PEMASARAN DIGITAL UMKM TEXTILE DI DESA DAUH PURI KAJA SEBAGAI STRATEGI KETAHANAN EKONOMI DI ERA PANDEMI COVID-19 (UMKM Merdeka textile di Jln. Gajah Mada No.32A)

Authors

  • dwi novyanta universitas pendidikan nasional

Abstract

Abstract: Dauh Puri Kaja Village is a village located in the North Denpasar sub-district, the capital of Denpasar, which is located in the middle of Denpasar City. The COVID-19 pandemic that occurred in Indonesia not only caused public health to decline but also made the country's economy decline. MSMEs as Micro Small and Medium Enterprises are experiencing the worst impact due to COVID-19. Dauh Puri Kaja Village has considerable village potential, including MSMEs in the village which, if managed properly, will be able to increase the village's original income and can be a strategy for community economic resilience during this COVID-19 pandemic. MSMEs in Dauh Puri Kaja Village that sell goods but are still constrained by marketing. Most of the MSMEs in Dauh Puri Kaja Village still do not have the ability to do digital marketing by utilizing information technology. Based on this, training was conducted for one of the MSMEs, namely the Merdeka Textile UMKM, so that they have the knowledge and skills in doing digital marketing, not only for this one UMKM, but can be emulated or carried out by other MSMEs who want to market their products through digital marketing.

Keywords : MSMEs, Covid 19, Digital

 

Abstrak: Desa Dauh Puri Kaja merupakan suatu desa yang berada di kecamatan Denpasar Utara Ibukota Denpasar yang terletak di tengah tengah Kota Denpasar. Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia bukan hanya membuat kesehatan masyarakat menurun tapi juga membuat perekonomian negara menurun. UMKM sebagai Usaha Mikro Kecil Menengah mengalami dampak terparah akibat COVID-19. Desa Dauh Puri Kaja memiliki potensi desa yang cukup besar, di antaranya UMKM di desa tersebut yang jika dikelola dengan baik akan dapat meningkatkan pendapatan asli desa dan bisa menjadi strategi ketahanan ekonomi masyarakat di masa pandemi COVID-19 ini. UMKM di Desa Dauh Puri Kaja yang menjual barang-barang tetapi masih terkendala dengan pemasaran. UMKM di Desa Dauh Puri Kaja sebagian besar masih belum memiliki kemampuan dalam melakukan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan teknologi informasi. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan pelatihan kepada salah satu UMKM yaitu UMKM Merdeka Textile agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan pemasaran secara digital, bukan hanya untuk satu UMKM ini saja, melainkan bisa dicontoh atau lakukan oleh UMKM lain yang ingin memasarkan produknya melalui pemasaran secara digital.

Kata Kunci: UMKM, Covid 19, Digital

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-16

How to Cite

1.
dwi novyanta. PEMASARAN DIGITAL UMKM TEXTILE DI DESA DAUH PURI KAJA SEBAGAI STRATEGI KETAHANAN EKONOMI DI ERA PANDEMI COVID-19 (UMKM Merdeka textile di Jln. Gajah Mada No.32A). PARTA [Internet]. 2021Sep.16 [cited 2024Dec.22];1(2):44-7. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/2909

Issue

Section

Artikel