ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SAAB MOTE DESA NAGASEPAHA SEBAGAI PRODUK IKONIK

Authors

  • Ni Made Sri Ayuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar
  • Anak Agung Ngurah Eddy Supriyadinatha Gorda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar
  • Ni Wayan Novi Budiasni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasa

Abstract

Orientasi Kewirausahaan Saab Mote Desa Nagasepaha Sebagai Produk Ikonik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti penerapan orientasi kewirausahaan saab mote di Desa Nagasepaha sebagai produk ikonik. Penelitian bertujuan ingin mengetahui orientasi kewirausahaan pada usaha kerajinan saab mote di Desa Nagasepaha. Sehingga mampu memberikan suatu kesimpulan tentang dukungan sosial kepada wirausaha untuk melakukan orientasi kewirausahaan agar produk yang dihasilkan menjadi produk ikonik. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisa adalah hasil wawancara dengan pengerajin saab mote, kepala Desa Nagasepaha dan konsumen saab mote. Hasil penelitian menujukan bahwa dukungan sosial merupakan faktor eksternal yang dibutuhkan oleh wirausaha untuk mengembangkan usahanya. Penerapan orientasi kewirausahaan di Desa Nagasepaha belum dilakukan secara maksimal dapat terlihat dari jumlah pengerajin saab mengalami fluktuasi dikarenakan pengerajin belum bisa menjadikan kerajianan saab mote sebagai mata pencarian utama. Motivasi pengerajin sangat diperlukan untuk menginovasi produk agar produk saab mote menjadi produk ikonik.
 
Kata kunci: dukungan sosial, orientasi kewirausahaan, produk ikonik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bozic and, Radas,S. L. 2009. “The Antecedentsof SMEs Innovativeness in AnEmerging Transition Economy”, Technovation, 29:438–450. Debbie Liao and Philip Sohmen. 2001. “The Development of Modern Entreprenuer shipin China”, Stanford Journalof East Asia Affair, Vol1, 2001 Fitriani, L. K. 2014. Produk ikonik akulturatif. Disertasi. Program Doktor Ilmu ekonomi Bidang Kajian Manajemen Pemasaran Universitas Diponegoro. Semarang, Indonesia: Penerbit Pustaka Magiste Hasan,A. 2013.Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan.CAPS,Yogyakarta. Hasan,A. 2013.Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan.CAPS,Yogyakarta. Hisrich.R.D, Peters, MP. 1995. ”Entrepenue- rship”Chicago,Irwin D. Publisher Holt, DB 2004. How Brands Become Incons: The Principles of Cultural Branding.”Harvard University Press, Harvard MA Isa,Muzakar. 2011. Analisis Kompetensi Kewirausahaan, Orientasi Kewirausahaan, dan Kinerja Industri Mebel. Jurnal Manajemen dan Bisnis.Universitas Muhammadiyah Surakarta. Knight, G. 2000. Entrepreneurship and Marketing Strategy: the SME Under Globalization. Journal of International Marketing, ISSN 1069031X,Vol.8,No.2(2000),(http://www.jstor.org/discover/10.2307/25048805?uid=3738224 &uid=2129&uid=2134&uid=2478446353&uid=2&uid=70&uid=3&uid=60&uid=2478446 343&sid=21104854716847). Diakses 01 Nopember 2015. Hal.12-32. Kotler, P dan G. Amstrong. 2008. “Principles Of Marketing” 12th Edition, Person Prentice Hall, InC, Upper Saddle River, New Jersey Lumpkin,G. T., danDess,G.G.1996. “Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking itto Performance”,Academy of Management Review, Vol. 21 (1), p. 135-172. http://www.jstor.org/discover/ 10.2307/258632?uid=3738224&uid=2129&uid=2134&uid=2478446353&uid=2&uid=70 &uid=3&uid=60&uid=2478446343&sid=21104854716847. Lumpkin,G. T., danDess,G.G.1996. “Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking itto Performance”,Academy of Management Review, Vol. 21 (1), p. 135-172. http://www.jstor.org/discover/ 10.2307/258632?uid=3738224&uid=2129&uid=2134&uid=2478446353&uid=2&uid=70 &uid=3&uid=60&uid=2478446343&sid=21104854716847. Diakses 01 Nopember 2015. Hal.135-172. Lumpkin,G. T., danDess,G.G.1996. “Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking itto Performance”,Academy of Management Review, Vol. 21 (1), p. 135-172. http://www.jstor.org/discover/ 10.2307/258632?uid=3738224&uid=2129&uid=2134&uid=2478446353&uid=2&uid=70 &uid=3&uid=60&uid=2478446343&sid=21104854716847. Diakses 01 Nopember 2015. Hal.135-172. Madhoushi, Mehrdad et al. 2011. Entrepreneurial Orientation and Innovation Performance: The Mediating Role of Knowledge Management. Asian Journal of Business Management 3, vol. 4. pp. 310-316 Maryatidan Suryawati. 2003. “Pengantar Sosiologi.” Erlangga, Jakarta.McDaniel,B.A. 2002. Entrepreneurship and Innovation: An Economic Approach.M.E.Sharpe,Inc,New York. Maryatidan Suryawati. 2003. “Pengantar Sosiologi.” Erlangga, Jakarta.McDaniel,B.A. 2002. Entrepreneurship and Innovation: An Economic Approach.M.E.Sharpe,Inc,New York. Maryatidan Suryawati. 2003. “Pengantar Sosiologi.” Erlangga, Jakarta.McDaniel,B.A. 2002. Entrepreneurship and Innovation: An Economic Approach.M.E.Sharpe,Inc,New York. Messaghem, Karim. 2011. Strategis Entrepreneurship and Managerial Activities in SMEs. International Small Business Journal, Vol. 21 No. 2. pp. Hal 197-212.

Moleong, Dr. Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Munizu,M. 2010.Pengaruh Faktor Faktor Eksternal dan Internal terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil(UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Hal:33-41. Padilla, A.M and W. Prez. 2003.” Acculturation, Social Identity, and Sosial Cognition: A New Perspective” Hispanic Journal of Behavioral Sciences, Vol. 25 No 1,:35-55 Parkman, I.D., et.al. 2012. “Creative Industries: aligning entrepreneurial orientation and innovation capacity”, Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, Vol.14 No.1, Emerald Group Publishing : 95-108. Prasetya,D.I. 2002.Lingkungan Eksternal, Faktor Internal,dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia,ISSN 1412-8527, Vol.1,No.3,Hal.219-240 Prasetya,D.I. 2002.Lingkungan Eksternal, Faktor Internal,dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia,ISSN 1412-8527, Vol.1,No.3,Hal.219-240. Sarafino, E.P & Smith, T.W. 2012. Health Psychology Biopsychosocial Interactions. Seventh ed. USA: John Willey & Sons (Asia) Pte Ltd. Stoltz, P.G. 2000. Adversity Quotient : Mengubah Hambatan menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta,cv, Bandung Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta,cv, Bandung Susanti, Novita. 2015. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Daya Juang Dengan Orientasi Wirausaha Pada Mahasiswa Program Profesi Apoteker Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Urbancova,H. 2013.Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge, Journalof Competitiveness, ISSN 1804-171X, Vol.5, No.1. http://www.cjournal.cz/files/127.pdf. Diakses 25Oktober 2015 Hal.82-96 Urbancova,H. 2013.Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge, Journalof Competitiveness, ISSN 1804-171X, Vol.5, No.1. http://www.cjournal.cz/files/127.pdf. Diakses 25Oktober 2015 Hal.82-96 Wulandari, Anna. 2009. Pengaruh Pengaruh Lingkungan Eksternal Dan Lingkungan Internal Terhadap Orientasi Wirausaha Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Jurnal pengembangan pengembangan wiraswasta, VOL.11 NO.2 Hal:142 -152 Diakses 25 Oktober 2015 Zhou,Kevin Zheng,Chi KinYim, and David K. Tse. 2005. The Effectof Strategic Orientations on Technology and Market Based Breakthrough Innovations, Journal of Marketing, Vol.69, April, pp.42-60 Zhou,Kevin Zheng,Chi KinYim, and David K. Tse. 2005. The Effectof Strategic Orientations on Technology and Market Based Breakthrough Innovations, Journal of Marketing, Vol.69, April, pp.42-60

Downloads

Published

2019-06-14

How to Cite

1.
Ayuni NMS, Gorda AANES, Budiasni NWN. ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SAAB MOTE DESA NAGASEPAHA SEBAGAI PRODUK IKONIK. j.imb [Internet]. 2019Jun.14 [cited 2024Nov.25];4(1):1-11. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2152

Issue

Section

Articles