MENELISIK STRATEGI DAYA SAING DAN KETAHANAN USAHA DI TENGAH MARAKNYA TOKO MODERN
DOI:
https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3836Keywords:
Keunggulan Bersaing, Strategi Ketahanan Usaha, Analisis SWOT, Usaha RetailAbstract
Menelisik strategi daya saing dan ketahanan usaha di tengah maraknya toko modern. Penelitian ini melibatkan pemilik usaha dan karyawan. Sampel yang ditunjuk untuk diwawancarai karena dianggap mengetahui, terlibat dalam proses operasional serta penyusunan strategi dalam rangka meningkatkan keuntungan/profit dan ketahanan usaha. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif, dimana dalam model ini terdapat 4 tahap analisis, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal toko UD. Polos dilihat dari kekuatannya adalah harga yang murah, barang yang dijual lengkap dan melayani delivery order. Dilihat dari kelemahannya adalah pemasaran masih konvensional dari mulut ke mulut, transaksi dan catatan laporan keuangan masih konvensional. Faktor eksternal toko UD. Polos dilihat dari peluangnya adalah lokasi usaha yang strategis, tempat usaha yang luas dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Dilihat dari ancaman toko UD. Polos adalah munculnya pesaing-pesaing baru sejenis yang memiliki modal yang lebih besar dan produk yang dijual para pesaing lebih lengkap dan lebih murah.
Downloads
References
Jogjantari, M. S. (2015). Analisis Strategi Bersaing PT Asuransi Ramayana, Tbk Unit Syariah Dalam Menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015. Metrologia, 53(5), 1–116. Retrieved from https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007
Komang, N., & Dewi, D. (2018). Perlindungan Hukum Tehadap Pasar Tradisional Di Era Liberalisasi Perdagangan. Jurnal Law Reform, 14(1), 1–14.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: PT Perhalindo. Jakarta.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Mudrajad, Kuncoro. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga
Murniasih, N. K. (2019). Strategi Daya Saing Di Industri Asuransi. Undiknas Graduate School.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Penataan dan
Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.
Pusdikardiana, I. G. K. A., & Sunariani, N. N. (2019). Menakar Competitive Strategic Lembaga Perkreditan Desa di Bali. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(3), 82. Retrieved from https://doi.org/10.38043/jmb.v16i3.2234
Saputra, N., Prihandoko, D., & Hidayat, B. (2020). Collaborative Capability?: Memperkuat
Ketahanan UMKM Melewati Krisis Covid-19. Seminar Nasional Manajemen Dan Call
for Paper (SENIMA 5), 5(October), 1–8.
Sauser, B., Baldwin, C., Pourreza, S., Randall, W., & Nowicki, D. (2018). Resilience of smalland medium-sized enterprises as a correlation to community impact: an agent-based modeling approach. Natural Hazards, 90(1), 79–99. https://doi.org/10.1007/s11069- 017-3034-9
Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Edisi I. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung:
Alfabeta. Metode Penelitian
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Luh Gede Putri Kusuma Pekerti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.