PENGARUH BRAND IMAGE, GREEN MARKETING STRATEGY, DAN EMOTIONAL DESIRE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MCDONALD’S

Authors

  • Ni Made Dhian Rani Yulianti Undiknas University

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v5i1.2410

Abstract

Pengaruh brand image, green marketing strategy, dan emotional desire terhadap keputusan pembelian produk Mcdonald’s. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, green marketing strategy , dan emotional desire terhadap keputusan pembelian produk McDonald’s di Indonesia. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk link dan disebarkan melalui sosial media kepada responden yang pernah mengkonsumsi produk McDonald’s dan yang kembali dan layak adalah sebanyak 111 responden yang berasal dari lima kota besar di Indonesia yaitu Denpasar, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil pengujian dalam penelitian ini diperoleh nilai koefisien regresi variabel brand image (X1) dan emotional desire (X3) sebesar 0,318 dan 1,298, dengan nilai signifikansi keduanya sebesar 0,000 maka brand image dan emotional desire memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk McDonald’s. Nilai koefisien regresi variabel green marketing strategy (X2) sebesar 0,100 dengan nilai signifikansi sebesar 0,136 sehingga green marketing strategy berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk McDonald’s. Adapun hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,770 yang berarti 77% dapat menjelaskan model atau pengaruh masing-masing variabel terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 23% dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model penelitian ini.

 


Kata kunci: Brand Image, Green Marketing Strategy, Emotional Desire, Keputusan Pembelian

 

References

Agustin, Risna Dwi, Srikandi Kumadji dan Edy Yulianto. 2015. Pengaruh Green Marketing terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Non-Member Tupperware di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 22 No. 2 Mei 2015.

Angeline, Magdalena Elisabeth. 2015. Hubungan Green Marketing terhadap Pilihan Konsumen (Studi Kasus pada The Body Shop Manado). Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado.

Arslan, Muhammad and Rashid Zaman. 2014. Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intention: A Study of Retail Store in Pakistan. Research on Humanities and Social Sciences ISSN (Paper)2224-5766 ISSN (Online)2225-0484 (Online) Vol.4, No.22, 2014.

Dewi, Anita Ni Made. 2016. Pengaruh Marketing Mix dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu (Studi Kasus pada PT. Astra Internasional Daihatsu Denpasar). Skripsi Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.

Foster, Bob. 2016. Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences (ARJHSS) ISSN (Online) : 2378-7031 Volume 2, 2016.

Govender, Jeevarathnam P and Tusha L. Govender. 2016. The Influence of Green Marketing on Consumer Purchase Behavior. Journal Environmental Economics, Volume 7, Issue 2, 2016.

Gumelar, Brian. 2016. Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi pada Mahasiswi S1 Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Hussain, Muhammad Azhar, Muhammad Fayyaz Khokhar and Ali Asad. 2014. Green Awareness Effects on Consumers' Purchasing Decision: A

Case of Pakistan. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing Volume 14 Issue 6 Version 1.0 Year 2014.

Kotler, Phlip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mazaheri, Ebrahim & Richard, Marie-Odile & Laroche, Michel. (2011). Online consumer behaviour: Comparing Canadian and Chinese website visitors. Journal of Business Research. 64. 958-965.

Musay, Fransisca Paramitasari. 2013. Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen KFC Kawi Malang). Jurnal Universitas Brawijaya.

Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Nuraini, Alfiyah. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Parengkuan, V, Altje Tumbel, dan Rudy Wenas. 2014. Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head and Shoulders. Manado: Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014.

Paysal, Sultan Awal Rahmat Arizaldy. 2016. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Nike di Bandung Tahun 2016. Bandung: Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.2, No.3 Desember 2016.

Srinivasan, Srini & Srivastava, Rajesh. (2010). Creating the futuristic retail experience through experiential marketing: Is it possible? An exploratory study. Journal of Retail and Leisure Property. 9.

Sukma, Kadek Ayu Dwi Sudias Kumala. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore. Bali: E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.7, 2016: 4016-4043.

Yang, Z. Y., & He, L. Y. (2011). Goal, customer experience and purchase intention in a retail context in China: An empirical study. African Journal of Business Management, 5(16), 6738-6746.

Downloads

Published

2020-07-14

Issue

Section

Articles