ANALISIS EFEKTIVITAS PERIKLANAN MELALUI BROSUR PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DI PT PEGADAIAN KCP SERBELAWAN SIMALUNGUN

Authors

  • Erlita Khrisinta Dewi Politeknik APP Jakarta
  • Suryani Sere Pardosi Politeknik APP Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3541

Keywords:

Effectiveness, Advertising, Brochure, EPIC Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas periklanan melalui brosur pada produk Tabungan Emas di PT Pegadaian KCP Serbelawan Simalungun dan untuk mengetahui dimensi yang paling berpengaruh terhadap efektivitas periklanan melalui brosur pada produk Tabungan Emas di PT Pegadaian KCP Serbelawan Simalungun. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan sampel 30 responden dari PT Pegadaian KCP Serbelawan Simalungun yang memiliki kriteria yaitu pernah membaca brosur produk Tabungan Emas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan metode EPIC Model dimana dimensinya adalah empathy, persuation, impact, dan communication. Berdasarkan pengujian validitas data terhadap 16 pernyataan pada penelitian, maka diperoleh hasil dari r hitung > 0,361 maka semua pernyataan dinyatakan valid dan semua item pernyataan yang berjumlah 16 butir dalam penelitian dinyatakan reliabel dikarenakan Cronbach’s Alpha > 0,6. Hasil analisis EPIC untuk masing masing dimensi adalah dimensi empathy dengan indikator yang berada pada rata-rata nilai sebesar 3,24 dan masuk kedalam kategori cukup efektif. Dimensi persuation berada pada nilai rata-rata sebesar 3,47 dan termasuk kedalam kategori efektif. Dimensi impact berada pada nilai rata-rata sebesar 3,44 dan termasuk kedalam kategori efektif. Dimensi communication berada pada nilai rata-rata sebesar 2,97 dan termasuk kedalam kategori cukup efektif. Nilai EPIC rate adalah 3,27 yang jika dimasukkan ke skala penilaian termasuk dalam kategori cukup efektif. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa periklanan melalui brosur pada produk Tabungan Emas di PT Pegadaian KCP Serbelawan Simalungun cukup efektif untuk menarik empati nasabah, mempengaruhi minat beli nasabah, meninggalkan kesan yang baik dan menyampaikan pesan secara jelas, baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, Gus. 2012. “Strategi Pemasaran Dan Efektivitas Periklanan Dengan Menggunakan Metoda Komunikasi.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 3 (2).

Arfianto, Wahyu. 2010. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Pada Media Televisi (Studi Pada Iklan Produk Sepeda Motor Honda).” Universitas Diponegoro.

Bayuliana, Else, Rafidah Rafidah, and Agustina Mutia. 2018. “Analisis Efektivitas Iklan Online GO-JEK Dalam Upaya Peningkatan Pengguna Jasa GO-JEK Di Kota Jambi.” UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Bestriandita, Dian, and Edy Widodo. 2017. “Analisis Perbandingan Efektivitas Iklan Menggunakan EPIC Model Terhadap Mahasiswa UII Yogyakarta.” In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 1:214–20.

Durianto, Darmadi. 2003. "Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif". Jakarta: Erlangga.

Essraningtiyas, Maharani, Ari Kusyanti, and Admaja Dwi Herlambang. 2017. “Iklan Online Di Media Sosial: Risiko Dan Kepercayaan Pengguna Terhadap Iklan Online Di Line@ Dengan Metode Structural Equation Modelling (SEM) Studi Kasus: Line@ Berrybenka.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN 2548: 964X.

Fandy, Tjiptono. 2011. “Pemasaran Jasa.” Malang: Bayumedia.

Gracella, T. 2014. “Efektivitas Periklanan Dengan Pendekatan EPIC Model.” Universitas Sanata Dharma.

Hampton. 2013. The Effect of Comunication On Satisfaction In Long Distance And Proximal Relationshups Of College Students. Chicago: Loyola University.

Hasanah, Nur. 2016. “Analisis Efektivitas Iklan Online Go-Jek Di Kalangan Pengguna Media Sosial Di Kota Makassar.” Universitas Negeri Makassar.

Hasanah, Nur, Lukito Edi Nugroho, and Eko Nugroho. 2015. “Analisis Efektivitas Iklan Jejaring Sosial Sebagai Media Promosi Menggunakan EPIC Model.” Scientific Journal of Informatics 2 (2): 99–109.

Ibeng, Parta. 2022. “Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Tujuan Dan Contohnya.” 2022. https://pendidikan.co.id/pengertian-brosur-ciri-fungsi-tujuan-dan-contohnya/.

Indah, Dewi Rosa, and Zenitha Maulida. 2017. “Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model (Studi Kasus Produk A Mild Di Kota Langsa).” Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (Jensi) 1 (2): 137–49.

Indrawati, Komang Ayu Pradnya, I Nyoman Sudiarta, and I Wayan Suardana. 2017. “Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook Dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali.” Jurnal Analisis Pariwisata 17 (2): 78–83.

Indriarto, F. 2016. Strategi Pemasaran Berbasis Kekhawatiran. Yogyakarta: Jalan Sutra.

Kasali, R. 2011. Segementasi, Targeting, Dan Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Mustafa, Badollah. 2012. Promosi Jasa Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nabila, Nisa Maulidia, and Widya Sastika. 2018. “Efektivitas Iklan Jne Melalui Media Sosial Instagram Menggunakan Metode Epic (Empathy, Persuasion, Impact, Dan Communication) Kota Bandung Tahun 2018.” EProceedings of Applied Science 4 (3).

Olson, C, J Jerry, and Paul Peter. 2016. Consumer Behaviour and Marketing Strategic. Translated by Tantri Dwi Andani. 8th ed. Jakarta: Erlangga.

Saladin, Djaslim. 2011. “Intisari Pemasaran Dan Unsur-Unsur Pemasaran, Cetakan Keempat.” Linda Karya, Bandung.

Sastika, Widya. 2018. “Epic Model: Pengukuran Efektivitas Iklan Kuliner Melalui Sosial Media Instagram@ Kulinerbandung Sebagai Media Promosi.” JTIM-Jurnal Teknologi Informasi & Manajemen 1 (01): 21–27.

Sendari, Anugerah Ayu. 2022. Brosur Adalah Media Promosi, Ketahui Cara Membuatnya. https://hot.liputan6.com/read/4862760/brosur-adalah-media-promosi-ketahui-cara-membuatnya.

Shimp, Terence A. 2014. “Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan Dan Promosi.” Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, Ika Barokah, and Kristian Suhartadi Widi Nugraha. 2018. “Epic Model: Efektivitas Iklan Destinasi Wisata Kabupaten Banyuwangi Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Domestik.” Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen 13 (2): 8–16.

Tanzania, R. 2019. “Analisis Efektivitas Iklan Melalui Media Elektronik Dan Media Cetak Pada IIB Darmajaya.” Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

Widyatama, Rendra. 2011. Pengantar Periklanan, Yogyakarta. Pustaka Book Publisher.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

1.
Dewi EK, Pardosi SS. ANALISIS EFEKTIVITAS PERIKLANAN MELALUI BROSUR PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DI PT PEGADAIAN KCP SERBELAWAN SIMALUNGUN. j.imb [Internet]. 2022Jun.25 [cited 2024Apr.26];7(1):63-77. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3541

Issue

Section

Articles