Upaya Peningkatan Motivasi Belajar pada Siswa Pendidikan Non-Formal Melalui Pendekatan Personalized Learning

Authors

  • Rheza Dwi Pratama IPB University
  • Satia Ussyakira IPB University
  • Tri Ratna Chaniyatun Nisa IPB University
  • Nabila Aulia Maharani IPB University
  • Adita Adistiani IPB University
  • Hana Indriana IPB University

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v6i1.6077

Keywords:

Pendidikan Inklusif, Personalized Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di Desa Benteng yang menghadapi kendala ekonomi, budaya, dan rendahnya motivasi belajar. Melalui pendekatan personalized learning, kegiatan dilaksanakan dalam empat tahap: penilaian diagnostik, penyusunan modul pembelajaran sesuai kebutuhan siswa, implementasi menggunakan metode scaffolding, dan evaluasi pada aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik. Hasil menunjukkan peningkatan pada motivasi belajar, keberanian siswa berbicara di depan umum, serta keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan membuat CV. Kendala utama yang dihadapi adalah rendahnya tingkat kehadiran siswa secara konsisten. Kegiatan ini memberikan implikasi bahwa personalized learning efektif mendukung pendidikan inklusif. Untuk pengembangan lebih lanjut, direkomendasikan kolaborasi yang lebih erat dengan komunitas lokal, pemanfaatan sumber daya pembelajaran digital, dan strategi untuk meningkatkan partisipasi siswa secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assa, R., Kawung, E. J., & Tumiwa, J. (2022). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/37564.

Bavis, J. P., Nu, A. G., & Teeth, R. (2020). Branching paths: A novel teacher evaluation model for faculty development. Journal of Educational Research and Practice, 10(3), 45-58. https://www.coquitlamcollege.com/wp-content/uploads/2024/11/APA-7-Student-Sample-Paper.pdf.

Fauzi, M. S., Maq, M. M., Rukmini, I., Arsyad, M., Prayogi, A., & Ahyani, E. (2024). Kurikulum Merdeka dalam Kerangka Akses Pendidikan: Tinjauan Literatur atas Inisiatif UNICEF dan Pemerintah Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(2), 635-643. https://www.ejurnal- unespadang.ac.id/index.php/EJPP/article/view/1174/1124.

Gonulal, T., & Loewen, S. (2018). Scaffolding Technique. Encyclopedia of English Language Teaching, 1-5. https://talipgonulal.wordpress.com/wp-content/uploads/2018/02/gonulal-loewen-2018.pdf.

Hafshah, D. R., & Nugraheni, N. (2024). Dinamika Kesetaraan Pendidikan Sebagai Fondasi SDGS. 2024. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 142-150.

http://jurnalistiqomah.org/index.php/jppi/article/view/989.

Hidayat, S. A, Mufidah, M., Nurhidayah, N., Timisela, P. M., & Arfan, D. (2024). Pendampingan Pembuatan Pupuk Organik Bagi Peserta Didik Di Yayasan Perintis Pendidik Nusa. Jurnal Masyarakat Mandiri, 8(6), :6668- 6676. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/27427.

Larasati, A. W. (2019). Penanggulangan Putus Sekolah dengan Pelibatan Orang Tua di Desa Rumpin. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 68-78. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i2.265.

Mustika, I. K. (2022). Optimalisasi Tes Diagnostik Berbasis It Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Bali Pada Kurikulum Merdeka. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 12(2), 13-22.

Nurjanah, S. (2021). Objek Asesmen Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 85-91.

Nursanti, I. (2022). Penerapan Metode Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Bungkal Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10279- 10295.

Nurwan, T. W. (2019). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Journal of Education on Social Science), 3(2), 201-212. https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2.

Patrick, S., Kennedy, K., & Powell, A. (2013). Mean What You Say: Defining and Integrating Personalized, Blended and Competency Education. INACOL, 4-8. http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED561301.pdf.

Prabaswara, A., & Ardiani, H.R. (2021). Penerapan Sistem Personalized Learning Berbasis Big Data Secara Integratif Guna Mewujudkan Pendidikan Indonesia Yang Fleksibel. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1):235-

https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/134.

Ratau, A., & Bugis, H. (2024). Efektivitas e-modul interaktif matematika berbasis local issues dengan pendekatan personalized learning terhadap computational thinking. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(2), 311-321.

Sukarma, I. K., Karyasa, T. B., Hasim, H., Asfahani, A., & Azis, A. A. (2023) . Mengurangi Ketimpangan Sosial Melalui Program Bantuan Pendidikan bagi Anak-Anak Kurang Mampu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8440-8447. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/19682/14353.

Yaneri, A., Suviani , V., & Vonika, N. (2022). Analisis Penyebab Anak Putus Sekolah Bagi Keluarga Miskin (Studi Kasus Anak Usia Sekolah pada Keluarga Miskin di Kampung Lio Kota Depok). Jurnal Ilmiah Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial, 4(1). https://www.academia.edu/download/107173377/380.pdf.

Downloads

Published

2025-09-22

How to Cite

1.
Pratama RD, Ussyakira S, Nisa TRC, Maharani NA, Adistiani A, Indriana H. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar pada Siswa Pendidikan Non-Formal Melalui Pendekatan Personalized Learning. PARTA [Internet]. 2025Sep.22 [cited 2025Oct.8];6(1):30-7. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/6077

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)