PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOP (STUDI KASUS MAHASISWA STIEM BONGAYA MAKASSAR)

Authors

Abstract

PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKO KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOP (STUDI KASUS MAHASISWA STIEM BONGAYA). Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk melihat dan mengetahui apakah e-commerce berpengaru terhadap perilaku konsumen dan keputusan pembelian produk online shop (studi kasus mahasiswa STIEM Bongaya Makassar). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh responden dengan teknik pengumpulan data simple random sampling. Populasinya yaitu mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2016, 2017, dan 2018, dengan sampel 100 orang responden yang diperoleh dengan perhitungan rumus slovin. Metode analisis data menggunakan analisis statistik multivariate dengan SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square) dimana pengujian yang dilakukan ada dua yakni outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) E-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, 2) E-commerce tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk, 3) Perilaku konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 4) E-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui perilaku konsumen.

Kata kunci : E-commerce, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Saswiana Saswiana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar (STIEM Bongaya)

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar (STIEM Bongaya)

References

Alma, Buchari. (2002). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Basuki Tri, Agus dan Prawoto, Nano. (2017). Analisis Regresi Dalam Penelitian Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Rajawali Pers

Dosen Pendidikan. (2019).Perilaku Konsumen. Melalui <https://www.dosenpendidikan.co.id/perilaku-konsumen/>(tanggal akses : 8 Januari 2020)

Fahmi. (2016). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta

Firdausnetpreneur. (2019). Inilah Data Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2019. Melalui<https://firdausnetpreneur.com/inilah-data-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2019/>(tanggal akses : 29 Januari 2019)

Fauzi, R. U. A. (2017). Pengaruh Harga Dan Free Wi-Fi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Angkringan Di Kecamatan karas Kabupaten Magetan. Jurnal Aplikasi Bisnis,17(2), 62-74

Habiyadi, dkk (2019). Pedoman Penulisan Skripsi & Artikel Ilmiah. Makassar: Tohar Media

Hestanto. (2017). Teori Online Shop Menurut Beberapa Ahli. Melalui<https://www.hestanto.web.id/online-shop/>(tanggal akses : 16 Januari 2020)

Indonesian Student. (2017). 6 Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Lengkap. Melalui<https://www.indonesiastudents.com/pengertian-e-commerce-menurut-para-ahli/>(tanggal akses : 8 Januari 2020)

Iprice. (2019). Peta E-Commerce Indonesia. Melalui<https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/>(tanggal akses : 29 Januari 2019)

Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan. Depok: RajaGrafindo Persada

Nazah, I. S., Hartati, T., & Siambaton, E. (2017). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Epigram, 14 (1).

Nitisusastro, Mulyadi. (2012). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta

Noor Faizal, Henry. (2011). Ekonomi Manajerial. Jakarta: Rajawali Pers

Rebecca. (2016). Jenis-Jenis E-Commerce dan Contohnya. Melalui<https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-e-commerce/>(tanggal akses : 16 Januari 2020)

Setiadi, Nugroho. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta : Prenadamedia Group

Sofjan Assauri. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. Depok: RajaGrafindo Persada

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers

Sunada, I Made dan Setianto Heru, Rahmat. (2018). Metode Penelitian Bisnis & Analisis Data dengan SPSS. Jakarta: Erlangga

Sungadji dan Sopiah, (2014). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV. Andi offset

Suryani dan Hendrayadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2020-07-14

How to Cite

1.
Saswiana S. PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOP (STUDI KASUS MAHASISWA STIEM BONGAYA MAKASSAR). j.imb [Internet]. 2020Jul.14 [cited 2024Nov.24];5(1):60-9. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2453

Issue

Section

Articles