PENGARUH KOMUNIKASI DAN HUBUNGAN INDUSTRIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA HOTEL FAVE PETITENGET KABUPATEN BADUNG, BAL

Authors

  • I Ketut Merta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar
  • Anak Agung Elik Astari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar
  • Ni Kadek Ernawati Kertagama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar

Abstract

Pengaruh Komunikasi dan Hubungan Industrial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Hotel Fave Petitenget Kabupaten Badung, Bali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi dan hubungan industrial terhadap kepuasan kerja karyawan. Jumlah responden adalah 78 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda. Penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh yang positif signifikan antara komunikasi dan hubungan industrial dengan kepuasan kerja karyawan.  
 
Kata kunci: komunikasi, hubungan industrial, kepuasan kerja karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ch. Katiandagho., S.L. Mandey., L. Mananeke. 2014. Jurnal EMBA; Vol.2 No.3 Hal. 15921602) Pengaruh Disiplin Kerja Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Febrisma Ramadhiya Findarti. 2016. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis; 4 : 937-946 - ISSN 2355-5408) Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Merisa Fajar Aisyah, Wiji Utami, Sunardi, Sudarsih. 2017. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi ; Volume IV (1) :131-135) Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja, Dan Komitmen Sebagai Faktor Pendukung Peningkatan Kinerja Karyawan I Dewa Nyoman Rai Hadiyasa. 2015. dengan judul “Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Hubungan Industrial terhadap Semangat Kerja Karyawan Desak Ayu Noviani. 2016. dengan judul “Pengaruh Hubungan Industrial dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Kadek Trisnayanti. 2015. dengan judul Pengaruh Hubungan Industrial dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Assauri Sofjan. 2002. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Nazir, Muhammad. 2015. Jurnal Ilmiah “Analisis Kepuasan Masyarakat mengenai Pelayanan Publik di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Samarinda”. Ejurnal Ilmu Komunikasi 3(3) 14-27 FISIP Unmul.ac.id Nur Setyaningsih. 2008. “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat di Samsat Kabupaten Sragen”, FISIP - Universitas Diponegoro, Semarang.

Rismiati, Catur. dan Bondan Sutrisno. 2001. Pemasaran Barang dan Jasa. Penerbit Kanisius, Jakarta. Santoso, Singgih. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta. Santoso, Singgih dan Tjiptono, Fandi. 2001. Riset Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta. Sanusi, Anwar. 2003. Metodologi Penelitian Praktis Untuk Ilmu Sosial dan Ekonomi. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit Buntara Media. Malang. Setyawan, Hary. 2015. Jurnal ilmiah “Analisis Perbedaan Harapan dan Persepsi Wajib Pajak Kendaraan Bermotor terhadap Pelayanan Publik (Studi Kasus pada Kantor Samsat di Kota Semarang”. E-jurnal (2015: 290-311) FE Undip Semarang. Sudjana. 1992. Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung. Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Pertama. Penerbit CV. Alpha Beta. Bandung. Supranto J. 2000. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta. Swasta, Basu dan Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Barang dalam Pemasaran. Cetakan Kedua BPFE, Yogjakarta. Mangkunegara. 2001. menguraikan bahwa “Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”. Abdurrahman Fathoni. 2006. mengemukakan bahwa “Kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan seseorang menaati semua peraturan perusahaan dan norma sosial yang berlaku Manullang. 2001. management yang berasal dari kata “to manage” yang mempunyai arti mengendalikan atau mengurus. Hasibuan. 2012. berpendapat bahwa “MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif membantu terwujudnya perusahaan, karyawan, dan masyarakat.” Handoko. 2001. menjelaskan “ Manajemen sumber daya manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan individu maupun organisasi ” Ni Luh Gede Poniasih, A.A.Sagung Kartika Dewi. 2015. E-Jurnal Manajemen Unud: Vol. 4, No. 6, 1560-1573 ISSN: 2302-8912), Pengaruh Motivasi Kerja, Komunikasi Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. I Dewa Nyoman Rai Hadiyasa. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Hubungan Industrial terhadap Semangat Kerja Karyawan pada Villa Semana Ubud, Gianyar Desak Ayu Noviani. 2016. “Pengaruh Hubungan Industrial dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Hotel Natura di Ubud, Gianyar Kadek Trisnayanti. 2015. dengan judul Pengaruh Hubungan Industrial dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Narayana Bali di Denpasar. Luh Mang Indah Mariani, Ni Ketut Sariyathi. 2017. E-Jurnal Manajemen Unud: Vol. 6, No. 7, 3540-3569 ISSN : 2302-8912) Pengaruh Motivasi, Komunikasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Warung Mina Peguyangan Di Denpasar Angel Susanti Mandagie, Lotje Kawet, Yantje Uhing. 2016. Jurnal EMBA; Vol.4 No.1 Hal. 344-354 ISSN 2303-1174) Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Politeknik Kesehatan Manado

Downloads

Published

2019-06-14

How to Cite

1.
Merta IK, Astari AAE, Kertagama NKE. PENGARUH KOMUNIKASI DAN HUBUNGAN INDUSTRIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA HOTEL FAVE PETITENGET KABUPATEN BADUNG, BAL. j.imb [Internet]. 2019Jun.14 [cited 2024Nov.22];4(1):12-33. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2155

Issue

Section

Articles