Optimalisasi Pemasaran Digital, Branding, dan Customer Service pada Usaha Coffee Shop Wasta Kopi Desa Ungasan, Provinsi Bali

Authors

  • Upayana Wiguna Eka Saputra Politeknik Negeri Bali
  • Kadek Dwi Cahaya Putra Politeknik Negeri Bali
  • I Putu Okta Priyana Politeknik Negeri Bali
  • I Made Widiantara Politeknik Negeri Bali
  • Rifqi Nurfakhrurozi Politeknik Negeri Bali
  • Eldian Rinaldi Politeknik Negeri Bali

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v6i2.6998

Keywords:

Customer Satisfaction, Customer Service SOP, Digital Marketing, MSMEs, Visual Branding

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan utama yang dihadapi Wasta Kopi, yaitu keterbatasan dalam pemasaran digital, lemahnya branding visual, serta belum adanya standar operasional prosedur (SOP) pelayanan pelanggan. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, pendampingan, dan implementasi langsung dengan melibatkan 10 staf, 3 main team, dan 3 support team. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek pemasaran digital, ditandai dengan bertambahnya jumlah pengikut Instagram, konten yang lebih kreatif, kehadiran website resmi, serta optimalisasi Google Maps. Pada aspek branding visual, pemasangan neonbox, signage, serta penerapan logo pada produk meningkatkan visibilitas dan brand recall. Sementara itu, penyusunan dan sosialisasi SOP pelayanan menghasilkan peningkatan konsistensi layanan staf, yang juga berdampak pada meningkatnya kepuasan pelanggan. Evaluasi menggunakan skala Likert memperlihatkan adanya peningkatan keterampilan staf dan kepuasan pelanggan pada seluruh aspek yang diukur. Program ini tidak hanya berdampak positif pada Wasta Kopi, tetapi juga berkontribusi terhadap citra Desa Ungasan sebagai destinasi kuliner dan wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (1992). The Value of Brand Equity. Journal of Business Strategy, 13(4), 2732. doi: https://doi.org/10.1108/eb039503

Antari, N. P. D., Basmantra, I. N., Saputra, U. W. E., & Bandem, I. G. A. P. (2022). Dominasi Keterampilan Wirausaha dan Inovasi Produk terhadap Keberhasilan Usaha pada UMKM Perak Celuk. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan.

Azzahra, M., Abdurahman, A. I., & Alamsyah, A. (2023). Fenomena Ngopi di Coffee Shop Pada Gen Z. Social Science Academic, 1(2), 493506. doi: 10.37680/ssa.v1i2.3991

Dewi, N. K., Widyastuti, T., & S, R. S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Digital dan Pengelolaan Keuangan Bagi Pelaku UMKM di BUMDes Desa cikolelet, Kab. Serang Banten. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 151158. doi: 10.53276/dedikasi.v2i1.50

Fachruddin, M. R., Qomari, N., & Kharismawati, I. (2024). Pengaruh SOP, Kualitas Pelayanan Internet dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Garnet Cabang Surabaya. Benchmark, 5(1), 110. doi: 10.46821/benchmark.v5i1.516

Firmansyah, I., & Pradana, M. (2023). The Influence of Product Quality on Coffee Shops Consumer Satisfaction.

SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 326338. doi: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4708

Huda, N., Baso, B., Aziz, S., Korbaffo, Y. A., & Manane, D. R. (2023). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Arsyta Bakery Melalui Pelatihan Social Media Marketing. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(2), 181188.

Ife, J., & Fiske, L. (2006). Human rights and community work: Complementary theories and practices.

International Social Work, 49(3), 297308. doi: https://doi.org/10.1177/0020872806063403

Kotler, P., Keller, & Chernev, A. (2022). Marketing Management (16th ed.). Harlow: Pearson Education.

Nelsa, A. (2024). Optimalisasi Branding UMKM Lokal Melalui Desain Komunikasi Visual. Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 17. doi: https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/arunika/article/view/225

Parasuraman, A., Ball, J., Aksoy, L., Keiningham, T. L., & Zaki, M. (2020). More than a feeling? Toward a theory of customer delight. Journal of Service Management, 32(1), 126. doi: 10.1108/JOSM-03-2019-0094

Purwaamijaya, B. M., Herdiana, O., Prehanto, A., Maesaroh, S. S., & Guntara, R. G. (2022). Pelatihan Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Sosial Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, 1(2). doi: https://doi.org/10.57248/jilpi.v1i2.37

Riono, S. B., Harini, D., & Sholeha, A. (2023). Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Strategi Branding untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Produk Lokal di Desa Kaliwlingi. Era Abdimas: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Multidisiplin, 1(4), 2738. doi: https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/eraabdimas/article/view/131

Saputra, P. M. A., Fadjar, N. S., & Wicesa, N. A. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing BUMDesa di Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 6(11), 4460. doi: https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/4679

Saputra, U. W. E., Reyes, A. P. G., Riyasa, I. A. P. W., Dewi, N. I. K., & Wirga, I. W. (2024). Training and Assistance in Digital Marketing Strategies for Managing SMEs Business at Melasti Beach in Ungasan Village. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 9099. doi: 10.38043/parta.v4i2.4463

Theurillat, A. (2025). Statistik Pariwisata Bali: Kunjungan Wisatawan pada Tahun 2025. Bali Management Villas. Retrieved from https://balimanagement.villas/id/blogs/kunjungan-wisatawan-ke- bali/#:~:text=total%20kunjungan%20internasional.-

,Eksplorasi%20Data%20Statistik%20Kunjungan%20Wisatawan%20Mancanegara%20dan%20Domestik%20k e%20Bali,sebagai%20tujuan%20wisata%20utama%20mereka.

Valentino, M., Fawwaz, M. N., Rajendra, G. A., Nanda, M. E., Agustina, T. S., & Hardi, J. (2025). Peningkatan Daya Saing UMKM Civiartss (Industri Kreatif) Melalui Digitalisasi Operasional, Inovasi Workshop, dan Personalisasi Brand. urnal Human Resources, 3(3), 119126. doi: https://jhr247.org/index.php/JHR247AMAS/article/view/185

Downloads

Published

2025-12-17

How to Cite

1.
Eka Saputra UW, Putra KDC, Priyana IPO, Widiantara IM, Nurfakhrurozi R, Rinaldi E. Optimalisasi Pemasaran Digital, Branding, dan Customer Service pada Usaha Coffee Shop Wasta Kopi Desa Ungasan, Provinsi Bali . PARTA [Internet]. 2025Dec.17 [cited 2025Dec.19];6(2):74-87. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/6998

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)