya para tenaga kerja didalam mematuhi ketentuan mengenai K3 yang antara lain mengatur tentang pemakaian alat pelindung diri. Di era yang semakin maju seperti saat ini perkembangan dunia konstruksi di Indonesia mengalami perubahan yang pesat dari waktu ke waktu, dengan pertumbuhan ekonomi dan system informasi yang terus meningkat. Penelitian ini dilakukan pada Proyek Pembangunan Gedung Poliklinik Eksekutif Dan Rehab RSUD Sanjiwani Gianyar. Lokasi Proyek berada di Jl. Ciung Wanara, No.2, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Adapun untuk populasi pada penelitian ini sebanyak 110 orang dengan sampel sebanyak 52 orang yang nantinya hasil tabulasi kuesioner akan diolah menggunakan SPSS. Adapun kesimpulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pekerja Proyek

References

Z. Akram, N. N. Adyla, and A. Manaf, "Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Terhadap Kinerja Proyek," *Journal of Civil Engineering*, vol. 1, no. 1, pp. 30–36, 2018.

A. Firmanzah, D. Hamid, and M. Djudi, "Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. PLN (Persero) Area Kediri Distribusi Jawa Timur)," *Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya*, vol. 42, no. 2, pp. 1–9, 2017.

D. Hartanto and R. Siahaan, "Pengaruh Pengetahuan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Perilaku Pekerja Konstruksi Pada Proyek Jalan Tol Bogor Ringroad Seksi IIB," in *Seminar Nasional Sains Dan Teknologi*, pp. 1–11, 2018.

L. Lamin, "Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bengkel Rangkuti Motor Ukui Pelalawan," *Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review*, vol. 10, no. 4, pp. 467–471, 2019.

H. J. Latuconsina, "Analisis Pengaruh Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Pekerja Konstruksi Pada Proyek Pembangunan Terminal Lpg Pressurized Wayame Ambon (Analysis of the Effect of Application of Safety and Health Work on Construction Work Performance in Lpg Terminal Development Project Wayame Ambon)," unpublished.

F. Pangkey, G. Y. Malingkas, and D. O. R. Walangitan, "PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK KONSTRUKSI DI INDONESIA (Studi Kasus: Pembangunan Jembatan Dr. Ir. Soekarno-Manado)," *Jurnal Ilmiah MEDIA ENGINEERING*, vol. 2, no. 2, pp. 100–113, 2012.

H. Purwanti, R. N. Silalahi, and H. Surjono, "Studi Kasus Proyek Perluasan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta," *Jurnal Teknik Volume*, vol. I, pp. 16–20, 2016.

R. Susila and R. Cepi, "Media Pembelajaran," *Jurnal*, vol. 6, no. 1, pp. 83–95, 2008.

P. Mangkunegara, “Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

M. Sabir, “Modul Menerapkan Prosedur Kesehatan”, 2009.

I. W. Ervianto, “Manajemen Proyek Konstruksi Edisi Revisi”. Yogyakarta: Andi, 2005.

Sugiyono, “Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D”. Bandung: Alfabeta, 2013.

I. Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.

I. M. Yuliara, “Regresi Linier Berganda”. Universitas Udayana, 2016.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Adi, I. N. S., Riana, N. ., Ariawan, P., Budiarnaya, P., & Prayoga, I. G. N. A. A. . (2024). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Pekerja Proyek Pembangunan Poliklinik Eksekutif dan Rehab RSUD Sanjiwani Gianyar . Nata Palemahan: Journal of Environmental Engineering Innovations, 1(1), 33-41. Retrieved from https://journal.undiknas.ac.id/index.php/natapalemahan/article/view/5321

Issue

Section

Articles