INFLUENCE OF E-COMMERCE AND THE USE OF ACCOUNTING SYSTEMS ON STUDENT INTEREST IN ENTREPRENEURSHIP
Keywords:
E-commerce; accounting information system; entrepreneurshipAbstract
This study examines the effect of e-commerce and accounting information systems on entrepreneurial interest. The number of samples analysed were 98 students of the Faculty of Economics and Business, Universitas Pendidikan Nasional. Determination of the sample in this study using probability sampling with simple random sampling method. The analysis technique used is multiple linear regression. The results of the analysis show that e-commerce and accounting information systems have a positive effect on interest in entrepreneurship.
References
Ajzen, Icek, and Martin Fishbein. 2005. “The Influence of Attitudes on Behaviour.” The
Handbook of Attitudes.
Badan Pusat Statistik. 2021. “Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat
Pendidikan 2019-2021.” Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), 2021.
Davis, Fred D. 1989. “Delle Vicende Dell’agricoltura in Italia; Studio e Note Di C. Bertagnolli.”
MIS Quarterly 13 (3): 319–40. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621.
Dwiatma, Harry. 2017. “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Sosial Media Terhadap
Minat Brwirausaha Mahasiswa Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Stambuk 2013.” Skripsi, 7–37.
Fu’adi, Isky Fadli, Budiarso Eko, and Murdani. 2009. “Hubungan Minat Berwirausaha Dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas Xii Teknik Otomotif Smk Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes 9 (2): 92–98. ?
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS20.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goma, Edwardus Iwantri. 2021. “Dampak Covid-19 Terhadap Isu Kependudukan Di
Indonesia.” Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi 5 (1): 33–42. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i1.3180.
Hastuti, Pebri, Dita Natania Harefa, and Januarti Ira Melenia Napitupulu. 2020. “Tinjauan Kebijakan Pemberlakuan Lockdown, PHK, PSBB Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid- 19 Terhadap Stabilitas Sistem Moneter.” Prosiding WEBINAR Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 1: 57–70. http://digilib.unimed.ac.id.
Irmawati, Dewi. 2011. “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis.” Jurnal Ilmiah Orasi
Bisnis 4: 95–122.
Kasmir. 2008. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya.
Kurniawan, David, Hatane Semuel, and Edwin Japarianto. 2013. “Analisis Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Mobile Banking Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model Dan Theory of Reasoned Action.” Jurnal Manajemen Pemasaran 1 (1): 1–13. https://www.neliti.com/publications/133185/.
Lee, Joyce Y.H., and Niki Panteli. 2010. “Business Strategic Conflict in Computer-Mediated Communication.” European Journal of Information Systems 19 (2): 196–208. https://doi.org/10.1057/ejis.2010.4.
Lovita, Erna, and Febyana Susanty. 2021. “Peranan Pemahaman E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Minat Kewirausahaan.” Jurnal Akuntansi Dan Manajemen 18 (02): 47–54.
Mantri, Bagus Hanindyo. 2007. “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi
E-Commerce.” Tesis, 1–88.
Noventri, Isra Mirna, Juli Perawitan Pakpahan, Juli Wardani Pane, and Lia Hutabarat. 2022.
“Peran Kewirausahaan Berbasis Digital Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran.” Journal of Millennial Community 3 (2): 68–75. https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32339.
Nurabiah, Herlina Pusparini, and Yusli Mariadi. 2021. “Sistem Informasi Akuntansi: Sistem
Informasi Akuntansi (Edisi 14).” Jurnal Aplikasi Akuntansi 5 (2): 238–53.
Pramiswari, Dewa Ayu Anggi, and Ida Bagus Dharmadiaksa. 2017. “Pengaruh E-Commerce
Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha.” E-Jurnal Akuntansi (2017) 2017(1) 261-289 ISSN: 2302-8556 20 (1): 261–89.
Pratiwi, Yunita Niqrisah Dwi, and Hari Purwanto. 2021. “Pemahaman E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Minat Kewirausahaan Mahasiswa Di Solo Raya.” Jurnal Manajemend Dan Akuntansi Medan 3 (2): 88–97.
Putra, I Putu Mega Juli Semara, and I Putu Edy Arizona. 2016. “Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Investasi.” Seminar Nasional 2016, no. 11: 259–65.
Rapika, Siti. 2021. “Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).” Jurnal Akuntansi.
Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima. Jakarta:
Erlangga.
Romney, Marshall, Paul Steinbart, Joseph Mula, Ray McNamara, and Trevor Tonkin. 2012.
Accounting Information Systems Australasian Edition. ?
Ronabliya, Rifqi Nabil, Rafli Ernawa Azhar Kencana, and Miranti Puspaningtyas. 2021. “Prosiding National Seminar on Accounting , Finance , Apakah Pembelajaran Akuntansi Secara Daring Efektif?? ( Studi Kasus Pada Mahasiwa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang ).” Prosiding National Seminar on Accounting, Finance and Economic (NSAFE) 1 (1): 112–20.
Sari, Diyah Chandra Kartika, and Setya Chendra Wibawa. 2017. “Pengaruh Penggunaan E- Commerce Dalam Proses Penjualan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri Ngraho.” Jurnal IT-EDU 2 (1): 16–23.
Sari, Ni Ari Maya, and A.A.N.B Dwirandra. 2015. “Pengaruh Kepribadian Wirausaha Dan Pengetahuan Akuntansi Pada Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pembuatan Keputusan Investasi.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 11 (1): 303–19.
Sihombing, Michael Jonatan, and Hari Sulistyo. 2021. “Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha.” Jurnal Sosial Sains 1 (4): 309–21. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i4.78.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung?: Penerbit Alfabeta Bandung.
Surendran, Priyanka. 2012. “Technology Acceptance Model: A Survey of Literature.”
InternationalJournalofBusinessandSocialResearch(IJBSR 2 (4): 175–78.
Taufiq, Muhammad, and Indrayeni. 2022. “Pengaruh E-Commerce, Self Efficacy Dan Sistem
Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Berwirausaha.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya 01 (01): 124–37.
Trihudiyatmanto, M. 2019. “Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Gender.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ 6 (2): 93–103. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.678.
Utama, Suyana. 2011. Buku Ajar Aplikasi Analisis Kuantitatif. Fakultas Ekonomi Universitas
Udayana.
Venkatesh, Viswanath, and Fred D. Davis. 2000. “Theoretical Extension of The Technology
Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies.” Management Science 46 (2): 186– 204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926.
Widyarini, Lydia Arie. 2005. “Analisis Niat Perilaku Menggunakan Internet Banking Di Kalangan Pengguna Internet Di Surabaya.” Jurnal Widya Manajemen & Akuntansi 5 (1): 101–23.
Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran.
Wulandari, Kiki, Dyah Hariani, and Susi Sulandri. 2021. “Analisis E-Service Bursa Kerja
Online.” Journal of Public Policy and Management Review 10 (2): 1–19.
Yadewani, Dorris, and Reni Wijaya. 2017. “Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat
Berwirausaha.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi) 1 (1): 64–69. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.6.
Yanto. 1996. Peluang Kerja Dan Minat Berwirausaha Di Kalangan Siswa Sekolah Teknologi
Menengah Negeri Pembangunan Pekalongan.
Yuliyaningsih, Ika Pina, Susilaningsih, and Jaryanto. 2013. “Hubungan Pengetahuan
Kewirausahaan Dan Persepsi Peluang Kerja Di Bidang Akuntansi Dengan Minar Berwirausaha.” Jupe UNS 2 (1): 131–45.