PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM), VISUAL MERCHANDISING DAN CREATIVE PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING MINYAK KUTUSKUTUS DI DENPASAR

Authors

  • Pande Wiguna Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Wayan Wijayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Pengaruh Word of Mount (WOM), Visual Marchandising dan Creative Promotion Terhadap Impulse Buying Minyak Kutus-Kutus di Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, visual merchandising, dan creative promotion secara parsial dan simultan terhadap impulse buying. Penelitian ini dilakukan pada konsumen minyak kutus-kutus di Kota Denpasar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Jumlah indikator penelitian sebanyak 17 item. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 85. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS for windows 23.0. Hasil uji t dalam penelitian ini yaitu word of mouth 0.046, visual merchandising sebesar 0.000, dan creative promotion sebesar 0.000 ini menunjukkan bahwa secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Hasil uji f dalam penelitian ini yaitu sebesar 0.000 yang artinya secara simultan variabel word of mouth, visual merchandising, dan creative promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying.
 
Kata kunci: word of mouth, visual merchandising, creative promotion, dan impulse buying

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta. Engel, James F., Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard. 2000. Perilaku Konsumen, JilidI, Jakarta: Bina Rupa Aksara. Fam, K. S., Merrilees, B., Richard, J. E., Jozca, L., Li, Y., and Krisjanous, J. 2011. In-store marketing: a strategic perspective, Asia Pasific. Journal of Marketing and Logistics, 23.2. 165- 176. ISSN: 1355-5855. Fring, G.S. 2014. Fashion: from concept to customer 9th edition. Edinburg Gate Harlow: Pearson Education Limited. Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 8. Semarang: Universitas Diponogoro. Hasan, Ali. 2010. Marketing Dari Mulut ke Mulut: Word of Mouth Marketing. Jakarta: Media Pressindo (MedPress).

Indriantoro, Nurdan Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis : Untuk Akuntasi dan Manajemen, Yogyakarta: BPFEE. Jain, V., Sharma, A., Narwal, P. 2012. Impact of visual merchandising on consumer behavior towards women’s apparel.International Jour-nal of Research In Management, 5.2. Kotler, Philip & Keller. 2012. Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: PrenticeHall. Lupiyoadi,H. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.Maymand, Mohammad M., dan Ahmadinejad, M. (2011). Impuls Buying: The Role of Store Environmental Stimulation and Situasional Factors (An Empirical Investigation). African Journal of Business Management 5, 13057- 13065. ISSN:1993-8233. Nasution. 2009. Metode Research (PenelitianIlmiah). Jakarta: Bumi Aksara. Nugroho, A. Y. 2011. It’s Easy Olah Data Dengan SPSS, Skripta Media Creative Yogyakarta. P.Joko Subagyo. 2011. Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek.Jakarta : Aneka Cipta. Samuel, H. 2005. Respons Lingkungan Berbelanja Sebagai Stimulus Pembelian Tidak Terencana pada Toko Serba Ada (Toserba), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7.2., 152-170. Santoso, Singgih. 2012. Analisis SPSS pada Statistik Parametrik, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Sernovitz, Andi. 2009. Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking.New York: Kaplan. Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta,Bandung. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & amp;D. Bandung: PT Alfabet. Sumardy. 2011. The Power of Word of Mouth. Jakarta: PY. Gramedia Pustaka Utama. Supriyati. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Labkat press. Tjiptono dan Irawan. 2012.Total Quality Manajemen, Yogyakarta :Andi Offset

Downloads

Published

2019-06-14

How to Cite

1.
Wiguna P, Wijayanti NW. PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM), VISUAL MERCHANDISING DAN CREATIVE PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING MINYAK KUTUSKUTUS DI DENPASAR. j.imb [Internet]. 2019Jun.14 [cited 2024Nov.21];4(1):48-60. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2158

Issue

Section

Articles