PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMASARAN PADA PRODUK ANEKA RAGAM DONAT ALMIRA

Authors

  • Frista Maryatin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar (UNDIKNAS)

Abstract

Sebagian besar pengusaha donat kentang aneka toping masih menggunakan sistem manual untuk pemasaran, dan pembuatannya hanya dengan menggunakan tangan, sehingga kapasistas produksinya relatif sangat rendah. Masalah manajemen yang dihadapi antara lain belum menerapkan manajemen pemasaran secara online, dan belum memiliki Perijinan Industri Rumah Tangga (PIRT), Guna mengatasi permasalahan tersebut, melalui program pengabdian kepada masyarakat ini, diberikan solusi memberi pelatihan menajemen pemasaran online yang baik dengan memanfaatkan teknologi yang ada agar mereka memiliki pengetahuan tentang manajemen pemasaran yang baik apalagi disaat krisis Covid-19 seperti saat ini. Setelah dilakukan pelatihan dan bantuan sarana produksi dan pemasaran, terdapat peningkatan jumlah produksi maupun kualitas Donat Kentang aneka toping dan juga berpengaruh pada tingkat kesejahteraan Usaha itu sendiri. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media sosial terhadap perkembangan usaha kecil menengah (UKM), pengaruh media sosial terhadap peningkatan pemasaran UKM, dan pengaruh media sosial terhadap peningkatan produktivitas UKM. Studi ini menggunakan metode wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi terhadap UKM dan media sosial yang digunakan. Subyek dalam penelitian ini adalah pemilik, pengelola dan karyawan UKM yang dipilih secara purpose sampling. Studi ini menyimpulkan bahwa UKM yang diobservasi belum menggunakan media sosial dalam perusahaannya. Media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook, Twitter dan Instagram.

Keywords : Pelatihan Karyawan, Pengembangan Karyawan,

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Alam, S.S., Noor, M.K.M., 2009. International Journal Of Business and

Management. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada..

. Bodnar, G., & Hapwood, W. S. (2003). Sistem Informasi Akuntansi.

Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia

. Evans, Dave. 2008. Social Media Marketing An Hour A Day. Canada: Wiley

Publishing, Inc

. Husein, Umar. 2000. Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta:

PT. Gramedia Pustaka Utama

. Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media, PT Elex

Komputindo, Jakarta

. Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta:

PT.Gramedia Pustaka Utama.

. Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Membedah Teknik Kasus Bisnis. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama

. Swastha, B. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset

. Tuten, Tracy. 2008. Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0

World, Greenwood Publishing Group.

. Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset

Downloads

Published

2021-09-16

How to Cite

1.
Maryatin F. PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMASARAN PADA PRODUK ANEKA RAGAM DONAT ALMIRA. PARTA [Internet]. 2021Sep.16 [cited 2024Nov.20];1(2):22-8. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/2597

Issue

Section

Artikel